eprintid: 15358 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/58 datestamp: 2022-06-28 03:34:32 lastmod: 2022-06-28 03:42:38 status_changed: 2022-06-28 03:34:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mahpudzoh, Asriyatul creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_name: Luthpi Safahi, Luthpi creators_id: asriyatulmahpudoh@gmail.com creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap keterampilan Proses Sains Siswa Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: L subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang pada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang pada bulan April – Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperiment dengan desain penelitian Postest-Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains, berbentuk pilihan ganda dengan 30 butir soal untuk mengukur kemampuan keterampilan proses sains siswa. Dengan menggunakan 6 indikator keterampilan proses sains yaitu mengamati, klasifikasi, komunikasi, interpretasi, prediksi dan mengajukan pertanyaan. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata indikator KPS observasi yaitu 88%, klasifikasi 76%, prediksi 82%, interpretasi 73%, mengkomunikasikan 72%, dan mengajukan pertanyaan 68%. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata indikator KPS observasi 54%, klasifikasi 72%, prediksi 60%, interpretasi 65%, mengkomunikasikan 61% dan mengajukan pertanyaan 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kemampuan keterampilan proses sains kelas eskperimen memperoleh nilai 74,69 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 64,44. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan a=1% diperoleh thitung=4,39>t(0,99)=2,38 yang berarti Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan ekosistem. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Af’idayanii, N., Setiadi, I., & Fahmi. (2018). The Effect of Inquiry Model on Science Proces Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies. 4(12), 177-182. doi: 10.5281/zenodo.1344846. Amri, S. & Ahmadi, I, K. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya. Andini, T. E., et all. (2018). Scientific Process Skills : Preliminary Study Towards Senio High School Student in Palembang. Indonesian Journal of Biology Education. 4(3), 243-250. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi Ariani, Tri. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 06(2), 169-177. DOI:10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802. Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Aydogdu, Bulent. (2015). The Investigation of Science Process Skills of Science Teacher inin Term of Some Variables. Academic Journals. 10(5), 582-594. Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Elvanisi, Ade., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(2), 245-252. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi. Erina, Richie., & Heru, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika di 73 SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(2), 202–211. website: http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi. Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta : Penerbit Ombak. Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar- Ruzz Media. Idiege, et all. (2017). Development of Science Process Skills among Nigerian Secondary School Science Students and Pupils. International Journal of Chemistry Education. 1(2), 013-021. Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta. Khoiri, A., & Supriyanti. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Teams Assisted Individualization. Jurnal Science Education. 1(2), 52-63. http://doi.org/10.21070/sej.v1i2.1183. Puspitasari ,B. L., Purwoko, A. A., & Muntari. (2018). Effect of Cooperative Learning Model of Team Assisted Individualization On Critical Thinking Ability. Journal of Research & Method in Education. 8(1), 79-82. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (kedelapanb). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Putri ,R. A., & Yonata, B. (2018). Implementation of Cooperative Learning Model Tipe Team Assisted individualization to Trace The Science Process Skills Of Chemistry Equilibrium Materials. Jurnal Unesa Pendidikan Kimia. 07(2), 98-104. Razaq, M. F., & Muchlis. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis Savi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mateir Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN Jogoroto Jombang. Unesa Journal of Chemical Education. 7(33), 415-421. Rudi, La. (2017). Application of Teaching Model of Team Assisted Individualization [TAI] In Basic Chemistry Courses in Students of Forestry 74 and Science of Environmental Universtias Halu Oleo. International Journal of Education and Research. 5(11), 69-76. Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang. Siregar , Z. A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisisted Individualization (TAI) dengan Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bilah Hilir. Jurnal pembelajaran dan Biologi. 2(1), 43 – 46. http://jurnal.stkiplabuhanbatu. ac.id/index.php/JPBN. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sudiarman., W, Soegimin., & Susantini, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Terbimbing untuk Melatih Keterampilan proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Topik Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 4(2), 658-671. Sirajuddin, S., Rosdianto, Haris., & Sulistri, E., (2018). Penerapan Model REACT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Arus Listrik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. 4(1), 17-22. DOI: 10.2572/jpfk.v4i1.2011. Sunyono, S. (2018). Science Process Skills Characteristics of Junior High School Students in Lampung. European Scientific Journal. .14(10), 1857 – 7881. Doi: 10.19044/esj.2018.v14n10p32 Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Graha Ilmu. Tania, Bella & Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Gravity. 3(1), 66-79. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity. 75 Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Impelemntasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarata: Bumi Aksara. Ware, K., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemapuan Berfikir Anakitis dan Keterampilan Proses Sains Pesert Didik SMA. Jurnal Tadris Kimiya. 3(1), 42-51. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/index. Yusuf, M., Wulan, A. R., (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. 1(2), 19- citation: Mahpudzoh, Asriyatul dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap keterampilan Proses Sains Siswa Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15358/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125018_ASRIYATUL%20MAHPUDZOH.pdf