%D 2019 %T Hubungan Kemampuan Berpikir Analisis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %A Dede Supriyanto %A Susanti Murwitaningsih %A Mayarni Mayarni %X Penelitian ini dilakukan karena untuk mengetahui apakah terdapat hubungan Kemampuan Analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X IPA dalam pembelajaran materi komponen ekosistem dan pencemaran lingkungan hidup di SMAN 105 Jakarta. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui hubungank emampuan Analisis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post fact dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pada tahap persiapan yaitu menentukan populasi dan sampel penelitian, kemudian instrumen di expert judgement oleh ahli untuk diberikan responden setelah itu di lakukan uji validitas, jumlah soal yang valid sebanyak 30 butir soal dan uji reliabilitas instrumen penelitian dengan hasil 0.243. Untuk uji normalitas dua variabel terdapat hasil 84.82 dan untuk uji homogenitas terdapat hasil 0.243, sedangkan untuk uji linieritas terdapat hasil 0,232. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa kemampuan berpikir analisis dan kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh dari 65 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Nilai tertinggi pada kemamppuan analisis berada pada rentang nilai 53-60 yaitu sebanyak 39 responden (60%). Nilai terendah berada pada rentang nilai 13-22 yaitu sebanyak 1 responden (1,53%). Sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah nilai tertinggi berada pada rentang kelas 69-77 yaitu sebanyak 28 responden (42,42%). Nilai terendah berada pada rentang kelas 42-50 yaitu sebanyak 0 responden dengan peresentase 0,69%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan analisis dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. %L repository15398