eprintid: 15318 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/53/18 datestamp: 2022-06-27 06:30:21 lastmod: 2022-06-27 06:30:21 status_changed: 2022-06-27 06:30:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyah, Siti creators_name: Mil, Silvie creators_id: siti0398aisyah@gmail.com creators_id: silviesahara@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-2918-7038 title: Pengaruh Model Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif. Dengan populasi seluruh pesertadidik di Sekolah Aluna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dengan jumlah responden sebanyak 30 peserta didik. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendapat para ahli (expert judgment) kepada salah satu dosen PG PAUD FKIP UHAMKA dan uji konstruk, yaitu dengan menguji cobakan kuesioner penelitian disekolah sekolah Alfabet Montessori Pre School. Sedangkan uji reabilitas menggunakan cornbac’h alpa dengan nilai rebilitas 0.957 > 0,6 maka kuesioner dapat dikatakan reliabel. Sebagai syarat melakukan hipotesis maka dilakukan pengujian ansumsi klasik dengan hasil data berdistribusi normal, homogen, dan linier. Hipotesis yang digunakan yaitu regresi liner sederhana Hasil analisis data diperoleh dari regresi linier sederhana memiliki nilai fhitung sebesar 12.785 dengan memiliki tingkat singnifikasi sebesar 0,01 < 0,05, maka terdapat pengaruh anatara variabel bebas yaitu model pembelajaran Montessori terhadap variabel terikat yaitu kemandirian anak. Dari hasil koefisien determinan menunjukan bahwa nilai kolerasi sebesar 0,560 dan R sequare sebesar 0,313 atau 31,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan sebesar 31,3% date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anderson, H., Coltman, P., Page, C., & Whitebread, D. (2003). Fostering the Will to Learn in children aged 3-5. European Association for Research on Learning and Instruction, 1–12. Anggun Kumayang Sari, Nina Kauriah, A. S. (2016). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 1–6. Ardianto, R., Priyanto, S., Studi, P., Teknik, P., & Tamansiswa, U. S. (2017). 0.433 dan F. 5(1), 46–55. Bruno, L. (2019). peran guru dalam pembinaan karakter kemandirian anak kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Baruwati Pontianak Barat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Www.Researchgate.Net/, 7(October), 1–8. Retrieved from www.researchgate.net/ Diah Ayu Kumalasari. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Diana. (2017). Model-Model Pembelajaran AUD (1st ed.). YOGYAKARTA: Grub Penerbitan CV Budi Utama. Dwi, M., Sari, P., & Deliana, S. M. (2017). Perbedaan Kemandirian Remaja Yang Tinggal Dipondok Pesantren Dengan yang Tinggal Dirumah Bersama Orang Tua ( Studi Komparatif pada Siswa Kelas 9 MTS AL Asror Semarang. 9(1), 74–79. Dwi Putra, K. (2013). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanakkanak Assalam Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(3). Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 3(1), 59–73. Emi Susanti. (2017). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Pola Asuh. 13–23. Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI). Indonesian Christian University, 1(1), 80–89. Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar untuk Anak Balita, Diterjemahkan dari BASIC MONTESSORI, Learning Activities for Under-Fives (Edisi dala). New York, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar. Google Maps,Sekolah Montessori yang Berada di DKI Jakarata.Diakses 27 Agustus 2020. Harlan, J. (2018). Analisis Regresi Linear. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Prenada (Kencana). Idham, S. M. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini, https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005 Islamiah, F., Firdausi, M. I., Agustina, W., Anak, P., Dini, U., Universitas, P., & Jakarta, N. (2018). MONTESSORI. 134–140. Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.; N. N. M, ed.). Bandung. Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1(2), 1–12. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/829 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. 1–12. Muhammad, F. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Stategi Alternatif Pembelajaran di Era Global (1st ed.). yogyakarta: Kalimedia. Mumtazah, D., Rohmah, L., Age, G., Ilmiah, J., Kembang, T., & Usia, A. (2018). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD Durrotun Mumtazah, Lailatu Rohmah | 91. (2), 91–102. Nasution, R. . (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal RAUDHAH; Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), 5(2). Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). How China sees America. In Foreign Affairs (Vol. 91). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Retrieved from http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Jenderal, S., Data, P., & Teknologi, D. A. N. (n.d.). Statistik PAUD Pendidikan Anak Usia Dini 2019/2020. Pratiwi, R. (2019). No Penerapan Model Pembelajaran Maria Montessori Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di Kelompok B TK Ummi Erni Kec. Labuhan Deli. Kab.Deli Serdang. 5–10. Psikologi, J., & Diponegoro, U. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/jpu.3.1.1 Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In A. Saifudin (Ed.), StaiaPress. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1RBVxcqdLwX4a9f-Wrt-GHOXliN_wjDp-/view Puspitasari, wina dwi. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. 2(2), 105–120. Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak (1st ed.; dewi harlina P, ed.). jogjakarta: Stiletto Book. Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2). Russell, S., & Bakken, R. J. (2002). Development of Autonomy in Adolescence. NebGuide, 1–28. Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat, 15(1), 31–46. Santrock, jhon W. (2008). Perkembangan Anak (1st ed.; Erlangga, ed.). jakarta: Erlangga. Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo) Cruisietta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9. Sukmadinta, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sunarti, C., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori di TL ALMarhamah Cimahi. 1(2). Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13 Syari’ah, D. F. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI ANAK USIA DINI, 2, 105–116. Undang-Undang Rebublik Indonesia NOomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha ESA Presiden Rebuplik Indonesia. (2003). (1), 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Whitebread, D., Anderson, H., Coltman, P., Page, C., Pasternak, D. P., & Mehta, S. (2005). Developing independent learning in the early years. Education 3-13, 33(1), 40–50. https://doi.org/10.1080/03004270585200081 Wong, M. S., Mangelsdorf, S. C., & Charney, S. L. (2019). Independence/Dependence. In Reference Module in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-809324-5.21209-1 Wulandari, D. A., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam. Vol. 4, No, 1–19. Retrieved from www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady Email citation: Aisyah, Siti dan Mil, Silvie (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15318/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035029_SITI%20AISYAH.pdf