eprintid: 15435 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/54/35 datestamp: 2022-06-28 08:24:19 lastmod: 2022-06-28 08:24:19 status_changed: 2022-06-28 08:24:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Masyrofah, Masyrofah creators_name: Bunyamin, Bunyamin creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman Dan John Dewey (Studi Komparatif) ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Mempunyai Pola Pikir Yang Kritis Serta Tanggung Jawab Atas Apa Yang Telah Menjadi Keputusan Para Masyarakat Dalam Menjalani Kehidupan Mereka Merupakan Sebuah Keharusan Pada Era Globalisasi Saat Ini. Untuk Itu Dalam Mencapai Keinginan Tersebut Perlu Adanya Pendidikan Yang Mampu Mengajak Peserta Didik Mengembangkan Kreativitas Dan Bakat Yang Sudah Mereka Miliki. Fokus Penelitian Dalam Skripsi Ini Adalah (1) Bagaimanakah Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman, (2) Bagaimanakah Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut John Dewey, (3) Apa Persamaan Dan Perbedaan Dari Konsep Demokrasi Menurut Fazlur Rahman Dan John Dewey. Adapun Tujuan Penelitian Ini Yakni (1) Agar Dapat Mengetahui Penerapan Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman Dan John Dewey Di Dunia Pendidikan Pada Saat Ini. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif, Pengumpulan Data Menggunakan (Library Research), Dengan Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun, Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Sesuai Dengan Judul Skripsi “Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman Dan John Dewey”.Dengan Demikian, Pembahasan Dalam Skripsi Ini Dilakukan Berdasarkan Telaah Pustaka Serta Beberapa Tulisan Yang Terdapat Relevansi Dengan Objek Kajian Yang Diteliti. Berdasarkan Hasil Penelitian Skripsi Ini Adalah : Hasil Penelitian Ini Menunjukkan, Adanya Beberapa Persamaan Dan Perbedaan Antara Pemikiran Fazlur Rahman Dan John Dewey Tentang Konsep Demokrasi Pendidikan. Adapun Persamaan Dapat Dilihat Dari Pandangan Mereka Tentang Pendidikan Yang Mampu Mengembangkan Kreativitas Dan Mempunyai Sifat Kritis Serta Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Telah Mereka Putuskan, Adapun Hasil Analisa Mengenai Perbedaan Pandangan Mereka Ada Pada Keyakinan Dan Metode Yang Mereka Gunakan Dalam Memberikan Sebuah Pendidikan. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Pers, 2013. Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011. Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015 Ahmadi, Rulam. Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014. Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Radar Jaya Offset, 1994. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2003. Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. 2013. Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011. Assegaf, Abd. Rahman. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta : Suka Press, 2007. Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014. Bakker, Anton. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta : Kansius. 2011 Bawani, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya : Usana Offset Printing, 1993. Budiyono, Kabul. Teori dan Filsafat Ilmu Politik. Bandung: Alfabeta, 2012. Danim, Sudarwan. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013. Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008. Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 2011. Dewey, John. Democracy and Education, New York : The Nacnillan Company, 1950. Firdaus, “Sukma Umbara Tirta”. Demokrasi Pendidikan ala Soekarno dan Implikasinya bagi Pendidikan Islam : AL - IBRAH, [S.l.], Vol. 1, No. 1, p. 1-28, June 2016. ISSN 2088-1886. Available at: . (Date accessed : 05 july 2017). Freire, Paulo & Mangunwijaya. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta : Logung Pustaka, 2004. Ghany,Romlah. Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Wahana Kardofa, 2009. Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2015. Hidayat, Rakhmat. Pedagogi Kritis : Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Jakarta : PT RajaGrafindo, 2013. Idi, Abdullah dan Jalaluddin. Filsafat Pendidikan. Jakarta : Gaya Media Pratama Jakarta, 1997. Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015. Ihsan, Fuad. Dasar - Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011. Kholiq, Abdul, Dkk. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1999. Karim, Amrullah Abdul Malik dan Djumransjah. Pendidikan Islam Menggali Tradisi Mengukuhkan Eksistensi. Malang : UIN Malang, 2007. Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009. Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : Anggota Ikapi, 2011. Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012. Martin. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Pers, 2013. Muhaimin. Kontroversi Pemikiran Fazlur Rahman Studi Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam. Cirebon : Pustakan Dinamika, 1999. Maiaweng, Paniel. “Analisis Konsep Pemikiran John Dewey”, dari http://www.ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/viewFile/29/pdf_19 (diakses 03 Juli 2017) Minarti, Sri. Ilmu Pendidikan Islam fakta teoretis-filosofis & aplikatif-normatif. Jakarta : Amzah, 2013. Mahfud, Rois. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Palangkaraya : Erlangga, 2011. Maarif Syafii Ahmad. Krisis dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Mawardi Prima Anggota IKAPI, 2000 Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam & Barat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012. Nazir, Moh. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014. Prastowo, Andi. Memahami metode-metode penelitian. Ar-ruzz media: Yogyakarta, 2016. Qomar,Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2007 Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta : Kencana, 2013. Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas tentang Transformasi Intelektual. Bandung : Pustaka, 1985. Rifai, Muhammad. Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 2011. Ramayulis. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia, 2015. Ramayulis. Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia, 2015. Rostitawati,Tita. “Konsep Pendidikan John Dewey” : Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam : No: 02. Vol 02. Oktober 2008, dari http://jurnal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/239 (diakses 06 Juli 2017) Salahudin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011. Sharif al-Qarashi Baqir. Seni Mendidik Islam. Jakarta: Pustaka Zahra, 2003. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003. Setiyadi Alif Cahya. “Konsep Demokrasi Pendidikan menurut John Dewey “ : Jurnal Ilmiah Alumni Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor : At-Ta’dib, Vol. 5, No. 1, Shafar 1 Soejono, Ag. Aliran Baru Dalam Pendidikan, Bagian ke-1. Bandung : Penerbit CV. Ilmu, 1987. Suharto,Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014. Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2014. Sutrisno. Fazlur Rahman Kajian Terhadap Metode Epistemologi dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar , 2006. Soyomukti,Nurani. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015. Sindhunata. F. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI), 2004. Suwarno. Pengantar Umum Pendidikan . Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1992. Tambak, Syahraini. Membangun Bangsa melalui Pendidikan. Yogyakarta, 2013. Tatang. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012. Tilaar, H.A.R. Standarisasi Pendidikan Nasional. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006. Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan . Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014. Usa Muslih, ed. Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1991. Undang-undang Repubik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, BAB IV Pasal 11 (1) Hak dan Kewajiban Pemerintah dan Pemerintah Daerah, (Citra Umbara). Purwanto, Nurtanio Agus. “Pengaruh Politik dalam Bidang Pendidikan : Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan JuMP No: 02/Th IV/Oktober (2008) dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/issue/view/599 (diakses 06 Juli 2017) Prasetya, Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 1997. Yunus, Firdaus M. Pendidikan Berbasis Realita Nasional. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2004. Zaplurkhan. Filsafat Islam sebuah kajian Tematik. Jakarta : Rajawali Pers, 2014. citation: Masyrofah, Masyrofah dan Bunyamin, Bunyamin (2017) Konsep Demokrasi Pendidikan Menurut Fazlur Rahman Dan John Dewey (Studi Komparatif). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15435/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%201307015025%20_%20Masyrofah.pdf