eprintid: 15424 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3871 dir: disk0/00/01/54/24 datestamp: 2022-06-28 07:25:43 lastmod: 2022-06-28 07:25:43 status_changed: 2022-06-28 07:25:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rosyidah, Himmah creators_name: Kumala, Anisia creators_name: Mundzir, Ilham creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Efikasi diri dan Orientasi Tujuan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an ispublished: pub subjects: BF divisions: 16 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dimensi-dimensi orientasi tujuan terhadap prestasi akademik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Self Efficacy yang disusun oleh Roeser, Midgley, & Urdan, (1996), Achievement Goal Orientation yang disusun oleh Was Christoper, (2006) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis hirarki regresi. Penelitian ini melibatkan responden yang berjumlah 154 mahasiswa pengahafal Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan tujuan penguasaan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik dilihat dari nilai β sebesar 0,000 dan nilai signifikan sebesar 0,985 (p>0,05). Selanjutnya, pada efikasi diri dan dimensi tujuan pencapaian kinerja terhadap prestasi akademik didapati hasil positif tidak signifikan, dilihat dari nilai β sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,253 (p>0,05). Sedangkan pengaruh efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran terhadap prestasi akademik, didapati hasil negative signifikan, dilihat dari nilai β sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,019 (p<0,05). Dan terakhir, pengaruh efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran kerja terhadap prestasi akademik, juga didapati hasil negatif signifikan, dilihat dari β sebesar -0,013 dengan nilai t sebesar -2,348 dan signifikan sebesar 0,020 (p<0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan apabila semakin tinggi efikasi diri ditambah dengan dimensi tujuan penghindaran kinerja dan dimensi tujuan penghindaran kerja, maka akan semakin rendah prestasi akademiknya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Psikologi thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alhadabi, A., & Karpinski, A. C. (2020). Grit, self-efficacy, achievement orientation goals, and academic performance in University students. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 519-535. Bandura, A. (2010). Self‐efficacy. The Corsini encyclopedia of psychology, 1-3. Bergin, C. C. & Bergin, D. A. (2015). Child and adolescent development in your classroom (2nd ed.). Stanford, CT: Cengage Learning. Desiningrum, D. R. (2016). Goal orientation dan subjective well being pada lansia. Jurnal Psikologi Undip Vol, 15(1), 42-54. Dupeyrat, C., & Mariné, C. (2005). Implicit theories of intelligence, goal orientation, cognitive engagement, and achievement: A test of Dweck’s model with returning to school adults. Contemporary educational psychology, 30(1), 43-59. Elliot, A. J., McGregor, H. A., & Gable, S. (1999). Achievement goals, study strategies, and exam performance: a mediational analysis. Journal of Educational Psychology, 91, 549–563. Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145-155. Ferla, J., Valcke, M., & Cai, Y. (2009). Academic self-efficacy and academic self-concept: Reconsidering structural relationships. Learning and individual differences, 19(4), 499-505. Gauw, E., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh Rumination Terhadap Academic Achievement Pada Mahasiswa Tingkat Sarjana. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1). Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa Di M’had Huda Islami, Taman Sari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20. Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63-81. Handayani, F. (2013). Hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2). Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). The influence of academic self-efficacy on academic performance: A systematic review. Educational Research Review, 17, 63-84. Huff, S. M., Stripling, C. T., Boyer, C., & Stephens, C. A. (2016). Investigating factors that influence achievement goal orientation and educational practices in undergraduate agricultural sciences and natural resource students. NACTA Journal, 60(4), 423-431. Idayu, H. (2020). Managemen Waktu Penghafal Al-Qur’an Dalam Meraih Prestasi Akademik. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4(1), 75-86. Kemenag, 2020. Aplikasi Qur’an Kemenag. Copyright LPMQ. Diakses pada tanggal 26 November 2020 : https://quran.kemenag.go.id/sura/95# Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP negeri di kota malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 60-67 Komarraju, M., & Nadler, D. (2013). Self-efficacy and academic achievement: Why do implicit beliefs, goals, and effort regulation matter?. Learning and individual differences, 25, 67-72. Kusumaningtyas, R. H., & Rahajeng, E. (2017). Persepsi Nasasbah Akan Layanan ATM dan E-Banking Dengan Metode Tam Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2). Mattern, R. A. (2005). College students’ goal orientations and achievement. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(1), 27-32. Mayasari, D. Pengaruh orientasi tujuan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Bimbingan belajar LBB Primagama. Narbuko, C., & Achmadi, A. (1997). Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. citation: Rosyidah, Himmah dan Kumala, Anisia dan Mundzir, Ilham (2020) Pengaruh Efikasi diri dan Orientasi Tujuan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15424/1/FPSI_PSIKOLOGI_1608015120_HIMMAH%20ROSYIDAH.pdf