eprintid: 15369 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/69 datestamp: 2022-06-28 04:11:35 lastmod: 2022-06-28 04:11:35 status_changed: 2022-06-28 04:11:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muntazah, Afwah creators_name: Nurafni, Nurafni creators_id: Afwah.37@gmail.com creators_id: Nurafni@uhamka.ac.id title: Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita penjumlahan materi pecahan Pada Siswa Kelas 4 MI DARUL MU`MININ ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesulitan dalam pemahaman konsep (2) kesulitan dalam keterampilan berhitung (3) kesulitan dalam pemecahan masalah, penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui angket, tes dan wawancara terhadap 13 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes angket kesulitan belajar 14 pernyataan. Hasil tes angket dikategorikan berdasarkan kesulitan pemahaman konsep, keterampilan berhitung, pemecahan masalah, faktor eksternal dan faktor internal. Setelah mendapatkan hasil angket, siswa diberikan soal tes yang terdiri dari 6 soal dan wawancara. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengamati, mencatat, dan menganalisis Kesulitan Belajar soal cerita penjumlahan materi pecahan pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin. Wawancara yang dilakukan melibatkan beberapa informan diantaranya guru kelas dan siswa, dengan menggunakan angket sebagai acuan untuk informasi. Dokumentasi mengumpulkan data berupa arsip dan video melalui whats up video call selama penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemecahan masalah yang digunakan siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin dalam menyelesaikan soal cerita matematika penjumlahan materi pecahan siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Dari hasil tes soal cerita matematika penjumlahan materi pecahan siswa kelas 4 Madrasah Ibtidiyah Darul Mu`minin yang berjumlah 13 orang siswa, mendapatkan hasil 8 orang siswa yang mendapatkan nilai terkecil, 3 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Maka kesimpulannya dari hasil penelitian angket, tes dan wawancara, menunjukan bahwa S6 mengalami kesulitan dalm keterampilan berhitung, S10 mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah dan S11 mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah. Jadi 3 orang anak laki-laki yang mengalami kesulitan belajar matematika date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abrar, A. I. P. (2018). Kesulitan Siswa Smp Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.102 Afia, A., Anwar, A. K., Studi, P., Industri, T., Teknik, F., Buana, U. M., & Dharma, Y. P. (2013). Guru Dan Karyawan Pada Unit Smp Yayasan. Sinergi, 17(3), 290–299. Agustina, L. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, Dan Kelebihan Peran Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Auditor (Penelitian Pada Kantor Akuntan Publik Yang Bermitra Dengan Kantor Akuntan Publik Big Four Di Wilayah DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi, 1(1), 40–69. https://doi.org/10.28932/jam.v1i1.381 Ardiyanti, Haninda Bharata, T. Y. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 03(02), 3. Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070 Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 537–539. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110 Firman Tsabbit Abqari, Edy Bambang Irawan, C. S. (2018). Media Permainan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1190–1199. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/11550/5460 Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(No. 1), 1–6. Haris Herdiansyah, M. S. (2013). WAWANCARA, OBSERVASI, DAN FOCUS GROUP (ke-2 2015). PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (ke-3). Salemba Humanika. INDONESIA., U. R. I. (2003). U.-U. R. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. 3. Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 57–58. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8 Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 3. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403 Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Permasalahan dalam soal cerita matematika adalah siswa harus memahami apa saja yang diketahui, apa saja yang ditanyakan, dan bagaimana siswa mengubah soal cerita kedalam model matematika sehingga siswa dapat menemukan cara memecahkan masalah. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2. Nurul Munawaroh, Euis Eti Rohaeti, U. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 994–1004. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1870 Prabawanto, H. S. (2008). Pembelajaran bilangan pecahan. 8–9. Prof. Dr. Emzir., M. P. (2014). metodelogi penelitian kualitatif Analisis Data. In Narratives of Therapists’ Lives. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Prof. Dr. Emzir, M. P. (1997). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. In F. I. M. Reka Studio Grafis (Ed.), Narratives of Therapists’ Lives (KE-5, Febr). PR RAJADRAFINDO PERSADA. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325 Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 168. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639 Setiawan, A. R. (2018). Máthēmatnic : Pengalaman Memandu Pembelajaran Matematika. 5. Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade SMP konten aljabar Students ’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 3. Siraj. (2014). KESULITAN SISWA DALAMMEMAHAMI KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SAWANG (Integrasi. Jurnal MAJU, 1(1), 47–66. UMAM, M. D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. MATHEdunesa, 3(3), 131–134. Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii-C Smp Negeri 13 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2606 Yamin, M. dan M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 17. Yusmin, E. (2016). KESULITAN BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN MATEMATIKA (RANGKUMAN DENGAN PENDEKATAN META- ETHNOGRAPHY). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 23. Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76–78. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509 citation: Muntazah, Afwah dan Nurafni, Nurafni (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita penjumlahan materi pecahan Pada Siswa Kelas 4 MI DARUL MU`MININ. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15369/1/FKIP_PGSD_1601025223_AFWAH%20MUNTAZAH.pdf