eprintid: 15353 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/53/53 datestamp: 2022-06-28 02:58:07 lastmod: 2022-06-28 02:58:07 status_changed: 2022-06-28 02:58:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prehatin, Dimas Pujo creators_name: Romadhan, Said creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: saidromadlan@uhamka.ac.id creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id title: Audit Komunikasi Kampanye Stop Kekang Kukang Pada Komunitas Kukangku Melalui Media Sosial Instagram Kukangku ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Perdagangan dan pemeliharaan satwa liar belakangan ini sangat marak salah satunya buat yang diperdagangkan adalah kukang permasalahan ini berfokus pada kampanye Stop Kekang Kukang yang dilakukan oleh komunitas Kukangku, kampanye ialah memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak membeli dan memelihara kukang. Peneliti ingin memahami proses audit komunikasi kampanye Stop Kekang Kukang dan mengevaluasi setiap program kampanye ini. Peneliti menggunakan model kampanye Ostergard untuk melihat cara juru kampanye mengemas pesan-pesan yang disebarluaskan kepada khalayak luas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Tahapan Perubahan yaitu melihat sejauhmana pesan ini menjawab seberapa peduli dan tersadarnya khalayak terhadap suatu informasi yang dikampanyekan oleh kukangku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, metodenya studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini proses audit komunikasi kampanye stop kekang kukang sesuai dengan perencanaan dan kerja target kampanye, melalui pendekatan efektivitas kampanye menjelaskan kampanye ini berjalan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Adapun kontribusi dalam penelitian ini, memberikan pengetahuan kepada masyrakat luas tentang menjaga keberlangsungan hidup satwa liar khususnya kukang. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Badndung: PT Simbiosa Rekatam Media. Ardianto, Elvanaro, Lukita komala & Siti karlinah.2015. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada. Bungin, Burhan. 2004. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hafied Cangara. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi:Teori dan Praktek, Jakarta. PT Grasindo. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada MEDIA GROUP. Liliweri, A. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Mohammed Rosli dan Bugin Burhan. 2015.Audit Komunikasi, Pendekatan dan Metode Asesmen Sistem Informasi Komunikasi dalam Organiasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Morrisan.2009. Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Pace, R. Wayne and Faules, Don F. 2000. Komunikasi Organisasi. Bandung. Rosdakarya. Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia. Ruslan Rosady. 2007. Kiat kampanye public relation. Jakarta : PT Raja Grafindo Sugiyno. 2005. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Syamsul, Romli. 2012. Jurnalistik online:Panduan Mengelola Media Online. Bandung:Nuansa Cendikia. Vardiansyah, Dani. 2004 Pengantar Ilmu Komunikasi:Pendekatan Taksonomi Konseptual. Bogor. PT Ghalia Indonesia Venus, Antar. 2007. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. West, Richard dan Lynn H. Turner. 2007. Pengantar Teori Komunikasi Edisi 3: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Jurnal: Ramdani Dian, Puji Lestari & M. Edy Susilo.2015. Audit Komunikasi Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). Yogyakarta: Universitas Pembangunan Negara “Veteran” SKRIPSI: Emilia, Johari. 2016. Audit Komunikasi Program Kampanye EARTh HOUR WORLD WILDLIFE FUN For Nature Indonesia. Serang: Universitas Ageng Tirtayasa. Ginting, Fandi Permana. 2015. Audit Komunikasi Kampanye Stop Konsumsi Sirip Hiu Pada Komunitas Save Shark Indonesia. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Kharisma, Gagah Purbaya. 2013. Audit Komunikasi Kampanye Program Stop Buang Air Besar Sembarangan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. Serang: Universitas Ageng Tirtayasa. Nur, Fithri Amalia. 2012. Kampanye Public Relation Dalam Membentuk Sikap Pada Kampanye Stop Trafficking Of Children And Young People. Jakarta: Universitas Indonesia Laman: http://Instagram/kukangku.com diakses pada 8 Januari 2017, pukul 16:00wib http://kukangku.org diakses pada 7 Januari 2017, pukul 13:00wib http://wwf.or.id diakses pada 10 Januari 2017, pada pukul 15:00wib http://facebook.com/kukangkufanpage diakses pada 11 Januari 2017, pada pukul 20:00wib http://facebook.com/IARIndonesia diakses pada 11 januari 2017, pada pukul 20:15wib www.kbbi.web.id http://www.profauna.net/id/tentang-profauna/apa-itu-profauna diakses pada 7 Januari 2017. http://wikidpr.org/news/perburuan-perdagangan-ilegal-satwa-langka-rapatkomisi- 4-dengan-menteri-lingkungan-hidup-kehutanan diakses pada 7 januari 2017 http://pemerintah.net/keterbukaan-informasi-publik-pemerintah/ tanggal akses 13 Januari 2017). http://komisiperlindungansatwalangka.blogspot.co.id/2015/01/undang-undangdan- sanksi-satwa-langka.html diakses pada 7 Januari 2017 citation: Prehatin, Dimas Pujo dan Romadhan, Said dan Wahdiyati, Dini (2017) Audit Komunikasi Kampanye Stop Kekang Kukang Pada Komunitas Kukangku Melalui Media Sosial Instagram Kukangku. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15353/1/FISIP_ILKOM_1306015035_Dimas%20Pujo%20Prehatin.pdf