TY - THES TI - Pengaruh Metode Pembelajaran Demosntrasi Terhadap Hasil Belajar IPA materi Siklus Air Peserta Didik Kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi ID - repository15343 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15343/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka A1 - Septiani, Nanda A1 - Erwin, Erwin AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada peserta didik kelas V SDN harapan Mulya II pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 20 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,90 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Kontrol post test LO < LT yaitu 0,156 < 0,173, dan kelas eksperimen Post-test Lo < Lt yaitu 0,143 < 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 1,14 < 1,98, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung > Ttabell yaitu 4,281 > 2,064. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi Siklus Air peserta didik kelas V SDN Harapan Mulya II Bekasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar IPA materi Siklus Air peserta didik kelas V SD Harapan Mulya. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -