eprintid: 15423 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/23 datestamp: 2022-06-28 07:22:52 lastmod: 2022-06-28 07:22:52 status_changed: 2022-06-28 07:22:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwiputro, Agung Suryo creators_name: Wahdiyati, Dini creators_name: Hariyati, Farida creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id creators_id: idha_004@yahoo.com title: Pendekatan Komunikasi pada Pelayanan Nasabah Bank Central Asia untuk Mencapai Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Kantor cabang Pembantu BCA Santa Jakarta) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Tantangan tersendiri bagi BCA untuk selalu menjaga hubungan baik dengan para nasabah mereka., hal ini tentunya tidak lepas dengan adanya masalah, karena begitu beragam latar belakang dari para nasabahnya. Rumusan masalah bagaimana pendekatan komunikasi antarpribadi untuk mencapai kepuasan nasabah dilakukan oleh CSO (customer service officer) Bank BCA kepada nasabah (pelanggan) ? Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Teori Kepuasan Pelanggan, dan Relationship Management Theory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa customer service BCA KCP Santa melakukan pendekatan komunikasi antarpribadi dengan nasabah yang terbukti melalui observasi yang dilakukan peneliti yang menunjukkan adanya unsur Tangible (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Emphaty (perhatian) di dalam pelayanan yang dilakukan. Pendekatan komunikasi antarpribadi yang dilakukan CSO terbukti efektif memengaruhi peningkatan dalam kepuasan nasabah. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Praja Grafindo Persada Ahmad, Sobirin. 2007. Budaya Organisasi Pengertian Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: IBPP STIM YKP Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media. Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Cutlip, Center, Broom. 2009. Effective Public Relation (edisi Kesembilan). Indonesia: Kencana Prenada Media Group. Creswell, John W. 2002. Desain Penelitian. Jakarta: KIK Press. Creswell, John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Danandjaja. 2001. Peran Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu. De Vito, Joseph, A. 1989. The Interpersonal Communication Book, Profesional Book. Jakarta Effendy, Onong Uchjana. 1994. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Effendy, Onong Uchjana. 1998. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Karya CV. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Furchan, Ahmad. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers. Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal Aplikasi Penelitian Praktek. Jakarta: Kencana Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT. Indeks Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Milles, Mattew B., dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia. Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung. Munandar, Ashar Sunyoto. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) Moleong, Lexy J. 1995. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Moleong, Lexy J. 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Morissan. 2013. Teori Komunikasi. Bandung: Kharisma Putra Utama. Morissan. 2008. Manajemen Public Relation. Jakarta: Kencana. Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito Noegroho, Agoeng. 2009. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks. Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rivai, Veizal. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Robbins, Stephen P. 1996. Prilaku Organisasi. Jakarta: Prehalindo Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relatin dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relatin dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relatin dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Setiadi, Bambang Ag. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Erlangga Sianmbela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik Teori dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara Sinambel, Lijan Poltak, Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Soedarsono, Dewi K. 2009. Sistem Manajemen Komunikasi. Bandung: Refika Offset Soetopo, Hendayat. 2010. Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya Sugiyo. 2005. Komunikasi Antarpribadi. Semarang: UNNES Press Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Tjiptono, Efendy. 2005. Manajemen Playanan Jasa. Yogyakarta: Andi. Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: PT. Ekonisia. SKRIPSI/TESIS: Matin, Ahmad. 2006. Persepsi Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Kelistrikan pada PLN APL Pamulang Tangerang Banten. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Permana, Agil. 2011. Analisis Pelayanan Prima Customer Relation PT. BNI (Persero) Tbk. Jakarta: Universitas Mercu Buana. Revit, Dian. 2011. Analisis Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Nasabag PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Padang (Survey pada Nasabah BCA Cabang Padang). Padang: Universitas Andalas. INTERNET: www.jakarta.bps.go.id (diakses tanggal 5 Maret 2018, pukul 08:08 WIB) www.bca.co.id (diakses tanggal 5 Maret 2018, pukul 10:48 WIB) www.perpuskampus.com (diakses tanggal 11 Maret 2018, pukul 18:18 WIB) www.perpuskampus.com (diakses tanggal 11 Maret 2018, pukul 18:18 WIB) www.zonapendidikan.blokspot.co.id (diakses tanggal 28 Maret 2018, pukul 10:57 WIB) www.dittanisa.blogspot.com, diakses tanggal 4 September 2018, pukul 14:00 WIB www.google.com/amp/s/pakarkomunikasi.com, diakses tanggal 4 September 2018, pukul 14:15 WIB. citation: Dwiputro, Agung Suryo dan Wahdiyati, Dini dan Hariyati, Farida (2018) Pendekatan Komunikasi pada Pelayanan Nasabah Bank Central Asia untuk Mencapai Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Kantor cabang Pembantu BCA Santa Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15423/1/FISIP_ILKOM_AGUNG%20SURYO%20DWIPUTRO_1406015005.pdf