eprintid: 15344 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/53/44 datestamp: 2022-06-27 08:10:56 lastmod: 2022-06-27 08:10:56 status_changed: 2022-06-27 08:10:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sofiyan, Ahmad creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Evaluasi Proses Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Negeri Pondok Pucung 02 Dengan Model Cipp ispublished: pub subjects: C1 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Dan Mendeskripsikan Capaian Program Gerakan Literasi Sekolah Selama 2 Tahun Berjalan. Penelitian Ini Menggunakan Model CIPP, Yaitu Context, Input, Process Dan Product Sebagai Alat Melakukan Evaluasi, Tetapi Ditekankan Pada Tatanan Proses. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Evaluation Research Dengan Menggunakan Pendekatan Kualitatif. Pengumpulan Data Pada Proses Evaluasi Yaitu Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Hasil Evaluasi Menunjukkan Bahwa Program Gerakan Literasi Sekolah Di SD Negeri Pondok Pucung 02 Telah Terselenggara Pada Kategori Sedang Yakni Pada Tahapan Proses. Berdasarkan Hasil Evaluasi Tersebut Dapat Diputuskan Bahwa Program Gerakan Literasi Sekolah Dilanjutkan Pelaksanaannya Karena Mampu Memberi Manfaat Untuk Peserta Didik, Masyarakat Dan Khususnya Kepada Sekolah Dalam Melaksanakan Misi Sehingga Tercapainya Tujuan Sekolah. Melihat Dari Prosesnya, Beberapa Komponen Telah Memenuhi Syarat Dan Sudah Jelas Mengenai Regulasi Kebijakan, Kebutuhan Sekolah, Tujuan Sekolah Dan Beberapa Program Penunjang Dalam Kegiatan Literasi Yakni 15 Menit Membaca, Pojok Baca Dan Kunjung Perpustakaan. Ketidaktercapaian Terjadi Pada Kualifikasi Guru, Terdapat 7 Guru Yang Belum Memiliki Kualifikasi S1 Sarjana Pendidikan Dan Masih Ada Beberapa Guru Yang Mengajar Tidak Sesuai Dengan Profesinya, Pengadaan Buku Bacaan Yang Update Belum Memadai Serta Peran Perpustakaan Yang Kurang Aktif. Mengenai Kebermanfaatan Program, Tentunya Sangat Membantu Bagi Sekolah Mengoptimalkan Misi Sekolah Dan Meningkatnya Kemampuan Peserta Didik, Ditandai Dengan Keikutsertaan Peserta Didik Dalam Kompetisi Dalam Maupun Luar Sekolah Yang Menghasilkan Beberapa Juara. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abidin, Yunus dkk, Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara, 2017. Bastian, Indra. Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik. Jakarta: Erlangga, 2007. Chatib, Munif. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa, 2011. Faizah, Dewi Utama dkk. Panduan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016) Gong, Gol A dan Agus M. Irkham, Gempa Literasi Dari Kampung Untuk Nusantara. Jakarta: PT. Gramedia, 2012. Gunarsa, Singgih D. Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Dalam Foster dan Purves, Literacy And Society With Particular Reference To Non Western Word. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2004. H. Tobari. Evaluasi Soal-Soal Penerimaan Pegawai Baru Dilengkapi Dengan Hasil Penelitiannya. Yogyakarta: Deepublish, 2015. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gerakan Indonesia Membaca: “Menumbuhkan Budaya Membaca” 2016. diakses dari: https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8459.html pada tanggal 2 November 2017 Kalida, Muhsin dan Moh. Mursyid, Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Cakruk publishing, 2014. Kern, Richard. Literacy and Language Training. Oxford: Oxford University Press, 2000. Makhrus dan Putri Dwi Cahyani, “Upaya Mengoptimalkan Gerakan Literasi Pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas” Islamadina , Vol XVIII No. 2 Juni 2017. Maulana, dkk. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2015 M. Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Novia, Dyah Ratna Meta. Rendah Minat Baca Indonesia. 2017. diakses dari: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/08/05/ou6a6i313-rendah-minat-baca-indonesia pada 27 Oktober 2017. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Purwo, Suciati “Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif di Sekolah Dasar” Vol. 3 Nomor 1 Maret 2017. Rohanda dkk, “Apresiasi Orangtua Siswa Terhadap Program Gerakan Literasi Sekolah,” dalam Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. Jurnal Universitas Padjadjaran. (2016) dari jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/prosidingkom/article/view/217 (diakses 6 November 2017) Sary, Yessy Nur Endah. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2012. Sudaryono. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015. Sulistyo, Andi. “Evaluasi Program Budaya Membaca Di Sekolah Dasar Negeri”, Manajemen Pendidikan. Vol: 4 No.1 Januari-Juni 2017. Sumardi, Pengembangan Profesionalisme Guru MGMP. Yogyakarta: Deepublish, 2016. Supiandi, Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. (Kegiatan Simposium Guru Tahun 2016 Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia). Bangka Selatan, 2016. Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Wiedarti, Pangesti dkk. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016). Wirawan. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi Dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012. Yusuf, A Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017. citation: Sofiyan, Ahmad dan lismawati, lismawati (2018) Evaluasi Proses Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Negeri Pondok Pucung 02 Dengan Model Cipp. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15344/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%20407015009_%20Ahmad%20Sofiyan.pdf