@phdthesis{repository15451, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Pengaruh Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SDN Pinang 2 Tangerang}, author = {Wahyuni, Prima and Soro, Slamet}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar tematik peseta didik kelas IV SDN Pinang 2 Tangerang. Metode penilitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV SDN Pinang 2 berjumlah 62 peserta didik. Kelas IV A berjumlah 30 peserta didik dan kelas IV B berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 butir soal yang akan diuji validitas terlebih dahulu. Uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial, 31 soal dinyatakan valid dan 9 soal dinyatakan tidak valid. Peneliti menggunakan 30 butir soal untuk dijadikan sebagai post-test. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh perhitungan Rhitung= 1,034 {\ensuremath{>}} 0,361 = Rtabel, maka instrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors. Pada kelas eksperimen, diperoleh Lhitung = 0,0849 {\ensuremath{<}} 0,156 = Ltabel. Pada kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,129 {\ensuremath{<}} 0,16 = Ltabel. Maka dapat disimpulkan bahwa data distribusi normal. Perhitungan Homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,09 {\ensuremath{<}} 1,845 = Ftabel dengan taraf signifikansi a = 5\% dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 31, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki data bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh hasil Thitung = 4,674 {\ensuremath{>}} 2,000 = Ttabel, taraf signifikansi a = 5\%. Dengan demikian H1 diterima, bahwa terdapat pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN Pinang 2 Tangerang.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15451/} }