TY - THES PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka A1 - Rahma, Hanifah Awalia . A1 - Sukandar, Paskal A1 - Luthpi Safahi, Luthpi TI - Penguasaan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi M1 - bachelor UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15394/ AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan tes keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa serta faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan keterampilan proses sains tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2019. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 55 mahasiswa yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan angket untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan proses sains, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dengan rata-rata sebesar 56,25%. Menurut perhitungan pencarian persentase termasuk ke dalam kategori cukup. Dari kesembilan indikator penyusunan tes keterampilan proses sains yang diujikan yaitu indikator interpretasi 27,5%, klasifikasi 34,5%, mengajukan pertanyaan 32,9%, komunikasi 56,9%, memprediksi 55,5%, mengajukan hipotesis 62,5%, observasi 37,5%, merencanakan percobaan penelitian 22,9% dan aplikasi 63,5%. Dari data tersebut menjelaskan bahwa keempat indikator keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa termasuk kedalam kriteria kurang. Kurangnya kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor yang ada pada dalam diri mahasiswa atau yang ada di luar diri mahasiswa. Faktor-faktor itu antara lain menetapkan satu aspek yang harus diukur dan jelas, membuat butir soal keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan ganda, membuat soal yang tidak dibebani oleh konsep dan menampilkan gambar untuk dapat menghadirkan objek. Y1 - 2019/// ID - repository15394 ER -