eprintid: 15428 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/28 datestamp: 2022-06-28 07:55:27 lastmod: 2022-06-28 07:55:27 status_changed: 2022-06-28 07:55:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriani, Rani creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Susilo, Susilo creators_id: ranifitriani.a@gmail.com creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: susilo@uhamka.ac.id title: Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Evolusi Dalam Pembelajaran Biologi ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Evolusi sampai saat ini masih menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Salah satunya yaitu pada pandangan awal bahwa munculnya penolakan terhadap materi evolusi yang utama di sebabkan oleh keyakinan pada setiap manusia. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang mata kuliah evolusi dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan pengukuran model Rasch melalui perangkat lunak winstep 4.4.4 dengan menganalisis kualitas pertanyaan dan karakteristik responden, reabilitas item dan responden, pengelompokkan item dan responden, konsistensi responden dan perbedaan persepsi berdasarkan jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Biologi semester 7 dan 8. Teknik pengamabilan sampling yang di gunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan kuesioner tertutup terdiri dari 35 item pernyataan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa tentang mata kuliah evolusi dalam pembelajaran biologi berada pada kategori baik sampai sangat baik. 21 item pernyataan relatif mudah disetujui, 14 item pernyataan sulit disetujui dan 20 responden sangat konsisten dalam menjawab (logit +2.22). kesimpulan bahwa mempelajari evolusi sangat penting karena banyak dari mereka yang setuju bahwa biologi sebagai ilmu pengetahuan alam memiliki bukti rasional tentang evolusi dan mereka meyakini bahwa teori evolusi telah membawa pengaruh dalam kehidupan manusia. Diperlukan studi lebih lanjut untuk meningkatkan pengetahuan terkait tentang materi evolusi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Desmita, D. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Elizabeth, B., & Sarah E, B. (2017). A Call to Use Culture Competence When Teaching Evolution Religious Cultural Student: Introduction Religious Cultural Competence Education. 16. Ernest, M. (2010). Evolusi (pertama; M. Andy, ed.). Yogyakarta: Gramedia. Fisher, W. P. J. (2007). Rating Scale Instrumen Quality Criteria. Rasch Measurement Transaction, 21(1), 1095. Gagne, R. (1989). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir) (P. D. D. Depdikbud, ed.). Jakarta. Indrawan R., P. Y. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama. Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628 Navia, B., Mbungu, D., & Coria-Navia, A. (2018). Student Perception on the Study of Evolution in a General Biology Course in a Christian College. Journal of Research on Christian Education, 27(3), 225–242. https://doi.org/10.1080/10656219.2018.1520663 Noviastuti, L. (Ed.). (2015). Sains dan Agama. Yogyakarta. Nyoman, W. (2017). Evolusi. Innosain. Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Saputra, A. (2017). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi tentang Pembelajaran Materi Evolusi di SMA : Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. (1), 1–9. Simamora, A. S. Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Perumahan Bukit Kemiling Permai Bandar Lampung. , FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG (2016). Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: 54 Rineka Cipta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: TrimKom Publishing House. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (F. Yustianti, ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andy Yogyakarta. citation: Fitriani, Rani dan Amirullah, Gufron dan Susilo, Susilo (2019) Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Evolusi Dalam Pembelajaran Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15428/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_150112079_RANI%20FITRIANI.pdf