eprintid: 15324 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/24 datestamp: 2022-06-27 06:42:36 lastmod: 2022-06-27 06:42:36 status_changed: 2022-06-27 06:42:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maulina, Syahra creators_name: Chandrawaty, Chandrawaty creators_id: maul.syahra@gmail.com creators_id: chandrawaty@uhamka.ac.id title: Pengaruh Program Belajar Dari Rumah Oleh Sekolah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Prestasi Depok, Jawa Barat ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh program belajar dari rumah oleh sekolah terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Asosiatif. Penelitian dilakukan di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. Sampel dari penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. Kuesioner disebarkan kepada guru dan orang tua/wali murid di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14,4% variabel (x) Belajar dari Rumah mempengaruhi variabel (y) Perilaku Prososial anak usia 5-6 tahun di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfiyah, S., & Martani, W. (2016). Validasi Modul Bermain Peran “Aku Sayang Kawan” untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(2), 120–137. https://doi.org/10.22146/GAMAJPP.9214 Alinurdin, A., & Rahayu, Y. M. (2018). Pengaruh Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 1. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i1.y2017.p1-14 Amilia, S., Bulan, T. P. L., & Rizal, M. (2018). Pengaruh Melek Finansial, Sosialisasi Orang Tua, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 97–107. Amiruddin, B. (2020). PERSEPSI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH. As-Salam, Jurnal No, Vol Juni, Januari Tenaga, Persepsi Dan, Pendidik Kependidikan, Tenaga, 4(1), 28–36. Amrullah. (2020). Pembentukan Karakter Jujur dan Sabar Anak Usia Dini Persfektif Al Qur’an. El-Moona, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), h.78. Azwar, S. (2012). Realibilitas dan Validitas (4th ed.). YOGYAKARTA: Pustaka Belajar. Azwar, Saifudin. (2016). Realibilitas dan Validitas (4th ed.). YOGYAKARTA: Pustaka Pelajar. Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92. https://doi.org/10.32533/01103.2017 Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Assesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdyakarya. Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.29210/112000 Brigham, J. C. (1991). Social Psychology Subsequent Edition (2nd ed.). Harpercollins College Div; Subsequent edition. Darmayanti, N. W. ., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206 Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Dwi Pratama, B. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 25. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.792 Eysenck, M. W., & Eysenck, M. W. (2018). Prosocial behaviour. Simply Psychology, (February), 210–225. https://doi.org/10.4324/9781315517933-17 Farida, N., & Friani, D. A. (2018). Analisis Manfaat Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 007 Gandu Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Seminar Nasional Multidisiplin. Hadiyati, E. W. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 19. Helmawaty. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis (Cetakan 1). Remaja Rosdyakarya. Heri Dwiyanto. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9. Husna, A., & Suryono, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN DAN STATISTIK. I Ketut Sudarsana, Janner Simarmata, I Putu Hendra Yogi Swasgita, Ni Putu Suciati, I Made Rudiadnyana, Kartika Buana RN, P. K. N. A. (n.d.). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Indah Fajrotuz Zahro. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Teknik Islamic Storytelling Finger Doll. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 80–95. Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Covid-19 Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020. (15). Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. (09), 1–12. Kompas. (2020). Kompas. Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. Liputan 6. (2020). No Title. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120 Matondang, Z. (2009). Pengujian Homogenitas Varians Data. Taburlaasa PPS UNIMED, 22(1), 1–12. Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43. MUNDIR. (2012). STATISTIK PENDIDIDIKAN (1st ed.; Muhibbin & H. Hasanah, Eds.). https://doi.org/10.31219/osf.io/v3n9h Nasrun, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Denpasar Bali: Jayapangus Press. Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048 Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tanggerang Selatan: tanggerang Selatan : Universitas Terbuka. Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El- Psychology, (February), 210–225. https://doi.org/10.4324/9781315517933-17 Farida, N., & Friani, D. A. (2018). Analisis Manfaat Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 007 Gandu Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Seminar Nasional Multidisiplin. Hadiyati, E. W. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 19. Helmawaty. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis (Cetakan 1). Remaja Rosdyakarya. Heri Dwiyanto. