eprintid: 15333 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/33 datestamp: 2022-06-27 07:30:18 lastmod: 2022-06-27 07:30:18 status_changed: 2022-06-27 07:30:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rivaldy, Angga creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan ispublished: pub subjects: L1 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung=0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitungttabel 2,390 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. yusuf.staff.ub.ac.id Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. In Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA (pp. 151-160). Semarang Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH. Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–308. Journal.walisongo.ac.id Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. www.juliwi.com Fitriyah, N., Hariani, S. A., & Fikri, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Ipa Biologi. Jurnal Edukasi, 11(2), 44–50. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah-101810401034.pdf?sequence=1 Hariawan, Kamaluddin, & Wahyono, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(2), 48–54. Jurnal.untad.ac.id Harisuddin, M. I. 2019. Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma. Indayatmi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Analisis Titrimetri Melalui Model Creative Problem Solving Pada Peserta Didik SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 88–99. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Pengetahuan 49 Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. In FMIPA Undiksha (pp. 69–73). Ejournal.undiksha.ac.id Isrok’atun, Hanifah, A., & Sujana, A. 2018. Melatih Kemampuan Problem Posing melalui Situation-Based Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press. Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS, 1(2), 24–30. https://jurnal.unma.ac.id Jatmiko. (2017). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20. https://www.researchgate.net/publication/325606109_KESULITAN_SISWA_DALAM_MEMAHAMI_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA Jumiati, Sari, M., & Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (Nht) Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VII SMP Sei Putih Kampar. Jurnal Lectura, 2(2), 161-185. www.unilak.ac.id Khosim, Noer. 2017. Model-Model Pembelajaran. Surabaya: Suryamedia Publishing. Luzyawati, L. (2018). Pengaruh Model Problem Based Instruction Pada Konsep Pencemaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Bioma, 7(1), 14–28. Journal.upgris.ac.id Manurung, T. W. H., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Al Hidayah Medan. Memathematic Education, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/321833110 Parwati, N. N. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP Di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 612–622. https://ejournal.undiksha.ac.id Pepkin, K. L. (Tanpa Tahun). Creative Problem Solving in Math. Permana, E. P. (2018). Efektifitas Model Creative Problem Solving Dengan Media Teka-Teki Silang Daun Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 101. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1441 50 Purwanto, M. N. 2013. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29–37. https://jurnal.institutpendidikan.ac.id Ratnawulan, E., Rusdiana, H. A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal RAUDHAH, 5(2), 1–21. Jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id Rusman. (n.d.). Pendekatan Dan Model Pembelajaran. In Kurikulum Pembelajaran (pp. 1–53). Safari. 2004. TEKNIK ANALISIS BUTIR SOAL INSTRUMEN TES DAN NON-TES Dengan Manual, Kalkulator, Dan Komputer. Jakarta: Assosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. Sagita, I., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Creative Problem Solving Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 1–6. https://ejournal.unib.ac.id Saryantono, B. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Adiguna Bandar Lampung Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (pp. 61–67). https://jurnal.fmipa.unila.ac.id Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. jurnalmtk.stkip-garut.ac.id Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(2), 63-73. https://ejournal.undiksha.ac.id Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 51 Udiyah, I. N. M., Pujiastutik, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban (pp. 540-544). https://jurnal.uns.ac.id Winataputra, Udin. S. 2004. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Yusnita, Ani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Raden Intan: Lampung. Zulyadaini. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 83-89. Dikdaya.unbari.ac.id citation: Rivaldy, Angga dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15333/1/FKIP_PENDIDIKAN%20BIOLOGI_1501125008_ANGGA%20RIVALDY.pdf