eprintid: 15433 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/33 datestamp: 2022-06-28 08:15:36 lastmod: 2022-06-28 08:15:36 status_changed: 2022-06-28 08:15:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Sela Ardelia creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_name: Susilo, Susilo creators_id: sela.ardelia05@gmail.com creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id creators_id: susilo@uhamka.ac.id title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem Di SMAN 14 Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: sch_bio abstract: Pemahaman konsep merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam Pendidikan maka untuk meningkatkan pemahaman konsep dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat agar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini quasi-exsperimental dan post-test only non- equevalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebanyak 64 siswa dijadikan responden dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (n=32) dan XI IPA 2 (n=32). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda pemahaman konsep digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan thitung(4,09)>ttabel(2,96). Dapat disimpulkan penggunaan strategi PQ4R memberikan pengaruh terhadap kemampuan konsep siswa pada materi ekosistem. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, M. 2009. Model Pembelajaran Strategi Belajar Elaborasi Metode PQ4R. Jakarata: Bumi Aksa. Anderson, L.D. Penerjemah Agung Prihantoro. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Bibi, & Arif. 2011. Effect PQ4R Study Strategy in Scholostic Achievement of Secondary School Student in Punjab (Pakistan). Language in India Strength for Today and Bright Hope for Tomorrow, (Online) 11 (12): 247-267, (www.languageinindia.com), diakses 1 Agustus 2016. Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Djamarah, S. B. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Fried & Hademenos. 2005. Biologi. Jakarta: Erlangga. Hasanudin, C. 2016. “Eksperimen Strategi Belajar PQ4R dengan Media Komik Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas V11 SMP”. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, hlm. 136-142. Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Indonesia, K. B. B.1990. Depdikbud. Jakarta: Balai Pustaka. Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta : Prehalindo. Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi. Iskandarwassid. Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi. Iskandarwassid, S. D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa Majid, Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Riyadi, A.S. 2010. “Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Proses Belajar Biologi Kelas X Materi Pokok Ekosistem Melalui Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R)” Vol. 3 No. 1. ISSN 1979-9462, hlm. 34. Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Refrensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 52 Shamsuddeen, A., & Amina, H. (2016). Instructional Methods and Students ’ End of Term Achievement in Biology in Selected Secondary Schools in Sokoto Metropolis , Sokoto State Nigeria. Journal of Education and Practice, 7(32). Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. Tandililing, E. 2011. “Peningkatan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menegah Atas Melalui Strategi PQ4R dan Bacaan Refutation Text” (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Thomas, E. L. & Robinson, H. A. 1972, Improving Reading in Every Class: A sourcebook forn teachers. http:/www.une.edu/cas/lac/learning.pq4r.pdf Tirtarahardja, U. & Sulo, S.L.L. 2008. Pengantar Pendidikan Edisi Resivi. Jakarta: Rineka Cipta. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu (Integrate Curricula Model) Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu (Integrate Curricula Model) Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media. Wahyuningsih, A. N. 2012. “Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R”. Journal Of Innovative Science Education. No. ISSN 2252-6412 hlm. 19-26 Zulaikha, S. 2010. “Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Strategi Belajar PQ4R Pada Siswa Kelas VI SDN Kalrejo II Kec. Sukerejo”, (Online), TA Program Studi PJJ S1 PGSD, (http://library.um.ac.id, diakses 25 Agustus 2019). citation: Pratiwi, Sela Ardelia dan Murwitaningsih, Susanti dan Susilo, Susilo (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem Di SMAN 14 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15433/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125088_SELA%20ARDELIA%20PRATIWI.pdf