eprintid: 15409 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/09 datestamp: 2022-06-28 06:38:43 lastmod: 2022-06-28 06:38:43 status_changed: 2022-06-28 06:38:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anugrah, Steffi Maya creators_name: Mustika, Sri creators_name: Basuki, Maryono creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Kepuasan Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti terhadap Tayangan The Comment di NET. ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: NET. hadir sebagai stasiun televisi swasta baru yang menyuguhkan program-program acara yang memikat pemirsa televisi. Salah satunya tayangan ber-genre program variety show yang memiliki daya tarik bagi penonton. The Comment merupkan salah satu variety show unggulan di NET. Fokus penelitian ini, adalah “Kepuasan Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti terhadap Tayangan The Comment di NET.?”. Paradigma penelitian ini adalah positivism, teori yang digunakan adalah uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu memanfaatkan media dan mendapatkan kepuasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti semester 2, 4, 6, dan 8 yang berjumlah 689 orang. Sampel yang didapat sebanyak 87 mahasiswa, ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan SPSS. Hipotesis penelitian diuji dengan korelasi Pearson dan uji beda T. Peneliti menemukan Gratifications Sought (GS) atau kepuasan yang dicari berkorelasi positif dengan Media Use (MU) atau penggunaan media, dan Media Use (MU) atau penggunaan media berkorelasi positif dengan Gratifications Obtained (GO) atau kepuasan yang diperoleh. Uji beda paired Samples T-Test menunjukkan GS tidak signifikan berbeda dengan GO. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti puas terhadap tayangan The Comment di NET. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elnivaro, dkk. 2007. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung. Ardianto, Elnivaro. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung. Baksin, Askurifai. 2009. Jurnalistik Televisi Teori dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media. Bandung. Baran, Stenly J, dan Davis, Denis K. 2010. Teori Komunikasi Massa : Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta. Salemba humanika. Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Rajawali Persada. Jakarta. Djamal, Hidajanto & Fachruddin, Andi. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran (Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi). Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Teori dan Praktek Ilmu Komunikasi Massa. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. CV. Andi Offset. Yogyakarta. ______________. 2016. Manajemen Pertelevisian Modern. CV. Andi Offset. Yogyakarta. Frank G. Goble. 1987. Mazhab Ketiga : Psikologi Humanistik Abraham. Kanisius. Yogyaarta. Kountur, Ronny. 2009. Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta. PPM. Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Isi Media Televisi). PT Rineka Cipta. Jakarta. Kriyantono, Rakhmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public relation, advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Latief, Rusman dan Yusiatie, Ubud. 2015. Siaran Televisi Non Drama : Kreatif, Produktif, Public Relation, dan Iklan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Maleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail (McQuail‟s Mass Communication Theory) Edisi 6 Buku 2. Salemba Humanika. Jakarta. Morissan. 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Kencana Prenada Media Group. Jakarta _______. 2009. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Mufid, Muhammad. 2007. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Naratama, Rukmananda. 2006. Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera. Grasindo. Jakarta. Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers. Jakarta. Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung. PT Remajv Rosdakarya. Riduwan. 2004. Skala Pengukuran Variabel dan Penelitian. Bandung: Alfabeta. Romli, Asep Syamsul M. 2014. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia. Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. PT. Tiara Wacana. Yogyakarta. Set, Sony. 2008. Menjadi Perancang Program Televisi Profesional. Andi Yogyakarta. Yogyakarta. Soenarto, RM. 2007. Program TV dari Penyusunan Sampai Pengaruh Siaran. FFTV – IKJ Press. Jakarta. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. 2008. Statistika untuk penelitian. CV. Alfabeta. Bandung. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction: Edisi 3. Yogyakarta: Andi. Wiryanto. 2004. Teori Komunikasi Massa. PT. Grasindo. Jakarta. Shelly Septia Dewi. 2010. Kepuasan Siswa-Siswi SMA PGRI 1 Bekasi Terhadap Program Acara Japan Suki di Radio 8EH. Jakarta:. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Rifani Cahayani. 2015. Kepuasan Khalayak Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Al-Ikhlas RW 11 Kelurahan Karanggan Gunung Putri Bogor Terhadap Program acara Dakwah Sarapan Hati di MNC TV. Jakarta:. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Firda Canida. 2010. Harapan dan Kepuasan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Dalam Menonton Tayangan X-Factor di RCTI. Jakarta: Universitas Mercu Buana. Desi Ratna Sari. 2010. Harapan dan Kepuasan Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Angkatan 2009 Pada Tayangan Sinetron Tukang Bubur Naik Haji The Series di RCTI. Jakarta: Universitas Mercu Buana. WEBSITE : http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-televisi-fungsi-sebagai.html di akses pada tanggal 26 Maret 2016. Twitter : @TheComment_NET akses pada tanggal 26 April 2016. http://www.netmedia.co.id/about di akses pada tanggal 20 November 2016 http://www.netmedia.co.id/program/77/The-Comment di akses pada tanggal 20 November 2016 https://id.wikipedia.org/wiki/The_Comment di akses pada tanggal 20 November 2016. https://id.wikipedia.org/wiki/Acara_varietas di akses pada tanggal 20 November 2016 https://id.wikipedia.org/wiki/film akses pada tanggal 10 Maret 2017 https://dikiumbara.wordpress.com/2016/03/15/gimmick-di-televisi-bukan-sekadar-pemanis/ akses pada tanggal 20 November 2016 http://fsrd.trisakti.ac.id/tentang-fsrd/sejarah-singkat akses pada tanggal 15 Maret 2017 http://fsrd.trisakti.ac.id/tentang-fsrd/visi-dan-misi akses pada tanggal 15 Maret 2017 http://fsrd.trisakti.ac.id/tentang-fsrd/struktur-organisasi akses pada tanggal 15 Maret 2017. citation: Anugrah, Steffi Maya dan Mustika, Sri dan Basuki, Maryono (2017) Kepuasan Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Trisakti terhadap Tayangan The Comment di NET. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15409/1/FISIP_ILKOM_1406017003_Steffi%20Maya%20Anugrah.pdf