eprintid: 15429 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/29 datestamp: 2022-06-28 07:55:37 lastmod: 2022-06-28 07:55:37 status_changed: 2022-06-28 07:55:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ningsih, Alviana creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Eka Kartikawati, Eka creators_id: alviananningsih@gmail.com creators_id: eka.kartikawati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan ispublished: pub subjects: L subjects: QK divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI (Group Investigation) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI pada materi struktur dan jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Kota Tangerang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 pada bulan Agustus-September 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI MIPA SMAN 15 Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan proses sains siswa yang terdiri dari 35 soal. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Hal ini dapat terlihat pada skor rata-rata posttest siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 75,5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,4. Dari hasil perhitungan uji t didapat thitung=5,01 sedangkan nilai t untuk a=1% dengan db=72 diperoleh nilai t0,99(72)=2,65. Dengan demikian thitung>t0,99(72) maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Kota Tangerang. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aini, Zahratul., dkk. 2018. Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA. Volume 13. No. 1. Hlm. 19-23. Andini, E., dkk. 2018. Scientific Process Skills; Preliminary Study Toward Senior High School Student in Palembang. Indonesian Journal of Biology Education. Volume 4. No. 3. Anthonia. 2017. Science Proccess Skill for Senior High School. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Bagiarta, I Nyoman., dkk. 2015. Komparasi Literasi Sains antara Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Ditinjau dari Motivasi Berpretasi Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 5. No. 1. Hlm. 1-11. Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Ibrahim, Nini. 2014. PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEORITIS DAN PRAKTIS. Jakarta: MITRA ABADI. Kurniawati, Desi., dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIPA 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 5. No. 1. Hlm. 88-95. Muakhirin, Binti. 2014. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. No. 1/XVIII. Hlm. 51-57. Nuraisah, Eva., dkk. 2016. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1. No.1. Hlm. 291-300. 70 Nurdyansyah & Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. INOVASI MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. PISA. 2015. PISA 2015 RESULT IN FOCUS. OECD. Purwanto, M. Ngalim. 2013. PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Rustaman, Nuryani. 2005. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI. Malang: UM Press. Shahali, Edy H. M., dkk. 2017. Primary School Teachers’ Understanding of Science Process Skills in Relation to Their Teaching Qualifications and Teaching Experience. Res Sci Educ (2017) 47:257-281. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slavin, R. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media. Sudewi, Ni. L. dkk. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4. No. 1. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grasindo. Trianto. 2010. MODEL PEMBELAJARAN TERPADU: Konsep, Strategi dan Impelementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2015. MODEL PEMBELAJARAN TERPADU: Konsep, Strategi dan Impelementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara. Ulmiah, Nisya., dkk. 2016. Studi Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika ISSN 2355-7109. Volume 3. No. 1. Hlm. 1-8. Wiratana, I Ketut., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. E-Journal Program 71 Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 3. No. 1 . Hlm. 1-12. Wulandari, Fitria Eka. 2016. PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES MAHASISWA. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833. Volume. 5. No. 2. Hlm. 247-254. Zulfiani, dkk. 2009. STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. citation: Ningsih, Alviana dan Akbar, Budhi dan Eka Kartikawati, Eka (2019) Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15429/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125006_ALVIANA%20NINGSIH.pdf