eprintid: 15380 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/53/80 datestamp: 2022-06-28 04:31:50 lastmod: 2022-06-28 04:31:50 status_changed: 2022-06-28 04:31:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hamidannisa, Hamidannisa creators_name: Mustika, Sri creators_name: Romadhan, Said creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Eksploitasi Tubuh Presenter Perempuan Dalam Program Acara Olahraga Sport7 di Trans7 ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Eksploitasi perempuan adalah suatu tindak illegal kasat mata, baik disadari maupun tidak disadari. Perempuan sering kali membiarkan dirinya dikomodifikasi sedemikian rupa baik oleh lingkungan masyarakat maupun media, untuk kepuasan atau keuntungan semata. Dalam media, perempuan acapkali dijadikan komoditi penarik banyak keuntungan melalui tampilan tubuhnya. Kekuatan media akhirnya menghamba pada komodifikasi yang menjadi circuits money for more money. Salah satunya, sport7 yang menggunakan perempuan sebagai presenter program acara olahraga yang penontonnya adalah kaum pria. Fokus penelitian ini untuk membongkar bentukbentuk komodifikasi presenter perempuan dengan tampilan pakaian terbuka, gesture tubuh yang aduhai dan ekspresi wajah yang menggoda pria. Hal ini menjadikan presenter perempuan sebagai komoditi dan hasil komodifikasi yang dapat dieksploitasi untuk keuntungan politik ekonomi media. Paradigma dalam penelitian ini adalah kritis. Roland Barthes yang akan menganalisis gambar presenter perempuan terkait dengan makna denotasi, konotasi, dan mitos untuk mengungkap apa saja makna yang terlihat dan ideologi media tersebut. Teori yang digunakan teori ekonomi politik media yang juga dikaitkan dengan teori kritis mahzab frankfurt, guna untuk menganalisis apa saja bentuk komoditi dan komodifikasi dalam ruang lingkup politik ekonomi media yang dikritisi dengan praktek eksploitasi tubuh perempuan dalam media, khususnya sport7. Hasil penelitian ini membuktikan, eksploitasi tubuh presenter perempuan dalam tayangan program olahraga sport7 yaitu dengan menjadikan perempuan sebagai komoditi yang terus menerus dikomodifikasi. Hal ini terlihat dari bagaimana si presenter perempuan itu ditampilkan dengan pakaian terbuka, pengambilan angle kamera yang menyorot bagian tubuh perempuan, gesture tubuh yang ditampilkan perempuan dan ekspresi wajah menggoda yang dapat membuat pria berhasrat ketika melihatnya. Rekomendasi penelitian ini agar menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya yang membahas mengenai masih maraknya praktik eksploitasi perempuan dalam masyarakat dan media, yang masih terus mengkomodifikasi tubuh perempuan, menjadikan perempuan komoditi yang mudah dipasarkan, penelitian ini dibuat agar kita bersama melawan eksploitasi gender di media. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Andrianto, Elvinaro. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna (Buku teks dasar mengenai semiotika dan Teori komunikasi) Yogyakarta : Jalasutra Djamal hidajanto, Andi fahruddin.2011. Dasar- dasar Penyiaran : Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta : Kencana Prenadamedia group Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKIS Fahruddin, Andi.2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi Yogyakarta: CV ANDI OFFSET Ghony, Djunaidi dan Faudzan Almanshur, 2012.Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: ArRuzz Media Hardt, Hanno. 2005. Critical Communication Studies : Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakrta : Jalasutra. Humm, Maggie. 2002. Ensiklopedia Feminisme : Fajar pustaka baru Ibrahim, Subandy. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi : Mengkaji Budaya Dalam Dinamika Globalisasi, Yayasan Pustaka Obor Indonesia (E-book Version) Jones, Pip 2003 . Pengantar Teori-Teori Sosial : Dari Teori Fungsionalisme hingga Postmodernisme : Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi . Jakarta: Kencana Pranada Group. Mc Quail, Dennis. 2010. Teori Komunikasi Massa Mc Quail. Edisi keenam, Buku dua. Salemba humanika. Moleong, J. Lexy. 1995. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya Offset Mulyana, deddy .2007. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Rosda Murniati, A. Nunuk P. 2004. Getar Gender : Perempuan Indonesia dalam perspektif Agama, Budaya, dan Keluarga, Buku Kedua. Magelang. INDONESIATERA Ritzer, George dan Douglas J. Goodman.2007. Teori Sosiologi Modern. Edisi Keenam : Jakarta: Kencana Prenada Media Group Sobur, Alex. 2008. Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung. PT. REMAJA ROSDAKARYA Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung. PT. REMAJA ROSDAKARYA Vardiansyah, Dany. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Jakarta : Indeks gramedia citation: Hamidannisa, Hamidannisa dan Mustika, Sri dan Romadhan, Said (2017) Eksploitasi Tubuh Presenter Perempuan Dalam Program Acara Olahraga Sport7 di Trans7. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15380/1/FISIP_ILKOM_1306015050_Hamidannisa.pdf