eprintid: 15372 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/72 datestamp: 2022-06-28 04:17:13 lastmod: 2022-06-28 04:17:13 status_changed: 2022-06-28 04:17:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadillah, Muhammad Rijal creators_name: ninawati, mimin creators_id: miminninawati30@gmail.com title: Pengembangan Media Pop up Book Berbasis Kontekstual Materi Perkembangbiakan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Anyelir 1 Depok ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap Define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SDN Anyelir 1 Depok. Subjek uji coba diterapkan kepada 33 peserta didik kelas VI A di SD tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran pop up book materi perkembangbiakan hewan. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 82% yang termasuk kategori “sangat layak”. Karena siswa merasa tertarik untuk menggunakan media kontekstual pop up book. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi perkembangbiakan hewan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90. Afifah, R. N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Science Activities, 12(2), 2086 – 2096. http://repository.upy.ac.id/227/ Astri Kristi Anggiati. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGSEWU SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018. In Mathematics Education Journal (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a Badaruddin, M., & Utami, R. P. (2015). The Influence of Problem Based Learning Model in Student Motivation and Learning Achievement Toward Biological Science on MTs Nurul Huda Sarimulyo Ngawen Blora. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 96–100. Ernawati. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulaka, 3(1), 62–71. Fitri, N. A. K. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus Dan Balok Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 5(4), 226–239. Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904. Kurnia, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon NENENG]. In Psikologi Perkembangan (Issue October 2013). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Kusuma, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747 NURWAHIDAH, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Suhu dan Perubahannya (Vol. 10, Issue 2). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Optiana, N., & Muchlas. (2019). Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo dalam pembelajaran praktikum fisika untuk Sekolah Menengah Atas. 6(2), 1–6. https://doi.org/10.12928/jrkpf.vxix.xxxx Pramitasari, A., Aulia, H. R., & Widadi, Z. (2015). Pengembangan Buku Pop-up Pekalongan sebagai Media Edumotik (Edukasi dan Promosi Batik) Kota Pekalongan 1. 8, 43–51. docplayer.info. Rahmanto, Y. (2018). PERANCANGAN MEDIA EDUKASI POP-UP BOOK“SI BUJANG: ASAL MULA BURUNG PUNAI” CERITA RAKYAT PELALAWAN PROVINSI RIAU. In مممم ممممم ممممم مممممممم ممممممممم (Vol. 7). RAHMAWATI, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, 3(1), 5–6. Rosalina, Siska Dwi; Wardhani, Raden Roro; Akhyar, O. (2018). BERBASIS POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 34–40. Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407 Sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan (14th ed.). RajaGrafindo Persada. Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan (21st ed.). alfabeta. Sulistiyo, N. R. (2016). PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM POWER WINDOW BERBASIS LIGHT EMITTING DIODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM POWER WINDOW. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Suriana; Margiati, K.Y; Halidjah, S. (2014). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media bangun datar di sekolah dasar artikel penelitian. Artikel Penelitian Prodi Pendidikan Daasar FKIP Untan Pontianak, 1–13. Suryani, E., & Kenedy, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. 752–759. Winarni, E. W. (2009). Mengajar IPA Secara Bermakna (1st ed.). UNIB PRESS. Zeila, W. Z., Hobri, & Suharto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbantuan Komik Pop Up dengan Model Problem Based Instruction (PBI) Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok untuk Siswa SMP Kelas VIII. Kadikma, 5(3), 69–78. citation: Fadillah, Muhammad Rijal dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Media Pop up Book Berbasis Kontekstual Materi Perkembangbiakan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15372/1/FKIP_PGSD_1601025225_MUHAMMAD%20RIJAL%20FADILLAH.pdf