eprintid: 15363 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/63 datestamp: 2022-06-28 03:51:00 lastmod: 2022-06-28 03:51:00 status_changed: 2022-06-28 03:51:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sofyan, Desya Aryani creators_name: Susanti Murwitaningsih, Susanti creators_name: Anugrah, Devi creators_id: desyaaryanisofyan@gmail.com creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Ekosistem ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas X MIPA SMAN 5 Tambun Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sample yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Rbis sebanyak 35 soal pilihan ganda dengan 32 soal valid dan 3 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunkan rumus r11 memperoleh rhitung=0,9045. Maka data tersebut memilik instrumen yang reliabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,41, sedangkan siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,27. Uji hipotesis menggunakan uji t-test yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,47 dan ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 2,66. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIPA pada materi perubahan lingkungan dan ekosistem. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aisyah, Nyimas., dkk. 2014. Strategi Pemecahan Masalah. (Dikti, Bahan Ajar PJJ SI PGSD) Ambarsari, Wiwin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. 5(1). Arestu, Olyvia Oshi., dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. (5)2. Ariani, Duhita Septi. 2017. Pengaruh Model Mind Mapping Didikung Metode Diskusi dan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Ngadirejo Kota Kendiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia. (1)2. Arikunto, Suharsami. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara. Boston Center for Curriculum Redesign. 2015. Skills for the 21st Century: What Should Student Learn?. Boston Massachusetts. Chaudhry, Nadeem Ghafoor., dan Rasool, Ghulam. 2012. A Case Study on Improving Problem Solving Skills of Undergraduate Computer Sience Students. Journal World Applied Sciences. (20)1. Collins. 2010. Definition of Indicator. Diperoleh 18 Agustus 2019 dari http:/www.collinsdictionary.com. Fischer, Andreas. 2015. Assessing Analytic and Interactive Aspects of Problem Solving Competency. Elsevier. http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2015.02.008. Greiff, Samuel., dkk. 2013. Perspectives on Problem Solving in Educational Assesment: Analytical, Interactive, and Collaborative Problem Solving. The Journal of Probelm Solving (Spring). (5)2. Hardianty. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger dengan Model Konvensional (Ceramah) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labakkang pada Materi Sistem Pernapasan. Makassar: Skripsi UIN Alauddin Makassar. Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 57 Irianto, Dede Margo. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Hidup pada Siswa yang Mempunyai Hasil Belajar IPA Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora. (6)2. Isnaini,. dkk. 2016. Upaya Meningkatkan Kretivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Treffinger. Jurnal Didaktik Matematika. (3)1. Johnston, J. Howard., dkk. 2017. About Developing Problem Solving Skills. Journal Middle School. (12)4. Juanda, M., dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Meansends Analysis (MeA). Jurnal Kreano. (5)2. Juanti, Lisa., dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Juliyanto, E., dkk. 2013. Perkembangan Pola Pemecahan Masalah Anak Usia Sekolah dalam Memecahkan Permasalahan Ilmu Pengetahuan Anak. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1). Kemedikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta. Munandar, Utami. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta. Nasution, S. 2012. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara Novita., dkk. Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference. (13)1 Orlich, C. Donald., dkk. 2010. Teaching Strategies: A Guide to Effective Instruction. USA: United State Copyright. Permatasari, Neng Yani dan Margana, Akhmad. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika. (3)1. Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta Pratiwi., dkk. 2013. Biologi untuk Kelas SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 58 Rahmaniar., dkk. 2015. Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Barrang Lompo. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. (3)3. Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta Rodzalan, Shazaitul Azreen, dan Saat, Maisarah Mohamed. 2015. The Perception of Critical Thinking and Problem Solving Skill among Malaysian Udergraduate Student. Procedia Social and Behavioral Science. (172)2015. Salsiah, Al. 2015. Kemampuan Menyusun Hipotesis dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. (6)2. Sari, Nur Indah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Auto Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar. Jurnal Sainsmat. (5)2. Selvia, Wijayanti Ermy. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap kemampuan Pemecahkan Masalah Matematika Siswa. Jakarta: Skripsi UIN Syarief Hidayatullah. Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarli. 2018. Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 3(1). Thesaurus. 2012. Indicator. Diperoleh 18 Agustus 2019 dari http:/www.dictionary.com. Wijayanti, Amalia Putri., dkk. 2016. Perbandingan Model Group Investigation dengan Problem Based Learnig Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. (1)5. Wulansari, Dian Nurmala. 2017. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Antara Model Pembelajaran PBI dan CPS pada KonsepKeanekaragaman Hayati. Jakarta: Skripsi UIN Syarief Hidayatullah. citation: Sofyan, Desya Aryani dan Susanti Murwitaningsih, Susanti dan Anugrah, Devi (2019) Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15363/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125026_DESYA%20ARYAN%20SOFYAN.pdf