eprintid: 15388 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/53/88 datestamp: 2022-06-28 04:52:13 lastmod: 2022-06-28 04:52:13 status_changed: 2022-06-28 04:52:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Mohammad Taufik creators_name: Ramadhan, Said creators_name: Nurjaman, Husnan title: Konstruksi Pemberitaan Kasus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Mengenai Kasus Penodaan Agama Di iNewsTV dan MetroTV (Analisis Framing Pemberitaan Media Pro Kontra Mengenai Kasus Penodaan Agama Edisi Februari – Juni 2017) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Kasus penodaan agama merupakan kasus yang dapat membuat masyarakat menjadi resah dan kericuhan antara agama, hal ini terjadi karena terciptanya pemberitaan di beberapa media. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merupakan seorang pemimpin Gubernur DKI Jakarta yang diduga menodai surat Al – Maidah ayat 51, besarnya kasus ini karena Ahok adalah seorang non-muslim yang telah menodai ayat suci milik agama Islam hingga tersinggungnya seluruh pecinta agama Islam di Indonesia mengakibatkan kontra terhadapnya, kenyataannya sebagian masyarakat di Indonesia ada yang mendukung Ahok, karena menurut pandangan mereka, Ahok adalah seorang pemimpin yang tegas, bijak dan jujur. Dari adanya masyarakat pro dan kontra terhadap Ahok menimbulkan terciptanya media pro dan kontra terhadap Ahok dalam sebuah pemberitaannya. Penyebab pemberitaan tersebut untuk membela khalayak pada pemberitaan kasus tersebut. Maka kasus ini menjadi menarik untuk diteliti terkait pemberitaan di media televisi pada iNewsTV dan MetroTV. Bagaimana kedua media tersebut membingkai peristiwa kasus Ahok mengenai kasus penodaan agamanya dan faktor apa yang mempengaruhi pada isi pemberitaan tersebut. Paradigma penelitian in menggunakan paradigma konstruktivisme, kemudian teori yang digunakan teori konstruksi sosial realitas dan pengaruh isi media. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis framing William A. Gamson. Dari hasil penelitian ini yang didapatkan framing pemberitaan kasus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengenai kasus penodaan agama, iNewsTV mengarah kepada fakta kenyataan yang dilakukan sikap Ahok yaitu Ahok telah menodai agama, sedangkan MetroTV mengarahkan kepada Ahok yang mengaku bahwa dirinya tidak niat menodai agama. Serta faktor pengaruh isi media pada MetroTV karena kepentingan pemilik medianya dengan unsur politik yaitu pemilik media MetroTV memiliki partai dan partai tersebut dukung Ahok atas posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, sedang iNewsTV karena pemilik media memiliki hubungan masalah bisnis dengan Ahok, karena bisnis pemilik medianya ditolak oleh Ahok, maka dari situ pemilik media iNewsTV memutuskan untuk membenci Ahok dengan awak media dan partai yang dimilikinya. Dengan menggunakan metoda analisis framing William A. Gamson peneliti ini bisa memahami dan melihat bagaimana media yang berafiliasi politik membingkai suatu peristiwa. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta. Raja Grafindo Persada Ardianto, Elvinaro & Erdinaya, Lukiati Komala, 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekamata Media. Baran & Davis. Stanley J. & Dennis K. 2010. Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, Dan Massa Depan.Jakarta: Salemba Humanika Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogjakarta: Andi Offset Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana Prenada Media Group ________, . 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group __________. 2013. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada Djamal & Fachruddin, Hidajanto & Andi. 2011. Dasar – Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Citra Aditya Bakti ________________. 1993. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek).Bandung: Remaja Rosdakarya Eriyanto. 2012. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogjakarta: Lkis Printing Cemerlang _________. 2009. Analisis Framing. Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogjakarta: Lkis Printing Cemerlang Harahap, Arifin S. 2007. Jurnalistik Televisi: Teknik Memburu dan Menulis Berita. Jakarta: PT. INDEKS Hartiningsih. 2014. Komunikasi Massa Televis, Dan Tayangan Kekerasan Dalam Pendekatan Kasus. Depok: Raja Grafindo Persada Henshall & Ingram, Peter && David. 2000. Menjadi Jurnalis. Yogjakarta: Lkis Printing Cemerlang. Kriyantono, Rachmat. 2008. Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group ________________. 2010. Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Televisi & Radio. Jakarta: Kencana Prenada Media Group ________. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Morissan, Wardhani, Dkk. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia Mulyana, Deddy. 2007. Pengantar Ilmu Komunikas. Bandung. Remaja Rosdakarya. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Yogjakarta. Graha Ilmu Nurudin.2007. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: Raja Grafindo Persada Reese, Stephen D. 1991. Setting The Media’s Agenda: A Power Balance Perspective. Beverly Hills: Sage. Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Shoemaker & Reese, Pamela J. & Stephen D.1996. Mediating The Message. New York: Longman Publisher Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta. Rineka Cipta Zamroni, Mohammad. 2009. Filsafat Komunikasi: Pengantar Ontologis, Epistemologi, Aksiologi. Yogjakarta: Graha Ilmu Sumber Lain: www.berita.islamedia.id www.bbc.com www.kompasiana.com www.radarbolmongonline.com www.tempo.co Sumber Secara Langsung: - Wawancara mendalam dengan Manager Berita iNewsTV Khoiri Akhmadi pada tanggal 25 Agustus 2017 pukul 13:45 WIB - Materi dari Dosen FISIP UHAMKA Khoiri Akhmadi, S.H. pada mata kuliah Penulis Naskah Penyiaran di FISIP UHAMKA, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan citation: Hidayat, Mohammad Taufik dan Ramadhan, Said dan Nurjaman, Husnan (2017) Konstruksi Pemberitaan Kasus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Mengenai Kasus Penodaan Agama Di iNewsTV dan MetroTV (Analisis Framing Pemberitaan Media Pro Kontra Mengenai Kasus Penodaan Agama Edisi Februari – Juni 2017). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15388/1/FISIP_ILKOM_1306015074_Mohammad%20Taufik%20Hidayat.pdf