eprintid: 15410 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/54/10 datestamp: 2022-06-28 06:45:49 lastmod: 2022-06-28 06:45:49 status_changed: 2022-06-28 06:45:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afriyatni, Ika Dian creators_name: Liza, Fitri title: Nilai-Nilai Pendidikan Profetik K. H. Ahmad Dahlan Dalam Surat Al-Maa’uun. ispublished: pub subjects: BP subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Adapun Tujuan Peneliatan Ini Yakni (1) Agar Dapat Mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Yang Diterapkan Dalan Ajaran K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif, Dengan Metode (Analisis Isi) Content Analysis, Pengumpulan Data Menggunakan (Library Research), Dengan Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun, Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Sesuai Dengan Judul Skripsi “Nilai-Nilai Pendidikan Profetik K. H. Ahmad Dahlan Dalam Surat Al-Maa’uun”. Dengan Demikian, Pembahasan Dalam Skripsi Ini Dilakukan Berdasarkan Telaah Pustaka Serta Beberapa Tulisan Yang Terdapat Relevansi Dengan Objek Kajian Yang Diteliti. Berdasarkan Hasil Penelitian Skripsi Ini Adalah: Hasil Penelitian Ini Menunjukkan, Bahwa Ajaran Al-Maa’uun Yang Diterapkan K. H. Ahmad Dahlan Memiliki Nilai-Nilai Pendidikan Profetik. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdul Fattah Thabbarah, Afif. Tafsir Juz ‘Amma; Lengkap dan Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1996 Achmadi. “Fathul Kitab; Pemikiran Keagamaan Muhammadiyah”. Dalam: Jurnal Suhuf, Vol. 22, No. 1 (1 Mei 2010) dari https://Publikasi/ilmiah.ums.ac.id/bistream/handle/11617/2248/9.sudarnos. pdf;sequence=1 (diakses 23 Agustus 2017 09:08) Afriyani, Dinda Wulan. “Budaya Profetik di Pesantrean Salaf”, dalam jurnal: Kebudayaan Islam, Vol. 11, No. 2 (2013), dari DWAfriani-IBDA’2013- ejournal.iainpurwokerto.ac.id (diakses 29 Mei 2017 12:51) Asrofie, M. Yusron. KHA Dahlan Pemikirannya dan Kepemimpinannya. Yogyakarta: yogyakarta Offset, 1983 Arif, Mukhrizal, Dkk. Pendidikan Posmodernisme; Telaah kritis Pemikiran Tokoh Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014 Az-Zuhali, Wahbah. Tafsir al-Wasith; al-Qashahs-an-Naas. Jakarta: Gema Insani, 2013 Bachtiar, Hasnan . “Gagasan dan Manifestasi Neo-Sufisme dalam Muhammadiyah; Sebuah Analisis Teoretik”. Dalam: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Afkaruna, Vol. 11, No. 2 (Desember 2015) dari journal.umy.ac.id/index.php/afkaruna/article/view file/2208/2145 (diakses 23 Agustus 2017 09:27) Bunyamin, dkk. Aqidah untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: UHAMKA PRESS, 2015 Dariyo, Agoes. Dasar-dasar Pedagogi Modern. Jakarta: Indeks, 2013 Hadjid, KRH. Pelajaran KHA Dahlan; 7 Falsafah Ajaran dan 17 Kelompok Ayat al-Qur’an. Yogyakarta: LPI PPM, 2008 Hasbullah. Dasa-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015 Hayat. “Pendidikan Islam dalam Konsep Prophetic Intelligence”. Dalam: jurnal Pendidikan Islam: Universitas Islam Malang, Vol. 11, No. 2 (Desember 2013) dari ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1152 (diakses 11 mei 2017 16:44) Ilyas, Yunahar. Kuliah Aqidah Islam. Yogyakarta: LPPI, 2009 Ikmal, Moh. “Integritas Pendidikan Profetik: Mengurai Tradisi dan Implementasi dalam Sistem Pendidikan Indonesia”. Dalam: Jurnal Pelopor Indonesia STKIP PGRI Sumenep, Vol. 4, No. 1 (Januari 2013) dari www.jurnal.stkippgrismp.ac.id/index.php/jurnalpendidikan/article/view/16 (diakses 4 Mei 2017 12:50) Irwanto. “Pendekatan Ilmu Sosial Profetik dalam Memahami Makna Ayat-ayat al- Qur’an”. Dalam: jurnal Ilmu Sosial dalam al-Qur’an, Vol. 5, No. 1 (1 Juni 2014) dari ejournal al-maata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/401 (diakses 29 Mei 2017 13:47) Ismail, Syaifullah Godi. “Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Dalam: Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2 (Desember 2013) dari www.mudarrisa.iainsalatiga.ac.id/index.php/mudarrisa/article/view/782 (diakses 11 Mei 2017, 16:44) Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu; Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara kencana, 2007 __________. Paradigma Islam; Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 1991 Kurniawan, Syamsul dan Erwin Mahrus. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz media, 2011 Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: Rosdakarya, 2013 Mu’arif. Modernisasi Pendidikan Islam; Sejarah dan Perkembangan Kweekschool Moehammadijah 1923-1932. Yogyakarta: Gramasurya, 2012 Mulkhan, Munir. Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan; Dalam Hikmah Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2017 Nashir, Haedar. Muhammadiyah Abad Kedua. Yogyakarta: Suara muhammadiyah, 2011 Nata, Abuddin. Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada, 2005 ____________. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2004 Nur, Muhammad. “Rekonstruksi Epistemologi Politik; dari Humanistik ke Profetik”, dalam jurnal:Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 48, No. 1 (Juni 2014), dari www.asy-syir’ah.uin-suka.com/index.php/AS/article/view/83 (diakses 29 Mei 2017 14:23) Ramayulis. H. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2015 Roqib, Moh. “Penguatan Spiritualitas islam Melalui Budaya Profetik”. Dalam: Jurnal Kebudayaan Islam: STAIN Purwokerto, Vol. 9, No. 1, (Januari-Juni 2011) dari ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ibda/article/view/25 (diakses 4 Mei 2017 12:51) Salam, Junus. K. H. Ahmad Dahlan; Amal dan Perjuangannya. Banten: Al- Wasath, 2009 Salim, Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012 Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan; Jenis, Metode, prosedur. Jakarta: Kencana, 2015 Sari, Zamah. Dkk. Kemuhammadiyahan. Jakarta: Uhamka Press, 2013 Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012 Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2006 Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2010 Suwarno. Pembaruan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan dan K. H. Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2016 Syatif, Zainuddin. “Pendidikan Profetik dalam Membentuk Bangsa Religius”. Dalam Jurnal Tadris: STAI Miftahul Ulum Pamekasan Vol. 9, No. 1 (Juni2014) dari www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/397 (diakses 11 mei 2017 16:44) Syuja’. Islam Berkemajuan; Kisah Perjuangan K. H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal. Banten: Wasath, 2009 Tanjung, M. Azrul. Dkk, ed. Muhammadiyah “Ahmad Dahlan” menemukan kembali otentisitas gerakan Muhammadiyah. : STIE Ahmad Dahlan, 2015 Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara, 2006 Widi, Restu kartiko. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010 citation: Afriyatni, Ika Dian dan Liza, Fitri (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Profetik K. H. Ahmad Dahlan Dalam Surat Al-Maa’uun. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15410/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%201307015020_%20Ika%20Dian%20Afriyatni.pdf