eprintid: 15425 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/25 datestamp: 2022-06-28 07:27:02 lastmod: 2022-06-28 07:27:02 status_changed: 2022-06-28 07:27:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dahlia, Dahlia creators_name: Rahman, Nurlina creators_name: Corliana, Tellys title: Pola Pengembangan Hubungan Antarpribadi Remaja (Studi Kasus Pecinta K-POP dalam Fandom EXO-L Bogor) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: EXO-L atau EXO Love adalah nama untuk fandom resmi para fans boyband EXO. Nama yang diberikan oleh leader EXO ini adalah sebagai identitas untuk fans yang hanya menyukai boyband EXO. Fandom EXO-L sudah tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia, tak terkecuali Kota Bogor. Fokus penelitian ini adalah bagaimana remaja pecinta K-POP dalam mengembangkan hubungan antarpribadi dalam fandom EXO-L Bogor. Bagaimana mereka bisa berhubungan hanya dengan perantara yaitu boyband asal Korea Selatan EXO. Penelitian ini menggunakan teori penetrasi sosial yang berfokus pada sebuah proses ikatan hubungan dimana individu-individu bergerak dari komunikasi yang superficial menuju ke komunikasi yang lebih intim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif dan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan walaupun pada awalnya mereka tidak memiliki kedekatan pribadi satu sama lain, namun dengan menjadi anggota EXO-L Bogor mereka merasa mempunyai keluarga baru. Sebagian besar dari mereka berkenalan melalui sosial media, Instagram dan Twitter kemudian berlanjut pada perkenalan diri melalui grup chat dalam WhatsApp Messanger dan menjadi lebih dekat setelah mereka bertemu langsung dalam event-event K-POP. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu komunikasi khususnya di bidang komunikasi antar pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mempunyai tujuan menggali informasi secara mendalam dan memaparkan secara sistematis, terperinci, dan akurat tentang fakta yang ada. Peneliti berharap penelitian ini dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro, Q-Anees, 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekama Media Ariesto, Hadi Sutopo dan Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group Arifin, Anwar. 1988. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Rajawali Banyugiri, Shafira. 2012 Korean Chingu. Jakarta: PT.Tangga Pustaka. Budyatna, Muhammad & Ganiem, Leila Mona. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Gunarsa, S. D, & Gunarsa, Y. S. D. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Harapan, Edi dan Ahmad, Syarwani. 2014. Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Joseph A. Devito. 1997. Komunikasi Antarmanusia. edisi kelima. Kertajaya, Hermawan. (2008). Arti komunitas :Gramedia Pustaka Utama Kriyantono, Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti --------. 1994. Perspektif Teoritis, Komunikasi Antarpribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti ----------. 2001. Gatra gatra komunikasi antar budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Morissan M., dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya Monks F.J, Knoers A.M.P., Haditono S.R. 2002. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, Edisi Keempat Belas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset Bandung. --------. 2005. Komunikasi Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nawawi, Hadari. 1991. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press. Yogyakarta. --------. 1994. Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta, Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia Rahman, Nurlina. 2004. Konsep Diri Pemakai Narkoba Dalam Konteks Komunikasi Antar Pribadi, Program Pasca Sarjana Fikom. Unpad, Bandung Rahmat, Jalaluddin. 1991. psikologi komunikasi edisi revisi.bandung: PT remaja Rosdakarya Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Soenarno. 2002. Kekuatan Komunitas Sebagai Pilar Pembangunan Nasional, makalah disajikan pada Seminar Nasional – Kekuatan Komunitas sebagai Pilar Pembangunan, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, Jakarta Subagyo, P. J. (2006). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Indeks. West, Richard dan Turner, Lynn H. 2012. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, In INTERNET Kompasiana dalam http://fiksi.kompasiana.com/drama/2012/06/16/fenomena- korea-diindonesia www.scribd.com/document/326523103/jurnal-remaja https://coppamagz.com/sejarah-fandom-exo-dan-exo-l/ https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Depok http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/50 citation: Dahlia, Dahlia dan Rahman, Nurlina dan Corliana, Tellys (2018) Pola Pengembangan Hubungan Antarpribadi Remaja (Studi Kasus Pecinta K-POP dalam Fandom EXO-L Bogor). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15425/1/FISIP_ILKOM_DAHLIA_1406015131.pdf