eprintid: 15342 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/42 datestamp: 2022-06-27 07:59:48 lastmod: 2022-06-27 07:59:48 status_changed: 2022-06-27 07:59:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhanti, Mutiara Purnama creators_name: Supriansyah, Supriansyah creators_id: purnama.ramadhanti@gmail.com creators_id: supriansyah@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Untuk Kelas V di SDN Mangun Jaya 01 Bekasi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan aplikasi Ilmu Pengetahuan Alam dalam materi Siklus Air berbasis Augmented Reality untuk peserta didik pada tingkat sekolah dasar, (2) Untuk mengetahuai kualitas produk media pembelajaran Siklus Air berbasis Android untuk peserta didik tingkat sekolah dasar yang layak digunakan dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Aspek-aspek yang digunakan untuk uji media pada tahap uji lapangan meliputi kemampuan untuk dapat dilaksanakan (implementability), kesinambungan (sustainability), kecocokan dengan lingkungan (appropriateness), penerimaan dan kemenarikan (acceptance and attractiveness), dan efektivitas (effectiveness). Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality (AR) versi Android untuk materi siklus air dapat diterima dengan baik dan dinilai dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran IPA di kelas 5. Media pembelajaran AR versi Android untuk materi siklus air secara efektif dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya pada saat pembelajaran online. Melalui media tersebut, siswa dapat terbantu untuk memahami materi siklus air dengan baik, dan guru dapat terbantu untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adelina, H. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi. Arifitama, B. (2017). Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. ANDI. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6 Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792 Imamah. (2016). Pemrograman Berbasis Mobile Menggunakan Android Studio. Deepublish. Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543 Lafina. (2003). Pentingnya Dalam Kehidupan Manusia. CV Budi Utama. Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014 Nasution, M. I. P. (2016). Strategi PembelajaranEfektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(01), 1–14. Nunuk, S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT. Remaja Rosdakarya. Pribadi. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Kencana. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 4-6–43. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797 Rima, W. E. (2016). Ragam Media Pembelajaran (J. Adi (ed.)). Kata Pena. Savitri, F. A., & Setiawan, D. (n.d.). Pengembangan buku menggambar ilustrasi. 8(2), 174–179. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu. Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Bumi Aksara. Zulkardi. Formative Evaluation: What, Why, When, and How. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. 5 Juli 2020. citation: Ramadhanti, Mutiara Purnama dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Untuk Kelas V di SDN Mangun Jaya 01 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15342/1/FKIP_PGSD_1601025208_MUTIARA%20PURNAMA%20RAMADHANTI.pdf