eprintid: 15343 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/43 datestamp: 2022-06-27 08:15:43 lastmod: 2022-06-27 08:15:43 status_changed: 2022-06-27 08:15:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiani, Nanda creators_name: Erwin, Erwin creators_id: nandaseptiani1212@gmail.com title: Pengaruh Metode Pembelajaran Demosntrasi Terhadap Hasil Belajar IPA materi Siklus Air Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada peserta didik kelas V SDN harapan Mulya II pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 20 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,90 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Kontrol post test LO < LT yaitu 0,156 < 0,173, dan kelas eksperimen Post-test Lo < Lt yaitu 0,143 < 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 1,14 < 1,98, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung > Ttabell yaitu 4,281 > 2,064. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi Siklus Air peserta didik kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi Siklus Air peserta didik kelas V SD Harapan Mulya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS. Andi Thahir. Anisa Marwani,Dkk,. 2019. Efektifitas metode demonstrasi membantu alat papan multiplikasi untuk memahami konsep matematika di bandar lampung. Jurnal: Universitas Islam negeri Raden Inten Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Medi Group. Baharuddin, Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Creswell, John W. 2015. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Pendidikan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan RI: 2003. Departemen Pendidikan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi. Jakarta: Kementrian Pendidikan RI: 2006. Karwono, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran:Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers. Nuri Ramadhan,edi surya. 2017. Penerapan metode demosntrasiuntuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasikan banyak angka dengan menggunakan objek beton. Jurnal: Medan: Pendidikan matematika pasca sarjana universitas negeri Medan Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group. Priansa. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Riadi, Edi. 2015. Metode Statistika: Parametrik & Nonparametrik. Tanggerang: Pustaka Mandiri. Roestiyah. N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Widya Wati. 2010. Konsentrasi Pendidikan Fisika. Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang. Padang: UNP PRESS. Winataraputra, Udin S., Dkk. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka Press. Yanti, Prima Gusti, Dkk,. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Makalah dan Artikel. Jakarta: Uhamka Press. Zainal Aqib. 2013. Model-Model dan Media dan Stratrgi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya. citation: Septiani, Nanda dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Demosntrasi Terhadap Hasil Belajar IPA materi Siklus Air Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15343/1/FKIP_PGSD_1601025214_NANDA%20SEPTIANI.pdf