%I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %L repository15366 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi kahoot pada materi zat tunggal dan campuran dalam mata pelajaran IPA kelas V, serta mengetahui kelayakan produk ini sehingga dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mengacu pada lima tahapan, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan mengedarkan angket skala likert dengan skor 1-5. Uji validasi dilakukan oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi, uji kelayakan dilakukan oleh lima guru dan di uji produk oleh 149 peserta didik. Berdasarkan hasil yang terkumpul rata-rata presentase uji ahli media (90%) dengan kriteria “Sangat Valid”, ahli materi (87%) dengan kriteria “Sangat Valid”, uji kelayakan produk (92%) dengan kriteria “Sangat Baik”, dan uji produk (84%) dengan kriteria “Sangat Baik”. Demikian hasil data yang diperoleh menunjukan bahwa aplikasi kahoot layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA pada materi zat tunggal dan campuran kelas V. %A Mahfira Djannah %A Zulherman Zulherman %D 2020 %T Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot pada Materi Zat Tunggal dan Campuran