%0 Thesis %9 Bachelor %A Aisyah, Siti %A Mil, Silvie %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15318 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Montessori Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15318/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif. Dengan populasi seluruh pesertadidik di Sekolah Aluna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dengan jumlah responden sebanyak 30 peserta didik. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendapat para ahli (expert judgment) kepada salah satu dosen PG PAUD FKIP UHAMKA dan uji konstruk, yaitu dengan menguji cobakan kuesioner penelitian disekolah sekolah Alfabet Montessori Pre School. Sedangkan uji reabilitas menggunakan cornbac’h alpa dengan nilai rebilitas 0.957 > 0,6 maka kuesioner dapat dikatakan reliabel. Sebagai syarat melakukan hipotesis maka dilakukan pengujian ansumsi klasik dengan hasil data berdistribusi normal, homogen, dan linier. Hipotesis yang digunakan yaitu regresi liner sederhana Hasil analisis data diperoleh dari regresi linier sederhana memiliki nilai fhitung sebesar 12.785 dengan memiliki tingkat singnifikasi sebesar 0,01 < 0,05, maka terdapat pengaruh anatara variabel bebas yaitu model pembelajaran Montessori terhadap variabel terikat yaitu kemandirian anak. Dari hasil koefisien determinan menunjukan bahwa nilai kolerasi sebesar 0,560 dan R sequare sebesar 0,313 atau 31,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Montessori terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di Sekolah Aluna Jakarta Selatan sebesar 31,3%