eprintid: 15383 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/53/83 datestamp: 2022-06-28 04:38:48 lastmod: 2022-06-28 04:38:48 status_changed: 2022-06-28 04:38:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irawan, Indriyani Safitri creators_name: Mustika, Sri creators_name: Ramadhan, Said creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Bisnis Hiburan (Studi Kasus Event Handshake JKT48) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Jepang membentuk JKT48 yang merupakan sister Group AKB48. Melihat fans AKB48 di Indonesia yang cukup banyak hal ini menjadikan managemen JKT48 menduplikat segala kegiatan yang dilakukan oleh AKB48. Salah satunya adalah Event Handshake. Event Handshake yang diadakan oleh managemen JKT48 merupakan kegiatan bersalaman dengan idola dalam waktu 10 detik dan dikenakan biaya sebesar RP. 35.000,- Fokus penelitian ini adalah eksploitasi yang dilakukan managemen JKT48 dalam event handshake JKT48. Penelitian ini bertujuan membongkar bentuk eksploitasi tubuh perempuan dalam event handshake. Peneliti menggunakan paradigma kritis dan teori cultural studies dan ekonomi politik. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Penelitian dilakukan secara kualitatif, melakukan wawancara kepada Elaine Hartanto selaku Ex Member JKT48 dan untuk memperkuat juga dilakukan wawancara kepada Komnas Perempuan dan Fans JKT48. Hasil penelitian menunjukan bentuk eksploitasi yang dilakukan, bersalaman dengan idola menggunakan tarif, larangan dalam kontrak untuk tidak berpacaran/menjalin status dengan lawan jenis selama menjadi idol, pengaturan jam kerja yang tidak sesuai dengan usia member dan selalu tampil dengan menggunakan kostum seksi. Dalam bidang ekonomi, sepuluh detik Rp. 35.000, royalti yang diberikan sangatlah tidak sesuai, manajemen menjual mimpi untuk para member JKT48, serta managemen menjual Ilusi bagi para fansnya meraup keuntungan besar dalam sekali kegiatan dan tidak memberikan royalti yang sesuai. Penelitian ini memberikan pengetahuan tentang strategi bisnis hiburan yang dilakukan oleh kaum penguasa dengan menggunakan “perempuan” karena perempuan memiliki daya jual yang tinggi. Kontribusi metodelogis, mengembangkan metode penelitian studi kasus. Dalam kontribusi sosial, menyadarkan masyarakat khususnya orang tua agar tidak menjual anaknya hanya untuk popularitas. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abu Ahmadi. 1990. Kamus Lengkap Sosiologi. Solo: CV Aneka Sumber Buku: Bhasin, Kamla. 1999. Persoalan Pokok mengenai Feminisme dan Relevansinya. Jakarta: Gramedia Bungin, Burhan. 2003. Fornomedia, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika dan Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta: Prenada Media Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: ANDI Boyd Barret, Oliver. 1995. The political Economy Approach, in Approaches to Media A Reader, Oliver Boyd Barret and Chris Newbold, (New York : Arnold). Cakram Komunikasi, edisi 290-04/2008 Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti ____________________. 2007. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Cipta Aditya Bakti Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS (dalam Eriyanto, 2002: xvii) Giddens, Anthony. 2009. Kapitalisme dan Teori Sosial Modern: Suatu Analisis Karya Tulis Marx, Durkheim dan Max Weber. Jakarta: Universitas Indonesia Press Habermas, J. 1973. Legitimation Crisis (eng. translation by T. McCarthy). Boston: Beacon Hall, Stuart. 1992. “The Questions of Cultural Identity”, dalam S. Hall, D. Held & T.McGrew (eds.). Modernity and Its Futures. London: Edward Arnold. Harahap, Machyudin Agung. 2013. Kapitalisme Media: Ekonomi Politik Berita dan Diskursus Televisi. Yogyakarta: Aura Pustaka Hardt, Hanno. 2005. Critical Communication Studies: sebuah pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalasutra. Hollows, Joanne. 2000. Feminisme, Feminitas dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra. Jenkins, Herry. 2006. Fans, Bloggers and Gamers. New York: New York University Press. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis praktis: Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group _________________. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Mulyana Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Pustaka Utama Rosdakarya ____________. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya ______________. 2004. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya ______________. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya (Rahmat, 1994: 195). Piliang, Yasraf Amir. 2004. Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Jalasutra: Yogyakarta Rahmat, Jalaluddin. 1994. Islam Aktual. Bandung: Mizan Ritzer George. 2012. Teori Sosiologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Saadawi, Nawal El. 2011. Perepuan dalam Budaya Patriarki. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Partanto, A Pius. M Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola Sagala V. Dan Rozana E. 2007. Memberantas Trafiking Perempuan dan Anak. Bandung: Pojok 85 Sendjaja, S. Djuarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbukti Soekanto, Soerjono. 1992. Teori Sosiologi Keluarga, PT Rineka Cipta, Jakarta anggota IKAPI. Soemarno, Andreas, 2008. Sosiologi I. Bogor: Yudhistira. Storey, John. 2010. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop.Yogyakarta: Jalasutra ______________.Cultural Studies and The Study of Popular Culture: Theories and Methodes”. Edinburg: Edinburg University Press Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta (Patton, 2001:238-230) Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo. Suyanto, Bagong. 2012. Anak Perempuan yang Dilacurkan: Korban Eksploitasi di Industri Seksual Komersial. Yogyakarta: Graha Ilmu Syarifah. 2006. Kebertubuhan Perempuan dalam Pornografi. Jakarta: Yayasan Kota Kita Vikram Bisen dan Pryia, 2009. Business Communication, New Delhi: New Age International Limited Published Wenger, E., Richard M., and William S., 2002. Cultivating Communities of practice:a guide to managing knowledge. Sumber Lain : Firda, Aini Riayatum Nupus, 2016. Membongkar Eksploitasi Perempuan dalam Live Streaming Cliponyu. Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka Khoirunnisa Hidayat, 2016. Fanatisme Para Penggemar Grup Idola JKT48 (Analisis Domain Etnografi James P. Spradley). Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka Putri, Anita Widyaning. 2009. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Televisi AXE “Call Me” versi “sauce”, “Mist”, “Special Need”, “Lost”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Siregar, Ashadi. 2004. Ketidakadilan Konstruksi Perempuan Di Film Dan Televisi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 7 No 3. UGM Yogayakarta. Widyawati, Vivi Christina Yulita. Mutiara Ika. Zely Ariane. 2012. Pelecehan Seksual: Tidak berarti Tidak!. Jurnal Komite Nasional Perempuan Mahardhika. Jakarta Yunus Handoko, Jurnal Pemikiran Ekonomi Politik Taylor, Smith, Marx dan Keynes:2013) ( Situs Internet : www.kompasiana.com). (http://kamaruddin-blog.blogspot.com/2010/10/kapitalisme-organisasi-media-dan.html (www.jkt48.com) (www.hukumonline.com) (www.shukanbunshun.com) www.kaskus.co.id (http://www.top10indo.com/-personil-jkt48-paling-cantik.html) (http://www.top10indo.com/-personil-jkt48-paling-cantik.html) citation: Irawan, Indriyani Safitri dan Mustika, Sri dan Ramadhan, Said (2017) Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Bisnis Hiburan (Studi Kasus Event Handshake JKT48). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15383/1/FISIP_ILKOM_1306015058_Indriyani%20Safitri%20Irawan.pdf