eprintid: 15450 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/50 datestamp: 2022-06-29 01:25:13 lastmod: 2022-06-29 01:25:13 status_changed: 2022-06-29 01:25:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Nur creators_name: Meilana, Septi Fitri creators_id: nurauliaa04@gmail.com creators_id: septi.fitri.meilana@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bintara VI Bekasi Barat. Pada kelas V semester genap tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Posttest-only Control Design. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan berupa test subjektif Essay. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan mendapatkan 9 butir soal valid dan 2 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncach, dari hasil perhitungan didapatkan nilai koefisien Rhitung 0,661 dan Rtabel 0,367. Hal ini menunjukkan bahwa Rhitung> rRtabel maka dapat dinyatakan bahwa instrumen penelitian tersebut reliabel. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Liliefors dan uji homogenitas yang digunakan yaitu uji Fisher. Hasil dari uji normalitas pada kelas eksperimen didapat Lhitung 0,080 < 0,173 Ltabel dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan n = 24 dan pada kelas kontrol didapap Lhitung 0,121 < 0,173 Ltabel dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan n = 24, maka menunjukkan Lhitung dari kedua kelas tersebut lebih kecil dari pada Ltabel l. Sehingga dapat disimpulkan kedua kelompok data tersebut berdistribusi normal. Hasil dari uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa Fhitung dari kedua kelas tersebut lebih kecil dibanding Ftabel pada taraf signifikan a = 0,05 yaitu 1,585 < 2,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa data mempunyai varians yang homogen. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-T. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai Thitung = 3,117 dan diperoleh nilai Ttabel = 2,015 pada taraf signifikansi a = 0,05. Dapat dilihat nilai Thitung Ttabell ( 3,117 > 2,015) maka Ho ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat. date: 2020 date_type: published full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aqib, Z. (2016). MODEL-MODEL, METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL (INOVATIF). YRAMA WIDYA. Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill. Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar EVALUASI PENDIDIKAN. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199. https://doi.org/10.21009/JPD.072.01 Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 237–252. https://doi.org/10.21009/JPD.072.05 Fathurrohman, M. (2015). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. AR-RUZZ MEDIA. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Gunawan, R. (2016). PENDIDIKAN IPS. ALFABETA. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Hamdayan, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Komariyah, S., & Laili, ahdinia F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SIT42/348 Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074 Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). RAGAM PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN. Kata Pena. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Kusdiwelirawan. (2017). statistik pendidikan. UHAMKA PRESS. Kusuma, N. M. D., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10792 Mahmuzah, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123 Norshofiati, Hamid, A., & Bakti, I. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TPS TERHADAP KEMAMPUAN KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 12 BANJARMASIN The Effectiviness of Cooperative Script Learning Model Combined with TPS Model towa. Journal of Chemistry And Education, 1(1), 93–103. Pitriani, N. W., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, 5(2), 1–9. Rahayu, T. R., Huda, M., & Shodikin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Dengan Alat Peraga Rubbik Terhadap Self Efficacy. INSPIRAMATIKA Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 117–123. Rahman, M. H. (2019). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. AR-RUZZ MEDIA. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Riska, F., Fauzi, & Victoria, L. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 3 BANDA ACEH. Journal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 4(4), 119–126. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Rusman. (2016). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Rajawali Pers. Sani, R. abdullah. (2019). CARA MEMBUAT SOAL HOTS. Tira Smart Anggota IKAPI. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Sari, N. P., Budijanto, & Ach. Amiruddin. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Etakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Pendidikan; Teori, Peneitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Sugiyono. (2017). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. ALFABETA. Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019 Suprijono, A. (2016). MODEL-MODEL PEMBELAJRAN EMANSIPATORIS. PUSTAKA PELAJAR. Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. Wahidmurni. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN IPS. AR-RUZZ MEDIA. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876 Yuliawanti, E., Suciati, & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa The Influence of Problem Based Learning Model with Scaffolding Learning Activities toward Students ’ Problem Solving Skills. Bio Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 23–29. Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Retika Aditama. citation: Aulia, Nur dan Meilana, Septi Fitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN Bintara VI Bekasi Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15450/1/FKIP_PGSD_1601025228_NUR%20AULIA.pdf