eprintid: 15397 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/53/97 datestamp: 2022-06-28 06:24:57 lastmod: 2022-06-28 06:24:57 status_changed: 2022-06-28 06:24:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mawardani, Tri Wahyuni creators_name: Rahman, Nurlina creators_name: Basuki, Maryono creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Marketing Public Relations PT Media Dreyasa Komunitama dalam membangun Brand Awareness Communicasting Academy ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Pada era global seperti saat ini sebuah perusahaan akan menggunakan berbagai cara untuk memasarkan produk mereka atau mempertahankan brand produk mereka. Salah satunya dengan menggunakan komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini mengkaji implementasi komunikasi pemasaran terpadu marketing public relations PT Media Dreyasa Komunitama dalam membangun brand awarenesss communicasting academy. Namun komunikasi pemasaran terpadu belum banyak digunakan oleh perusahaan penyedia jasa, PT Medkom yang menggunakan komunikasi pemasaran terpadu sebagai cara untuk membangun brand awareness communicasting academy. penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode dengan studi kasus. Teori Informasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh PT Medkom dalam membangun brand awareness adalah dengan iklan melalui media sosial, adlips dan brosur. Public relations dilakukan melalui kegiatan pelatihan public speaking, presenter dan Radio, kerjasama dengan Star Radio Tangerang. Promosi penjualan pada program ritel 37 %. Penjualan tatap muka mendatangi langsung kantor communicasting academy. Pemasaran langsung dilakukan melalui media sosial, email dan aplikasi whatapps. Kontribusi penlitian ini memberi tambahan pengetahuan mengenai fungsi marketing public relations dalam membangun brand awareness, komunikasi pemasaran terpadu untuk bidang jasa serta pengetahuan teori informasi organisasi. Secara Metodologi memberi tambahan pengetahuan mengenai pendekatan kualitatif dan penggunaan teknik analisis data triangulasi. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Agus, Salim 2001. Teori dan Paradigma penelitian sosial. Yogyakarta: Tiarawancana Ardianto, Elvinaro dan Q-Aness, B. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: simbiosa rekatama media Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Bungin, Burhan. 2004. Analisis Data penelitian kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi Masyarakat. Jakarta:Kencana Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana. Harsono, Hanifah. 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya. Hidayat, Deddy. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia. Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Universitas Negeri Malang: Penerbit Erlangga. Jefkins, 2004. Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations. Kennedy, John. E dan R Dermawan Soemanagara. 2006. Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia). Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam periklanan konsep pesan, media, branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pers Kotler, Philip. 1988, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2001, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip, 2003. Marketing Management: eleventh edition. New Jersey: Pearson Education LTD. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 2010. Edisi pertama. Cetakan ke-5. Teknik Praktis Riset Komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana. Kriyantono, Rachmat. 2012. PR Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana. Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba ada Serba makna. Jakarta: Kencana. Masmuh, Abdullah. 2008. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Malang. Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Morissan, M.A. 2008. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Morissan, M.A. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Mulyana, Dedy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset Mulyana, Dedy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya R. Wayne Pace, Don F. Faules. 2010, Komunikasi Organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam teori dan praktek aplikasi dalam badan usaha swasta dan lembaga pemerintah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi:Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Erlangga Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan media komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah. 2011. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public relations di era Cyber. Depok: Gramata Publishing. Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi dalam birokrasi pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi:Aspek Tambahan komunikasi pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga. Shimp, Terence A. Jilid 8. Sr. Maria Assumpta Rumanti, 2002. Dasar-dasar public relations : teori dan praktek. Jakarta: Grasindo Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi: suatu pengantar. Jakarta: PT. Indeks West, Richard dan Lynn H Turner. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi analisis dan aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Jurnal dan Skripsi : Jurnal, Evawani Elysa Lubis dan Wido Sulviawati, Implementasi Intregreated Marketing Communication pada media cetak harian Riau Pos dalam mempertahankan pelanggan. Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Riau. Oktober. 2013 Skripsi, Agung Rezkina Pramesti, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012 judul penelitian “Strategi Marketing Public Relations dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan, (Studi Kasus Deskriptif, Strategi Marketing Public Realtions Telkomsel dalam menjaga Loyalitas Pelanggan) Skripsi, Dendy Suhandinata, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka 2015, dengan judul “kesadaran merek (Brand awareness) Mahasiswa Fisip Uhamka Jakarta Selatan terhadap smartphone smartfren andromax V3s dan Samsung Galaxy Grand Neo. citation: Mawardani, Tri Wahyuni dan Rahman, Nurlina dan Basuki, Maryono (2017) Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Marketing Public Relations PT Media Dreyasa Komunitama dalam membangun Brand Awareness Communicasting Academy. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15397/1/FISIP_ILKOM_1306015107_Tri%20wahyuni%20Mawardani.pdf