eprintid: 15370 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/70 datestamp: 2022-06-28 04:12:08 lastmod: 2022-06-28 04:12:08 status_changed: 2022-06-28 04:12:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurnia, Dini creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_name: Luthpi Safahi, Luthpi creators_id: dinikrniaa@gmail.com creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Eksresi Di Kelas XI ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sub materi apa saja yang dianggap sulit serta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Tangerang pada bulan Maret – Juli. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Tangerang semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda sistem ekskresi, dan angket faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar. Nilai siswa setelah mengerjakan soal tes tergolong rendah yakni dengan nilai rata-rata sebesar 49 (Sd= 12). Sub materi sistem ekskresi yang memiliki tingkat kesulitan belajar tinggi yaitu sub materi zat ekskret organ ekskresi (76,71%), dan proses/ mekanisme pada sistem ekskresi (61,06%). Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor sarana dan prasarana (77%), sedangkan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor motivasi (80%). Dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran pada materi sistem ekskresi siswa mengalami kesulitan belajar pada sub materi zat ekskret organ ekskresi, dan proses/ mekanisme pada sistem ekskresi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11 Ahmadi, A., & Supriyono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Amini, F., Nasution, M. Y., Mulkan, M., & Sugito, H. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dan Kesulitan Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Di SMA Negeri 1 Karang Baru. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 225–232. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11053 Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bunga, Y. N., Prasetyo, A. P. B., & Susanti, R. (2016). Journal of Innovative Science Education. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 152–162. Çimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students Views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61–71. https://doi.org/10.5897/ERR11.205 Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475 Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. El Karim, I. (2017). Kajian Deskriptif Faktor Yang Menyebabkan Kesulitan Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas X Di Kecamatan Serpong. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Emda, A. (2017). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444 Emmanuel, B., Akuffo, A., & Frank, A. (2017). The Science Topics Perceived Difficult by Junior High School Students at Techiman North District : Effects on the teaching and learning of Science . Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 3(1), 503–509. Etobro, A. B., & Fabinu, O. E. (2017). Students’ Perceptions of Difficult Concepts In Biology In senior Secondary Schools In Lagos State. Global Journal of Educational Research, 16(2), 139. https://doi.org/10.4314/gjedr.v16i2.8 Fauzi, A., & Mitalistiani, M. (2018). High School Biology Topics That Perceived Difficult By Undergraduate Students. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1242 Febriana, S. W., & Rohmah, W. (2014). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 1–7. Großmann, N., & Wilde, M. (2018). Promoting Interest by Supporting Learner Autonomy: the Effects of Teaching Behaviour in Biology Lessons. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9752-5 Hasruddin, & Putri, S. E. (2014). Analysis of Students ’ Learning Difficulties in Fungi Subject Matter Grade X Science of Senior High School Medan Academic Year 2013 / 2014. International Juornal of Education and Research, 2(8), 269–276. Irmayanti, Hasruddin, & Kartika. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hormon Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 1–6. Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Serta pemanfaatan Sumber Belajar (1st ed.). Depok: Rajawali Pers. Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi. Lazarowitz, R., & Lieb, C. (2006). Formative Assessment Pre-Test To Identify College Students’ Prior Knoeledge, Misconceptions, And Learning Difficulties In Biology. International Journal of Science and Mathematical Education, 4, 741–762. Lubis, D. A., Hasairin, A., & Rengkap. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Jamur Di Kelas X IPA SMAN 1 Batang Kuis. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 340–347. Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities & Social Science, 22(3), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567 Muspikawijaya, Iswari, R. S., & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMA/MA Kabupaten Luwu Timur dalam Memahami Konsep pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 252–263. Nurgiyantoro, B. (2016). Penelitian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Kedua). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Nurkhalimah, S., & Ismiyati. (2015). Pengaruh Metode Mengajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Diklat Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 331–346. Ogunkola, B. J., & Samuel, D. (2011). Science Teachers’ and Students’ Perceived Difficult Topics in the Integrated Science Curriculum of Lower Secondary Schools in Barbados Science Teachers’ and Students’ Perceived Difficult 68 Topics in the Integrated Science Curriculum of Lower Secondary Schoo. World Journal of Education, 1(2), 16–29. https://doi.org/10.5430/wje.v1n2p17 Peng, M. Y. (2019). Testing the Mediating Role of Student Learning Outcomes in the Relationship Among Students’ Social Capital, International Mindsets, and Employability. The Asia-Pacific Education Researcher, 28(3), 229–237. https://doi.org/10.1007/s40299-018-00431-3 Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda. Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279–285. https://doi.org/10.1063/1.5022208 Rapikah, U., Harsono, T., Darussalim, D., Herawati, H., & Masdiana, M. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Di Kelas XI IPA MAN Di Kota Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(4), 371–380. Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 75–81. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii%0A Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang. Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA. Saragih, L. E., & Tarigan, R. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Script Dan Problem Based Instruction Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia, 4(2), 148–152. Setiawan, H., Isnaeni, W., Budijantoro, F. P. M. H., & Marianti, A. (2015). Implementation of Digital Learning Using Interactive Multimedia in Excretory System With Virtual Laboratory. Research and Evaluation in Education Journal, 1(2), 212–224. https://doi.org/e-ISSN: 2460-6995 Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sutardi, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume, 3(2), 188–198. Suyanto, S. (2018). The Implementation of The Scientific Approach Through 5MS of the Revised Curriculum 2013 In Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29. citation: Kurnia, Dini dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Eksresi Di Kelas XI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15370/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125034_DINI%20KURNIA.pdf