@phdthesis{repository15333, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, year = {2019}, author = {Rivaldy, Angga and Amirullah, Gufron and Mayarni, Mayarni}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15333/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung=0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung{\ensuremath{<}}X20,99(3), kelompok eksperimen diperoleh 4,62{\ensuremath{<}}11,3 dan kelompok kontrol 10,55{\ensuremath{<}}11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung1,01{\ensuremath{<}}ftabel2,38 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,75{\ensuremath{>}}ttabel 2,390 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta.} }