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9. Husna, A., & Suryono, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN DAN STATISTIK. I Ketut Sudarsana, Janner Simarmata, I Putu Hendra Yogi Swasgita, Ni Putu Suciati, I Made Rudiadnyana, Kartika Buana RN, P. K. N. A. (n.d.). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Indah Fajrotuz Zahro. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Teknik Islamic Storytelling Finger Doll. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 80–95. Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Covid-19 Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020. (15). Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. (09), 1–12. Kompas. (2020). Kompas. Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. Liputan 6. (2020). No Title. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120 Matondang, Z. (2009). Pengujian Homogenitas Varians Data. Taburlaasa PPS UNIMED, 22(1), 1–12. Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43. MUNDIR. (2012). STATISTIK PENDIDIDIKAN (1st ed.; Muhibbin & H. Hasanah, Eds.). https://doi.org/10.31219/osf.io/v3n9h Nasrun, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Denpasar Bali: Jayapangus Press. Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048 Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tanggerang Selatan: tanggerang Selatan : Universitas Terbuka. Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Psychology, (February), 210–225. https://doi.org/10.4324/9781315517933-17 Farida, N., & Friani, D. A. (2018). Analisis Manfaat Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 007 Gandu Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Seminar Nasional Multidisiplin. Hadiyati, E. W. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 19. Helmawaty. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis (Cetakan 1). Remaja Rosdyakarya. Heri Dwiyanto. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9. Husna, A., & Suryono, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN DAN STATISTIK. I Ketut Sudarsana, Janner Simarmata, I Putu Hendra Yogi Swasgita, Ni Putu Suciati, I Made Rudiadnyana, Kartika Buana RN, P. K. N. A. (n.d.). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Indah Fajrotuz Zahro. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Teknik Islamic Storytelling Finger Doll. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 80–95. Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Covid-19 Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020. (15). Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. (09), 1–12. Kompas. (2020). Kompas. Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. Liputan 6. (2020). No Title. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120 Matondang, Z. (2009). Pengujian Homogenitas Varians Data. Taburlaasa PPS UNIMED, 22(1), 1–12. Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43. MUNDIR. (2012). STATISTIK PENDIDIDIKAN (1st ed.; Muhibbin & H. Hasanah, Eds.). https://doi.org/10.31219/osf.io/v3n9h Nasrun, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Denpasar Bali: Jayapangus Press. Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048 Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tanggerang Selatan: tanggerang Selatan : Universitas Terbuka. Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Psychology, (February), 210–225. https://doi.org/10.4324/9781315517933-17 Farida, N., & Friani, D. A. (2018). Analisis Manfaat Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU 007 Gandu Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Seminar Nasional Multidisiplin. Hadiyati, E. W. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 19. Helmawaty. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis (Cetakan 1). Remaja Rosdyakarya. Heri Dwiyanto. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019, 1–9. Husna, A., & Suryono, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN DAN STATISTIK. I Ketut Sudarsana, Janner Simarmata, I Putu Hendra Yogi Swasgita, Ni Putu Suciati, I Made Rudiadnyana, Kartika Buana RN, P. K. N. A. (n.d.). Teknologi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Indah Fajrotuz Zahro. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Teknik Islamic Storytelling Finger Doll. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 80–95. Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Covid-19 Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020. (15). Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Jendral No. 15 Tahun 2020. (09), 1–12. Kompas. (2020). Kompas. Lestari, R. (2013). Keluarga: Tempat Proses Belajar Perilaku Prososial. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 61–73. Liputan 6. (2020). No Title. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120 Matondang, Z. (2009). Pengujian Homogenitas Varians Data. Taburlaasa PPS UNIMED, 22(1), 1–12. Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43. MUNDIR. (2012). STATISTIK PENDIDIDIKAN (1st ed.; Muhibbin & H. Hasanah, Eds.). https://doi.org/10.31219/osf.io/v3n9h Nasrun, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Denpasar Bali: Jayapangus Press. Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048 Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tanggerang Selatan: tanggerang Selatan : Universitas Terbuka. Nugrawiyati, J. (2018). Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El- Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 96–111. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360 Nurchayati, Z. (2015). Televisi Sebagai Media Komunikasi Massa Dan Pengaruhnya. 16(September), 59–78. Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535 Oerlemans, A. M., Rommelse, N. N. ., Bultelaar, J. K., & Hartman, C. A. (2018). Examining The Interwind Development Of Prosocial Skill And ASD Symptoms In Adolescence. European Child & Adolescent Psychiatry. Pangesti, S. (2016). Regresi linear sederhana. Model Linear Terapan, 1.1. Pastorelli, C., Lansford, J. E., Luengo Kanacri, B. P., Malone, P. S., Di Giunta, L., Bacchini, D., … Sorbring, E. (2016). Positive parenting and children’s prosocial behavior in eight countries. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 57(7), 824–834. https://doi.org/10.1111/jcpp.12477 Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Ayu, I., … Tahun, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING KELOMPOK B DI GUGUS II Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 230–240. Pratikno, A. S., Prastiwi, A. A., & Ramahwati, S. (2020). PEMETAAN UKURAN PEMUSATAN DATA. OSF PREPRINTS, 03(1), 2018. Pratiwi, C. P. (2020). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 7 No . 1 Januari 2020 ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH. 7(1), 1–8. Prima, E. (2018). UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI (STUDI PADA GURU DI TK KHALIFAH PURWOKERTO). Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anaklslam, Gender Dan Anakl, 13(2), 191–203. Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen (A. Saifudin, Ed.). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Putra, I Gusti Ngurah Edi Astell-Burt, T., Cliff, D. P., Vella, S., John, E. E., & Feng, X. (2020). The Relationship Green Space And Prosocial Behaviour Among Children And Adolescents: A Systematic Review. Frontiers in Psychology, 11. Putra, I. D. G. U., & Rustika, I. M. (2015). Hubungan Antara Perilaku Menolong Dengan Konsep Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Anggota Tim Bantuan Medis Janar Duta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 198–205. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p08 Qomaro Galuh, W. dan A. O. (2018). Manifestasi Konsep Ta’awun Dalam Zaakwaarneming Prespektif Hukum Perikatan. Trunojoyo, 1(1), 14–25. Retnawati, H. (2017). Validitas, Realibilitas, dan Karakteristik Butir. YOGYAKARTA: Parama Publishing. Rideout, V. J. (2014). Learning at home : media use in America. A report of the Families and Media Project. (January), 52. Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. 4(1), 1–7. Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13 Jilid I; N. I. Sallama, Ed.). New York: Erlangga. Sapitri, E., Suwarni, L., & Abrori. (2019). Hubungan Antara Peran Orang Tua, Teman Sebaya Dan Pengetahuan Dengan perilaku Pencegahan Seks Pranikah Di SMA N 1 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Jurnal Kesehatan Masyarakat KhatulistiwaKhatulistiwa, 5(4), 1–8. Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80 Sholihin, & Rohman, F. (2008). Kedermawanan (F. Rohman, Ed.). YOGYAKARTA: Insan Madani. Singarimbun, M., & Effendi, S. (2016). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Szente, J. (2020). Live Virtual Sessions with Toddlers and Preschoolers amid COVID-19: Implications for Early Childhood Teacher Education. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 373–380. Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2017). Journal Indonesian Language Education and Literature. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65. Underwood, P., Brown, N., Te Riele, K., Shelley, B., Woodroffe, J., Bakhtiar, A., … West, M. (2020). Learning at home during COVID-19: Effects on vulnerable young Australians Independent Rapid Response Report. Icponline.Org, (April). UNESCO. (2020). Covid-19 Impact on Education Data. COVID-19 Education Disruption and Response. Wentzel, K. (2015). Prosocial behaviour and schooling. Encyclopedia of Early Childhood Development, 1–5. WHO. (2020). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) dasbord. Widyartono, D. (2013). Tes Tertulis Kurikulum 2013 Berbasis Daring Dan Luring. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, (October). Widyayekti, D. T. (2020). HUBUNGAN BERMAIN TAMAN LALU LINTAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI TK TAMAN CERIA SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1). Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626 Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.31311/ji.v5i1.2717 Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981 citation: Maulina, Syahra dan Chandrawaty, Chandrawaty (2020) Pengaruh Program Belajar Dari Rumah Oleh Sekolah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Prestasi Depok, Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15324/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035036_SYAHRA%20MAULINA.pdf