eprintid: 15394 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/94 datestamp: 2022-06-28 06:15:27 lastmod: 2022-06-28 06:15:27 status_changed: 2022-06-28 06:15:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahma, Hanifah Awalia . creators_name: Sukandar, Paskal creators_name: Luthpi Safahi, Luthpi creators_id: awalia17rahma@gmail.com creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Penguasaan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan tes keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa serta faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan keterampilan proses sains tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2019. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 55 mahasiswa yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan angket untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan proses sains, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dengan rata-rata sebesar 56,25%. Menurut perhitungan pencarian persentase termasuk ke dalam kategori cukup. Dari kesembilan indikator penyusunan tes keterampilan proses sains yang diujikan yaitu indikator interpretasi 27,5%, klasifikasi 34,5%, mengajukan pertanyaan 32,9%, komunikasi 56,9%, memprediksi 55,5%, mengajukan hipotesis 62,5%, observasi 37,5%, merencanakan percobaan penelitian 22,9% dan aplikasi 63,5%. Dari data tersebut menjelaskan bahwa keempat indikator keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa termasuk kedalam kriteria kurang. Kurangnya kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor yang ada pada dalam diri mahasiswa atau yang ada di luar diri mahasiswa. Faktor-faktor itu antara lain menetapkan satu aspek yang harus diukur dan jelas, membuat butir soal keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan ganda, membuat soal yang tidak dibebani oleh konsep dan menampilkan gambar untuk dapat menghadirkan objek. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, P., Saputra, A., & Clara, A. Y. (2018). Hubungan keterampilan sains dengan hasil belajar mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah praktikum anatomi hewan tahun akademik 2017 / 2018, 66–73. A. Sulaeman. (2017). Desain program diklat keterampilan proses sains untuk guru IPA SMP dalam mewujudkan pembelajaran, 1(02), 30-37. Amin, D. I., & Sigit, D. (2018). Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual Berorientasi Higher Order Thinking Skills Keterampilan Proses dan Sikap terhadap Sains pada Bahan Kajian Hidrokarbon dan Minyak Bumi, (2017), 1142–1146. Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Surabaya, U. N., Biologi, J., & Malang, U. N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum, 2(1), 66–70. Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Dikici, A., Özdemir, G., & Clark, D. B. (2018). The Relationship Between Demographic Variables and Scientific Creativity : Mediating and Moderating Roles of Scientific Process Skills. Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students, 4(20), 245–252. Hamadi, A., Priyayi, F., & Astuti, S. (2018). Pemahaman guru terhadap keterampilan proses sains, 6(2), 42–53. Handayani, G., & Indrayanti, R. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Biologi, 11(1), 21–31. Hilmi, Y., Rustaman, N., Sator, D., & Redjeki, S. (2016). Pandangan mahasiswa calon guru biologi dan guru IPA tentang hakikat sains 1 Departemen 2 Program Studi Pendidikan IPA , Sekolah Pasca Sarjana , UPI Biodidaktika , Volume 11 No 1 , Januari 2016, 11(1), 1–20. I. Rani, S. Hidayat, E. Fadillah. (2019). Analisis keterampilan proses sains peserta didik kelas X di kecamatan seberang Ulu I dan Kertapati Palembang, 1(6), 23-31. Kramer, M., Olson, D., & Walker, J. D. (2018). Design and Assessment of Online 60 , Interactive Tutorials That Teach Science Process Skills, 1–11. https://doi.org/10.1187/cbe.17-06-0109 Kurniawan, A., & Fadloli. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka Science Process Skills Mastery Profile Students Primary School Teacher Education Program Open University, 13(1), 410–419. L. Risniani. (2017). Kemampuan calon guru (Pre-Service) biologi merencanakan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains (Science Process Skills), 02(08), 102-116. Malik, A. (2015). Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa, 1, 9–16. Nuraini, Tindangen, M., & Maasawet, E. (2016). Journal of Biology Education, 5(3), 271–278. Pembelajaran, D., Sel, B., Mengembangkan, U., Penalaran, K., Berpikir, D. A. N., Mahasiswa, A., & Guru, C. (2013). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 31–40. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (kedelapanb). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Putri, P. N., & Agustina, P. (2019). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik, (1), 562–568. Rahman, A., Meliyana, & Rifqiawati, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran (Process Oriented Guided Inquiry Learning) POGIL terhadap kemampuan komunikasi siswa pada subkonsep urinaria kelas XI di MA, 09, 132–143. Rakhmawati, P., Muspiroh, N., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng, 5(2), 156–164. Rani, I., Hidayat, S., & Fadillah, E. (2019). Analisis keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas X di Kecamatan Seberang Ulu I dan Kertapati Palembang,6(1), 23–31. Ratnasari, D. (2017). Analisis implementasi instrumen (Two-Tier Multiple Choice) untuk mengukur keterampilan proses sains, 2, 167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.627 Risnani, L. Y. (2017). Kemampuan calon guru (Pre-Service Teacher) biologi merencanakan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains (Science Process Skills), 08(02), 102–116. 61 Rustaman, N. Y. (n.d.). Asesmen pendidikan ipa, 1–7. Rustaman, N. Y. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Rustaman, N. Y. (2017). Mewujudkan sistem pembelajaran sains / biologi berorientasi literasi peserta didik. Rustaman, Mewujudkan Sistem Pembelajaran Rustaman , Mewujudkan Sistem Pembelajaran KS-2, (April), 1–8. Sari, P. M., & Zulfadewina. (2018). Profile of Science Process Skill Mastery from Pre-service Elementary School Teacher, 65–72. Setiawan, E., & Rusmana, N. (2018). Penerapan model pembelajaran (Children Learning in Science) CLIS dalam pembelajaran konsep dasar IPA untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa calon guru IPA SD, 6(2), 66–74. Sudarisman, S., Studi, P., & Biologi, P. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013, 2(1), 29–35. Sulaeman, A. A. (2017). Desain program diklat keterampilan proses sains untuk guru IPA SMP dalam mewujudkan pembelajaran, 2(1), 30–37. Uno, H., & Koni, S. (2016). Assesment Pembelajaran. Jakarta. Wati, W., & Novianti. (2016). Pengembangan rubrik assesment keterampilan proses dalam melakukan penilaian karena dengan MTs Al-ikhas Tanjung Bintang, 05(1), 131–140. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.113 Yuliani, N. (2018). Learning Actualization Of Scientific Method In Yogyakarta and Gunung Kidul, 7, 187–194. Zhao, X. (2018). Chinese Primary School Mathematics Teachers ’ Assessment Profiles : Findings from a Large-Scale Questionnaire Survey, 1387–1407. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9841-3 citation: Rahma, Hanifah Awalia . dan Sukandar, Paskal dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Penguasaan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15394/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125045_HANIFAH%20AWALIA%20RAHMA.pdf