eprintid: 15436 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/54/36 datestamp: 2022-06-28 08:39:58 lastmod: 2022-06-28 08:39:58 status_changed: 2022-06-28 08:39:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Efendi, Mohammad Hasan creators_name: Surahman, Endang title: Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Sebagai Filosof Muslim, Pemikiran Ibnu Khaldun Sangatlah Rasional Dan Banyak Berpegang Pada Logika. Hal Ini Sangat Dimungkinkan Sebab Semasa Mudanya, Ibnu Khaldun Pernah Belajar Filsafat Dengan Mendalam. Sementara Pandangan Ibnu Khaldun Mengenai Pendidikan Islam Berpijak Pada Pendekatan Filosofis-Empiris Dari Hasil Penelitian Ini Terungkap Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun Dapat Di Simpulkan Yakni Meliputi Manusia Didik, Ilmu, Pengetahuan, Metode Pengajaran Dan Spesialisasi. Pemikiran Krakter Menurut Ibnu Khaldun Setiap Karakter Harus Diiringi Dengan Nilai Agama, Sehingga Peserta Didik Dapat Memahami Akhlak Yang Baik Dan Buruk Dari Pengajaran Guru Pendidikan Agama Islam. Metode Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun Ada Enam Poin Yaitu: Metode Hafalan, Metode Dialog, Metode Widya Wisata, Metode Keteladanan, Metode Pengulangan, Metode Belajar Al-Quran date: 2015 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Alavi, S.M. Zianuddin, Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan, Bandung: Angkasa, 2003. AR, Muhammad, Pendidikan di Alaf Baru Rekonstruksi atas Moralitas Pendidikan, Yogyakarta: Prismasophie. Baali, Fuad dan Ali Wardi, Ibnu Khaldun dan Pola Pemikirannya, Alih Bahasa Ahmadie Thata, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989. Barizi ahmad, Menjadi Guru Unggul ( Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010), Biyanto, Teori Siklus Peradaban Perspektif Ibnu Khaldun, Surabaya: LPAM, 2004. F.N, Ridjaluddin. Filsafat Pendidikan Islam Jakarta: Pusat kajian Islam FAI UHAMKA, 2008 Imam Hamid Abi Al-Ghozali, Ihya Ulum Ad-Din, jilid i Jalaludin, Teologi Pendidikan Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003 Lintas tim Media, Kamus Al-Akbar Ma’arif, Ahmad Syafi’i, Ibnu Khaldun dalam Pandangan Penulis Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 1996. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013. Mu’in Fatchul Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011 Nasution, Andi Halim, Pengantar ke Filsafat Sains, Jakarta: Lentera Antar Nusa, 1999. Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan, PT Raja Grafindo Persada, 2004. Nizar Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan, Hadis Tarbawi Jakarta: kalam mulia, 2011 Ni’mah, Fuad, Mulkhos Qoaid al-lughoh al-Arobiyah, Beirut: Dar al-Saqofah al- Isalamiyah. Poerwa W.J.S. daminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2010) Rahayu, Sasmala, Memutus Rantai Penyebab Tawuran Pelajar, Padang Ekspres, 23 Juli 2014. Ridha, Muhammad Jawwad, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis- filosofis), Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002. Rustamaji, guru yang menggairahkan, Yogyakarta: Gama Media, 2007 Samsul Nizar, M.A dan DR. Zainal Efendi Hasibuan, M.A., Hadis Tarbaw 2011 Suharto, Toto, Epistemologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003. Sulaiman, Fathiyah Hasan, Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan, . Jakarta: Minaret, 1991. Susanto, A. Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2009. Susetyo, Benny, Politik Pendidikan Penguasa, Yogyakarta: LkiS, 2005 Prayitno, dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Jakarta: Rineka Cipta, 2009 Tidjani Dajauhari, Mohammad, Pendidikan untuk Kebangkitan Islam, Jakarta: Taj Publishing, 2008. -------------------------------------, Masa Depan Pesantren Agenda yang Belum Terselesaikan, Jakarta: Taj Publishing, 2008. Rachman abd Assegaf. Aliran pemikiran pendidikan islam hadharahkeilmuan tokoh kelasik sampai moderen Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2003 Umar Tirtarahardja dan S. L. La Sulo, Pengantar Pendidikan Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005 Undang-undang sistem pendidikan nasional (sisdiknas), fokus media, Bandung, 2010. Wafi, Ali Abdullah , Ibnu Khaldun,Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Temrint, 1985. Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000. Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, PT Mahmud Yunus Wadzuryah, 2006. Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012. citation: Efendi, Mohammad Hasan dan Surahman, Endang (2015) Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15436/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%200907015019%20_%20Mohammad%20Hasan%20Efendi.pdf