eprintid: 15339 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/39 datestamp: 2022-06-27 07:55:36 lastmod: 2022-06-27 08:01:31 status_changed: 2022-06-27 07:55:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmandaning, Mifta creators_name: Abdullah, Kusmajid creators_id: miftarachman87@gmail.com creators_id: cak_kuze@uhamka.ac.id title: Perbedaan Model Problem Based Learning Dengan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimen Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji Validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal Valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabell yaitu 0,931 > 0,413, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen I Problem Based Learning Lo < Lt yaitu 0,071< 0,185, dan Kelas Eksperimen II PJBL LO < Lt yaitu 0,138 < 0,189, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,04 < 2,07 , maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data IVarians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung> Ttabel yaitu 2,666 >2,021. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan model Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar PPKn peserta didik kelas IV di SD Muhamamdiyah 3 Matraman Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Acep . (2018). Perbandingan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKN. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 1 Afandi, Muhamad, Evi Chamalah dan Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press. Astina, Komang, Fatchan dan Yullianto, Aris.2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 3 Atun, Isrok, Jayadinata, Kurnia Asep dan Abdulrrozak, Rizal. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016) 871 Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. Handayani, Dina Rif‟ati, Subiki dan Kristanti, Dyah Yulita. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Pembelajaran Fisika Disma Vol. 5 No. 2, Indrawati. 2011. Model-Model Pembelajaran Implementasinya Dalam Pembelajaran Fisika Modul Penulis. Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Pendidik. Jakarta: Kata Pena. Kaniah. 2017. 9 Metode Pembelajaran Efektif & Menyenangkan. Khulqo. Ehsana El. (2017). BelajarDan Pembelajaran Konsep Dasar.Yogyakarta: Pustaka Belajar. Kurniawan, Daniel, Evi Susari, dan Esema. 2012. Problem Based Learning. Satya Widya, Vol. 28, No.2. Khanifah, Nur Linda. 2018. Pengaruh Pengguanaan Model Project Based Learning dan keterampilan kolaborasi Belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pada Tema Cita-Citaku. Maharani, Risqi Hevy.2014.Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statistika SMP Volume 2 Nomor 2. Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jakarta: Misyakat. Vol. 3, No 1 Nila, Kesumawati dkk. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Nurrohman, Sabar. 2013. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Pendidik Fisika. Nurdyansyah dan Fahyuni, Fariyatul Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo. Nizamia Learning Center. Parwati. dkk (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers. Puspita Sari, Dewi. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu. familia (group relasi inti media). Rusman. 2014. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada. Riyadi, Edi.2015.Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik.Jakarta: Pustaka Mandiri. Soimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA. Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta Sumantri, Syarif Mohamad.(2016).Strategi Pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sinar, Mag. 2018. metode active learning upaya peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar: Deeppubllish CV Budi Utama. Saleh,Marhamah. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktina vol . xiv No. 1 Sudirman, Farida.2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Materi Kalor Berbasis Etnosains untuk meningkatkan Minat Belajar Peserta didik XI MAN Baraka. Saifudin dan Ulfa, Maria.2018.Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, Vol. 30, No. 1 Tabany, Al Trianto Ibnu Badar. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kharisma Putra Utama. Yunin Nurun Nafiah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1. Yazidi, Akhmad. 2013. Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (Understanding Of Model Of Teaching In Curiculum 2013). Winataputra, S Udin.2016. Posisi Akademik Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanDan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional Vol 1, No.1 Wahyu, Rahmah.2016. Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013 Teknoscienza Vol.1 No.1 citation: Rachmandaning, Mifta dan Abdullah, Kusmajid (2020) Perbedaan Model Problem Based Learning Dengan Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15339/1/FKIP_PGSD_1601025205_MIFTA%20RACHMANDANING.pdf