eprintid: 15432 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/32 datestamp: 2022-06-28 08:15:27 lastmod: 2022-06-28 08:15:27 status_changed: 2022-06-28 08:15:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Rowinda creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: rowindakurniawati97@gmail.com creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMAN 7 Tambun Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak. Populasi penelitian ini adalah 246 siswa kelas XII IPA yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XII IPA 6 sebanyak 38 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 26 soal pilihan ganda dengan 6 indikator. Pencapaian keenam indikator berpikir kritis dari seluruh siswa pun berbeda, dimana pencapaian indikator berpikir kritis melakukan induksi memperoleh persentase paling tinggi yaitu 48,12% (rendah) dibanding indikator lainnya. Indikator berpikir kritis merumuskan masalah memperoleh persentase 47,89% (rendah), indikator berpikir kritis mengambil keputusan dan tindakan memperoleh persentase 47,36% (rendah), indikator berpikir kritis memberikan argumen memperoleh persentase 44,73% (rendah) dan indikator berpikir kritis melakukan deduksi memperoleh persentase 31,14% (sangat rendah), serta indikator berpikir kritis melakukan evaluasi memperoleh persentase 30,70% (sangat rendah) dimana pencapaian kedua indikator ini paling rendah dibandingkan dengan indikator lainnya. Sehingga diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis seluruh siswa kelas XII IPA 6 SMAN 7 Tambun Selatan yaitu 41,65% dengan kategori rendah. Faktor yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis yaitu faktor internal (intelegensi, minat) dan faktor eksternal (metode pembelajaran, alat pelajaran, dan guru). date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Arini, W., Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia. 10(1). 1-11. Aryulina, D., Muslim C., Manaf, S. (2010). Biology 2A for Senior High School Grade XI Semester 1. Jakarta: PT Penerbit Erlangga. Billy, M., Hendriyani, M.E., & Resti, V.D.A. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Konsep Sistem Gerak. Biodidaktika. 12(2). 25-44. [BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA Mata Pelajaran Biologi. Jakarta : BSNP. Hapnita, W., dkk. (2017). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 201/2017. 5(1). 2175-2182. Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka. Latif, A. (2007). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Rafika Aditama. Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 5(2). 9-21. Mustajab, W., Senen, S.H., & Waspada, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koperasi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 2(1). 52-56. Nainggolan, S.D., Suriani, C., & Sianturi, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI Ipa SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(3). 174-178. Nurhasanah, P.B. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi.Uhamka Press. Permana, T.I., dkk. 2019. Critical thinking skills: The academic ability, mastering concepts, and analytical skill of undergraduate students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia.5(1). 1-8. DOI: 10.22219/jpbi.v5i1.7626. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi 44 Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (kedelapanbelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Santi, N., Soenjoto, M.A., Winarti, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. 11(1). 35-39. DOI: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11il.19738. Siregar, N.A.R., Deniyanti, P., El Hakim, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM. 11(1). 187-196. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supriyati, E., dkk. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. BIOEDUKASI:Jurnal Pendidikan Biologi. 11(2). DOI: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.21792. Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7. 23-27. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 1(2). 240-254. 45 45 citation: Kurniawati, Rowinda dan Meitiyani, Meitiyani dan Safahi, Luthpi (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMAN 7 Tambun Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15432/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125086_ROWINDA%20KURNIAWATI.pdf