TY - THES N2 - Evolusi sampai saat ini masih menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Salah satunya yaitu pada pandangan awal bahwa munculnya penolakan terhadap materi evolusi yang utama di sebabkan oleh keyakinan pada setiap manusia. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang mata kuliah evolusi dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis menggunakan pengukuran model Rasch melalui perangkat lunak winstep 4.4.4 dengan menganalisis kualitas pertanyaan dan karakteristik responden, reabilitas item dan responden, pengelompokkan item dan responden, konsistensi responden dan perbedaan persepsi berdasarkan jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Biologi semester 7 dan 8. Teknik pengamabilan sampling yang di gunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan kuesioner tertutup terdiri dari 35 item pernyataan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa tentang mata kuliah evolusi dalam pembelajaran biologi berada pada kategori baik sampai sangat baik. 21 item pernyataan relatif mudah disetujui, 14 item pernyataan sulit disetujui dan 20 responden sangat konsisten dalam menjawab (logit +2.22). kesimpulan bahwa mempelajari evolusi sangat penting karena banyak dari mereka yang setuju bahwa biologi sebagai ilmu pengetahuan alam memiliki bukti rasional tentang evolusi dan mereka meyakini bahwa teori evolusi telah membawa pengaruh dalam kehidupan manusia. Diperlukan studi lebih lanjut untuk meningkatkan pengetahuan terkait tentang materi evolusi. Y1 - 2019/// TI - Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Evolusi Dalam Pembelajaran Biologi PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka M1 - bachelor UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15428/ AV - public A1 - Fitriani, Rani A1 - Amirullah, Gufron A1 - Susilo, Susilo ID - repository15428 ER -