eprintid: 15341 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/41 datestamp: 2022-06-27 08:08:55 lastmod: 2022-06-27 08:09:08 status_changed: 2022-06-27 08:08:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriana, Ariyani creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Susilo, Susilo creators_id: ariyanifitriana47@gmail.com creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: susilo@uhamka.ac.id title: Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA. ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: sch_bio abstract: Keterampilan proses sains merupakan informasi tentang pencapaian keterampilan dasar dan penting bagi siswa, sehingga keterampilan proses sains perlu diukur dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem. Waktu penelitian yang dilakukan mulai bulan maret 2019 sampai juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dipilih dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Pengambilan data posttest dilakukan diakhir pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 77.53 sedangkan kelas kontrol sebesar 71.11. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle. Analisis data melalui uji hipotesis diperoleh thitung(3,71) dan ttabel (2,666) pada taraf signifikan a=1% sehingga diperoleh thitung>ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abungu, H. E., Okere, M. I. O., & Wachanga, S. W. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 5(15), 42–49. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p359 Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Aswan, Z., & Syaiful, B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Aunurrahman, M. P. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Bundu, D. P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Departmen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Carin, A. (1997). Teaching Modern Science. New Jersey: Merril Publishing Company. Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193–200. Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Febriana, M., Al Asy’ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879 Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, U. (2005). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju. Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama. Junaidi, N. S., Asra, A., Syahropi, H., & Fauzi, A. (2019). The effect of implementation of pictorial riddle strategy to increase the absorption and understanding of the concept of civil engineering in the course engineering physics. Journal of Physics: Conference Series, 1185, 012064. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012064 83 Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Aplikasi dan Konsep. Bandung: PT. Refika Aditama. Kristianingsih, D., Sukiswo, S., & Khanafiyah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 10–13. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi/article/view/1095 Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9–21. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ngalimun, N. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo. Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., … Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003 Purwanto, J., & Hasanah, B. U. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Dengan Konten Integrasi-Interkoneksi Pada Materi Suhu Dan Kalor Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. J. Kaunia, 9(2), 117–127. Purwanto, N. (2013). Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rosen, R. (1972). On The Relation Between Structural and Functional Descriptions of Biological Systemst. 3, 107–111. Rusman, R., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Bandung: Rajawali Pers. Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press. Sa’diyah, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2017). Analysis of students’ difficulties on the material elasticity and harmonic oscillation in the inquiry - based physics learning in senior high school. International Journal of Science and Applied Science, 2(1), 64–66. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16698 Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 84 Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sudirman, N. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya. Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. Sukardi, P. D. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD pada Materi Pelestarian Lingkungan. 2(1), 331–340. Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Saran Siswa untuk Melatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. 2(2), 49–57. Susilawati, F., & Darmadi, I. W. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Metode Pictorial Riddle dan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Inquiry Terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negei 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1. Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica. Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Warianto, C. (2011). Biologi Sebagai Ilmu. Diakses melalui: skp. unair. ac. id/BiologiSebagai Ilmu_ChaidarWarianto_25 …. Yunita, Y., Syuaib, M. Z., & Taufik, M. (2018). Perbedaan Hasil Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle bagi Siswa SMP Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(1), 36. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.286 Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). Pengembangan Tes Keterampilan Proses 85 Sains Materi Fluida Statis Kelas X SMA/MA. IV, 5–10. Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.5430/wje.v5n1p13 citation: Fitriana, Ariyani dan Meitiyani, Meitiyani dan Susilo, Susilo (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15341/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125015_ARIYANI%20FITRIANA.pdf