@phdthesis{repository15376, year = {2019}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka}, title = {Pengaruh Model Guided Inquiry Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa}, author = {Syahidah, Fajrina and Amirullah, Gufron and Mayarni, Mayarni}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta pada bulan Maret s.d Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 175 siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil uji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 1\% diperoleh thitung=8,12 dengan ttabel=2,66 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA kelas X MIPA SMA Negeri 98 Jakarta.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15376/} }