eprintid: 15322 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/53/22 datestamp: 2022-06-27 06:37:39 lastmod: 2022-06-27 06:39:18 status_changed: 2022-06-27 06:37:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahid, Choirul Imam creators_name: Bunyamin, Bunyamin title: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Kelas Xi Sma Fatahillah, Tangerang) ispublished: unpub subjects: BP subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Guru Merupakan Sosok Idola Bagi Anak Didik Keberadaanya Sebagai Jantung Pendidikan Tidak Bisa Dipungkiri. Baik Atau Buruknya Pendidikan Tergantung Pada Gurunya. Adapun Fungsi Guru Yaitu Tidak Hanya Sebagai Pendidik, Tetapi Juga Sebagai Motivator Untuk Memberikan Motivasi Agar Peserta Didik Memiliki Karakter Disiplin Yang Baik. Saat Ini Banyak Terjadi Peristiwa-Peristiwa Yang Ditunjukkan Oleh Pelajar-Pelajar Indonesia, Seperti Terlambat Sekolah, Membolos Pada Jam Pelajaran, Tidak Mengerjakan PR, Dan Lain-Lain. Mereka Beranggapan Bahwa Mentaati Peraturan Merupakan Tindakan Yang Menyiksa Diri. Disiplin Dalam Pandangan Orang Yang Berfikir Negative Dipandang Sebagai Kamar Jeruji Besi Yang Mengurung Manusia Sehingga Tidak Bisa Lari Kemana-Mana. Adapun Jenis Penelitian Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif Yang Menggunakan Metode Penelitian Deskriptif Dengan Jenis Penelitian Lapangan (Field Research). Yang Berlokasi Di SMA Fatahillah Tangerang. Data Dalam Penelitian Ini Dikumpulkan Dengan Menggunakan Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Karakakter Disiplin Siswa: Menanamkan Akhlaq Mulia, Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Suri Tauladan, Membimbing Dan Menilai Tingkah Laku Anak Didik Sehari-Hari Di Sekolah, Mengambil Tindakan Terhadap Siswa Bila Dianggap Perlu, Memberikan Peringatan Lisan, Peringatan Secara Khusus Yang Terkait Dengan BP, Kepala Sekolah Dan Orang Tua Siswa, Memperhatikan Dan Membina Suasana Kekeluargaan Dengan Siswa. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati., Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991 Azzet Muhaimin Akhmad., Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: AR-Ruzz Media, 2011 Damayanti Deni., Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Araska, 2014 Daryanto., Surayatri, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013 Imran Ali., Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011 Koesoema Doni A, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarat: Grasindo, 2010 Kurniawan Syamsul., Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014 Mujib Abdul dan Jusuf Mudzakir., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010 Mujtahid., Pengembangan Profesi Guru, Malang: UIN-Malang Press, 2009 Muslich Masnur., Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarat: PT. Bumi Aksara, 2013 Novitasari Devi Indah., Upaya Guru dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Surakarta, 2014 Prabowo Listya Sugeng dan Faridah Nurmaliyah., Perencanaan Pembelajaran, Malang: UMP, 2010 Razak Yusron. DKK., Pendidikan Agama Untuk Perguruan Tinggi&Umum, Jakarta: Uhamka Press, 2011 Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Guru dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta, 2013 Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2011 Saleh Abdul Rachman., Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Rajawali Pers, 2005 Samani Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Rosda, 2012 Sugiyono., Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008 Suparman S, Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2012 Taher Thahroni., Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013 Tu’u Tulus., Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT. Grasindo, 2004 Unaradjan Dolet, Manajemen Disiplin, Jakarta: PT. Grasindo, 2003 Wibowo Agus., Pendidikan Karakter Starategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012 Zubaedi., Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012 Zuriah Nurul., Metodologi Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006 citation: Wahid, Choirul Imam dan Bunyamin, Bunyamin (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Kelas Xi Sma Fatahillah, Tangerang). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15322/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_%201407015023_%20Choirul%20Imam%20Wahid.pdf