eprintid: 15414 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/54/14 datestamp: 2022-07-07 03:47:19 lastmod: 2022-07-07 03:47:19 status_changed: 2022-07-07 03:47:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, arif creators_name: Sukardi, Sukardi creators_name: Syafii, Imam creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Keadaan Psikologi Pada Tokoh Utama dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi (Kajian Psikologi sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA). ispublished: pub subjects: C divisions: 88101 keywords: Keadaan Psikologis tokoh utama, perwatakan dan implikasinya, novel Rantau 1 Muara, Aspek Psikologi Sastra. abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh Alif dalam novel novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi yaitu tokoh Alif yang memiliki bertanggung jawab, mandiri, pemalu, percaya diri, bersyukur, banyak ide, pantang menyerah, taat beribadah, solidaritas, antusias, penyayang, penakut, suka menolong, bangga diri, kegigihan, penasaran, suka bercanda, menghibur diri, pandai merayu dan melobi. Keadaan psikologis yang dialami tokoh utama dalam novel Rantau 1 Muara meliputi das es (id), das ich (ego), dan das ueber ich (superego). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis psikologi pada novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dapat diketahui bahwa kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh Id, Ego, dan Super ego. Novel Rantau 1 Muara ini terdapat 109 keadaan Id yang tersirat dalam perilaku tokoh, 248 keadaan Ego yang tersirat dalam perilaku tokoh, dan 127 keadaan Super Ego yang tersirat dalam perilaku tokoh yang dilakukan. Keadaan psikologis tokoh utama yang dilihat dari aspek Id, Ego, dan Super ego berperan untuk watak tokoh alif sebagai tokoh utama dalam novel ini. Dalam tinjauan psikologi sastra, novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi memiliki aspek psikologis khususnya kepribadian yang meliputi Id, Ego, dan Super ego. Dari ketiga aspek tersebut, ego yang paling banyak muncul atau yang paling banyak dimiliki oleh tokoh utama. kepribadian tersebut muncul karena tokoh utama memiliki cita-cita dan keinginan atau ambisi untuk sukses dalam menjalani kehidupannya. date: 2019-06-25 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustin, Rene Wellek. 1993. Teori Kesusastraan. Jakarta : Gramedia. Ahmadi.Muhklisin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang:Yayasan Asih Asah Asuh Malang. Astari, Annisa. 2011. Analisis aspek psikologis dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburahman El Shirazy dan implikasinya terhadap pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Skripsi yang tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA 2011 Darma, Budi. 2004. Pengantar Sastra, Jakarta, Pusat Bahasa. Effendi, S. 2004. Bimbingan Apresiasi Puisi.Jakarta: Gramedia Endraswara, Suwardi. 2008.Metode Penelitian Psikologi Sastra (Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasinya). Jogjakarta: Med Press. Esten, Mursal. 1978. Kesusasteraan : Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung : Angkasa Freud(Penerjemah K.Bertens). 2010. Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama Hambali,Adang Dan Jenudin, Ujam.2013. Psikologi Kepribadian (Lanjutan). Bandung : Pustaka Setia Jaenudin,Ujam.2012. Psikologi Kepribadian (Peng:Prof.Dr.H.Juhaya S.Pradja,M.A).. Bandung: Pustaka Setia Koeswara, E. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung:Eresco. Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta:PT Nobel Edumedia. Minderop, Albertine. 2005.Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta :Yayasan Obor Indonesia. Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra : Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Edisi pertama, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Nugroho, Arif. 2013. Analisis psikologi pada tokoh utama dalam novel negeri 5 menara dan implikasinya terhadap pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Skripsi yang tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA 2013 Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:UGM Press Nyoman Kutha Ratna. 2012. Teori, Metode , dan Teknik Penelitian Sastra:dari Strukturalisme hingga Ponstrukturalisme Perspektif wacana naratif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Pickering, James H dan Jeffrey D Hoeper.1981. Concise companion to litelature. New york : Macmillan Publishing Co.,Inc. S.Fieldman,Robert. 2012. Pengantar Psikologi Understanding Psikology.(diterjemahkan oleh Petty Gina Gayatri).Jakarta:Salemba Humanika. Sagala,Syaiful. 2012. Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung:Alfa Beta. Sarumpaet, Riris K. Toha. 2002. Sastra Masuk Sekolah, Magelang: Indonesia Tera Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sartra, Padang: Angkasa Raya Padang. Stanton,Robert. 2010. Teori Fiksi Robert Stanton.(diterjemahkan Sugihartuti dan Rossi Abi). Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Sugihastuti. 2011. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Sumardjo, Jacob. 1996 Memahami Kesusastraan.Bandung:Alumni. Surana.2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo:Tiga Serangkai. Suroto. 1990. Apresiasi Sastra Indonesia.Jakarta:Erlangga. Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip Dasar Sastra, bandung: Angkasa. Wellek, Rene& Austin Warren. 2014. Teori Kesusateraan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama Wellek,Rene dan Austin Waren. 2013. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. citation: Nugroho, arif dan Sukardi, Sukardi dan Syafii, Imam (2019) Keadaan Psikologi Pada Tokoh Utama dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi (Kajian Psikologi sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15414/1/SPS_INDONESIA_1809059001_ARIF%20NUGROHO.pdf