TY - THES PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15363/ AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siswa kelas X MIPA SMAN 5 Tambun Selatan pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sample yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Rbis sebanyak 35 soal pilihan ganda dengan 32 soal valid dan 3 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunkan rumus r11 memperoleh rhitung=0,9045. Maka data tersebut memilik instrumen yang reliabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,41, sedangkan siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,27. Uji hipotesis menggunakan uji t-test yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,47 dan ttabel pada taraf signifikan 1% sebesar 2,66. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIPA pada materi perubahan lingkungan dan ekosistem. A1 - Sofyan, Desya Aryani A1 - Susanti Murwitaningsih, Susanti A1 - Anugrah, Devi M1 - bachelor ID - repository15363 TI - Pengaruh Penggunaan Model Treffinger Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X MIPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Ekosistem Y1 - 2019/// ER -