eprintid: 15453 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/53 datestamp: 2022-06-29 02:18:26 lastmod: 2022-06-29 02:18:26 status_changed: 2022-06-29 02:18:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fatima, Alysa Risca creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_id: cacarisca02@gmail.com creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Energi Alternatif Kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur Secara Online. ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi energi alterrnatif kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest post-test control group design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang berjumlah 54 peserta didik. Sampel tersebut berasal dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov. Sedangkan pada uji homogenitas menggunakan uji Levene. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics Version 25. Pada uji hipotesis digunakan Paired Sample Test dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 25 diperoleh nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, M. (2018). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 165. Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Kencana. Amalia, N. dan F. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. 1, 3–4. Arsil. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–2. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905 Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 4. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838 Gunawan, A. M. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publshing. Hanafiah, N & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 59–60. Khuluqo, E. I. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kumala, N. F. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistik Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher. Lismaya, L. (2015). Berpikir Kritis & PBL: (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendikia. Nofziarni, A., Hadiyanto, Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Aisyah. Jurnal Basicedu, 3(2), 2017. Nopia, R., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air, 1(1), 641–650. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2996 Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3102 Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sujarweni, W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher. Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (the Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Satra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 92–94. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jbsp Yuliana Dewa Ayu Ari1, Ardana I Ketut2, (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. 4(1), 3. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 Zaduqisti, E. (2010). Problem Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar). Forum Tarbiyah, 8(2), 186. https://doi.org/Diakses 26 Agustus 2020 citation: Fatima, Alysa Risca dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Energi Alternatif Kelas IV SDN Duren Sawit 01 Pagi Jakarta Timur Secara Online. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15453/1/FKIP_PGSD_1601025234_ALYSA%20RISCA.pdf