@phdthesis{repository15433, year = {2019}, title = {Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Dan Review (PQ4R) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Ekosistem Di SMAN 14 Bekasi}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15433/}, author = {Pratiwi, Sela Ardelia and Murwitaningsih, Susanti and Susilo, Susilo}, abstract = {Pemahaman konsep merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam Pendidikan maka untuk meningkatkan pemahaman konsep dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat agar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini quasi-exsperimental dan post-test only non- equevalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebanyak 64 siswa dijadikan responden dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 (n=32) dan XI IPA 2 (n=32). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda pemahaman konsep digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan thitung(4,09){\ensuremath{>}}ttabel(2,96). Dapat disimpulkan penggunaan strategi PQ4R memberikan pengaruh terhadap kemampuan konsep siswa pada materi ekosistem.} }