eprintid: 15375 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/53/75 datestamp: 2022-06-28 04:22:43 lastmod: 2022-06-28 04:22:43 status_changed: 2022-06-28 04:22:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mahendra, Angga creators_name: Liza, Fitri title: Pemetaan Keterampilan Kompetensi Menulis Al-Qur’an Guru Pendidikan Agama Islam SMA Dan SMK Di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Keterampilan Menulis Al Qur‟An Delapan Sekolah Guru Pendidikan Agama Islam. Peneliti Menggunakan Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Menekankan Analisis Proses Dari Proses Berfikir Secara Induktif Yang Berkaitan Dengan Dinamika Hubungan Antar Fenomena Yang Diamati, Dan Senantiasa Menggunakan Logika Ilmiah. Pengumpulan Data Pada Proses Ini Yaitu Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kompetensi Keterampilan Delapan Sekolah Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menulis Al Qur‟An Adalah Untuk Menulis Huruf Hijaiyah 91%, Untuk Menulis Huruf Sambung 91%, Untuk Menulis Surah Al Qur‟An 85% Dan Jumlah Seluruhnya Adalah 89%, Kesalahan Yang Banyak Terdapat Di Menulis Surah Al Qur‟An Dan Kemampuan Menulis Al Qur‟An Sangat Penting Sekali Utnuk Di Kuasai Serta Itu Merupakan Hard Skill Guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Pertama, Keterampilan Menulis Al Qur‟An Merupakan Hard Skill Yang Harus Di Kuasai, Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam Seharusnya Mempunyai Latar Belakang Sekolah Islam, Karena Guru Agama Harus Mempunyai Kemampuan Dan Kecakapan Yang Harus Dimiliki, Jika Latar Belakangnya Dari Sekolah Umum, Maka Di Tuntut Untuk Aktif Dalam Pencapaian Kemampuan Dan Kecakapan Yang Harus Dimiliki. Kedua, Dari Pihak Sekolah Atau Lembaga Pemerintah Dalam Ujian Atau Penilaian Untuk Guru Pendidikan Agama Islam Masih Bersifat Kognitif, Belum Ada Ujian Atau Penilaian Terkait Hard Skill Salah Satunya Keterampilan Menulis Al Qur‟An. Ketiga Kesalahan Terbanyak Terdapat Di Point Ketiga, Yaitu Menulis Surah Al Qur‟An Dan Ada Terdapat Beberapa Kesalahan Di Point Kedua. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Afrizal, metode penelitian kualitatif: Sebagai Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam berbagai Disiplin Ilmu (Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2014). Alamsyah, Taufik, Prosiding Seminar Nasional Jasmani 2017, (Sumedang: UPI Sumedang Press, 2016). Al Gozali, Syaikh Muhammad, Al Qur’an Kitab Zaman Kita, (Bandung: Mizan, 2008). Al-qaththan, Syaikh Mana, Pengantar Studi ilmu Al quran (Jakarta: Pustaka Al kautsar, 2015). Amin, Rifqi, Pengembang Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2015). Awalludin, Pengantar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Yogyakarta: Deepublish, 2017). Dahlan, Abdurahman, Ushul Fikih (Jakarta: Paragonatama Jaya, 2014). Dalimunthe, Ihsan, Mahfud MD kritik Metro TV yang asal mencari narasumber http://nusantara.rmol.co/read/2017/12/06/317194/Mahfud-MD-Kritik-Metro-TV-Yang-Asal-Mencari-Narasumber Darmadi, Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepala Sekolahan, (Yogyakarta: Deepublish, 2018). Daulay, Haidar Putra dkk, Pendidikan Islam dalam lintas Sejarah, (Jakarta: Kencana, 2013). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989) Hafidz, Muhammad, Imla Aplikatif, (Jakarta: PT. Gramedia, 2018). Hamzah, Muchotobdkk, Pengantar Studi Aswaja Nadliyyah, (Yogyakarta: Lkis, 2017). Harisah, Afifuddin, Filsafat Pendidikan Islam prinsip dan dasar pengembang, (Yogyakarta: Deepublish, 2018). Haryanti, Nik, Ilmu Pendidikan Islam, (Malang: Gunung Samudera, 2014). Kaharrudin, Mencetak generasi anak Shaleh dalam Hadits, (Yogyakarta: Deepublish, 2018). Kristiawan, Muhammad, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Deepublish, 2017). Mahfudz dkk, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multitehnik, (Yogyakarta: Deepublish, 2012). Muhyiddin, Kemenag membenarkan Ustadzah Metro TV salah menulis Al Qur’an http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islamnusantara/ 17/12/05/p0hadj396-kemenag-benarkan-ustazah-metro-tv-salahtulis- alquran Manzilati, Asfi, Metodologi Penelitian kualitatif, (Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017). Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013) Munir, Perancangan Sistem Bahasa Arab, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2016). Musfah, Jejen, Manajemen Pendidikan aplikasi, strategi dan inovasi, (Jakarta: Prenada Media Grup, 2018). Mohammad, Henry, Tokoh-tokoh Islam yang berpengaruh pada abad 20, (Jakarta Gema Insani Press, 2006). Nizar, Samsul dkk, Pendidik Ideal bangunan Character Building, (Depok: Prenada Media, 2018). Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 Tentang Pendidkan Agama Islam, BAB 3 Pendidikan Keagamaan, Pasal 24, Ayat 1 dan 5 www.kemenag.go.id. https://scholar.google.com/scholar?start=70&q=regulasi+pemerintah+tentang+ agama+islam&hl=id&as_sdt=0,5 Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2015). Rosidi, Imran, Menulis siapa takut..? panduan bagi penulis pemula, (Yogyakarta Kanisius, 2009). Rosyidah, Zulfah, Upaya Guru Pendidikan Islam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al Qur’an pada anak didik di SDN SIDOREJO 01DOKO BLITAR, (UIN Malang, 2008. Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: KENCANA, 2017). Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011) Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. (Bandung: Alfabeta, 2015). Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosda, 2015). Suprihaningsih, Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan, (Yogyakarta: Deepublish, 2018). Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis, (Jakarta: Grasindo, 2007). Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Ilmu Pendidikan Praktis, (Jakarta: Grasindo, 2007). Tolchah, Moch, Dinamika Pendidikan Islam pasca Orde baru, (Yogyakarta: Lkis, 2015). Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi pengembangan profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2011). UU. No. 23 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, BAB 2, Pasal 3, (Bandung: Citra Umbara, 2015). Wahyudin dkk, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, (Surabaya: 2009). Wicaksono, Andri, Menulis Kreatif Satra dan beberpa model pembelajaran, (Yogyakarta: Garudhawaca, 2014). Zarkasyi, Imam, Kaidah Imla, (Ponorogo, Trimurti Perss, 2017). citation: Mahendra, Angga dan Liza, Fitri (2018) Pemetaan Keterampilan Kompetensi Menulis Al-Qur’an Guru Pendidikan Agama Islam SMA Dan SMK Di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15375/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%201407015067_%20Angga%20Mahendra.pdf