eprintid: 15396 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/96 datestamp: 2022-06-28 06:20:40 lastmod: 2022-06-28 06:20:40 status_changed: 2022-06-28 06:20:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muthi’ah, Intan creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: muthiahintan.im@gmail.com creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas X Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X di SMA Negeri 14 Bekasi pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 214 siswa terbagi dalam enam kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes tertulis yang terdiri atas 26 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Indikator kemampuan yang diukur meliputi enam jenis indikator yaitu keterampilan klasifikasi, observasi, prediksi, interpretasi, mengajukan pertanyaan dan komunikasi. Hasil menunjukkan rata-rata posttest keeterampilan proses sains siswa kelas eksperimen sebesar 76,13. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai 63,00. Indikator keterampilan proses sains yang paling berpengaruh di kelas eksperimen adalah indikator mengajukan pertanyaan dengan nilai rata-rata 81,11%, interpretasi 76,69%, prediksi 75,69%, observasi 75%, klasifikasi 73,61%, dan terendah pada indikator komunikasi 69,91%. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi a=1% diperoleh thitung 7,42>ttabel 2,38, yang berarti Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penggunaan model sains teknologi masyarakat (STM) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan ekosistem. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustini. D. Subagia, I. W. S. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) Tterhadap Penguasaan Materi dan Keterampilan Pemecahan Mmasalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MTs. Negeri Patas. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2). Amineh. R., & Asl, H. (2015). Journal of Social Sciences, Literature and Languages Review of Constructivism and Social Constructivism. ©2015 JSSLL Journal, 1(1), 9–16. Andini, E et al. (2018). Scientific Process Skills; Preliminary Study Toward Senior High School Student in Palembang. Indonesian Journal of Biology Education. 4 (3). Anthonia. (2017). Science Proccess Skill For Senior High School. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. 4 Arukunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nded). Jakarta: Bumi Aksara. Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan. Budi, A. P. S., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2018). Natural science modules with SETS approach to improve students’ critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012015 Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Hadiana, R. (2011). Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan. Hafizan, E. Shahali, M & Halim, L. (2014). Development and Validation of A Test of Integrated Science Process Skill. Procedia-Social and Behavioral Science. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.20110.12.127 Hunaepi, H., Asy, M., Samsuri, T., & Sukaisih, R. (2019). Sains Teknologi Masyarakat Starategi , Pendekatan Dan Model. Mataram : Duta Pustaka Ilmu. Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Konvensional dan Make a Match Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. 3 (2). Karsli dan Alipsa. (2014). Peningkatakan Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional. 5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Proses Standar Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, (Jakarta, Kemdikbud). Kruea-In, N., & Thongperm, O. (2014). Teaching of Science Process Skills in Thai Contexts: Status, Supports and Obstacles. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1324–1329. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.228 Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Elementary, 4(1), 167–186. Majas, N. (2016). Pengaruh Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI Simpang Kiri. Skripsi. Tidak Diiterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Negeri Ar-raniry Darussalam: Banda Aceh. Meilina. (2013). Pengaruh Model Penbelajaran guided inquiry terhadap keterampilaan proses sains. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616. Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak. Jakarta: Depdiknas. Nur'alami, Intan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran STM Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Pada Sub Materi Lingkungan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Banten. Panjaitan, M. B., Nur, M., & Jatmiko, B. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis Proses Kreatif-Inkuiri Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 8–22. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.3999. PISA. (2009). Rangking by Mean score for reading, Mathematics and Science. Online(http://www.pisa.oecd.orgh/pages/03417en322523513223573111111 00.html Diakses 6 Juli 2016). Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat: Model pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: UPI dan PT. Remaja Rosdakarya. Pratama, H. E. (2015). Keterampilan proses sains Siswa Jurusan IPA beberapa SMA di Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Kedelapan). Bandung: PT. Remaja Rosdakaya. Puspita, S. A., Hidayati, S., & Surachman, S. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains Yang Dikembangkan Dalam LKS Biologi Kelas X yang Digunakan Oleh Siswa MAN Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1–10. Putra, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Ditinjau Dari Kemampuan Mekanik Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. Rofi’ah, Suwono, dan L., & Istyorini. (2016). Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016. Prosiding Seminar Nasional II 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiya Malang, (1), 1019–1028. Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang. Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks. Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Schultz, B. R. A. (2015). Revisiting Constructivist Teaching Methods in Ontario Colleges Preparing for Acreditaion. Journal College Quarterly. 18(2). Shahali, E. H. M., & Halim, L. (2010). Development and validation of a test of integrated science process skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 142–146. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.127. Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. (2013). Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma, 3. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syaiful. (2017). Modal Dasar Menjadi Guru Profesioanl. Bandung: Pustaka. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara. TIMSS. (2011). TIMSS and PIRLS in 2011 Development Completed-Into the Field. (http://www.iea.nl Diakses 1 Agustus 2019). Wicaksono, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi 66 Masyarakat terhadap Keeterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis Sederhana. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember: Jember. Widiantara. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1) . Wonorahardjo. (2010). Dasar-Dasar Sains. Jakarta: Indeks. Yamtinah, S., Haryono, Mulyani, B., & Shidiq, A. S. (2016). Pelatihan Guru Kimia Sma Dalam Mengembangkan Tes Jenis. Seminar Nasional Pendidikan Sains, (October), 161–168. Zahra.Melta. (2018). Efektivitas Pembelajaran SETS (Science Environtment Technology and Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung: Bandar Lampung. citation: Muthi’ah, Intan dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas X Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15396/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125054_INTAN%20MUTHIAH.pdf