eprintid: 15298 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/52/98 datestamp: 2022-06-27 04:59:28 lastmod: 2022-06-27 04:59:28 status_changed: 2022-06-27 04:59:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Litiloly, Renaldy Iqramullah creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Eko Digdoyo, Eko creators_id: eko@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Kepuasan Mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap Tayangan Ini Talkshow di NET TV ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: NET hadir sebagai stasiun televisi swasta baru yang menyuguhkan program-program acara yang memikat pemirsa televisi, salah satunya genre program talkshow yang menjadi daya tarik perhatian penonton. Salah satu talkshow yang sedang naik daun di NET TV adalah Ini Talkshow. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Apakah mahasiswa FISIP UHAMKA puas dalam menonton tayangan Ini Talkshow di NET TV?”. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu menggunakan atau mengonsumsi media dan efek apa yang ditimbulkannya. Dalam penelitian ini, mahasiswa FISIP UHAMKA menonton tayangan Ini Talkshow untuk mendapatkan kepuasan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatif (analitik). Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FISIP UHAMKA semester 2, 4, 6, dan 8 berjumlah 547 orang. Sampel yang didapat sebanyak 85 orang dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu mahasiswa FISIP UHAMKA semester 2, 4, 6, dan 8. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil penelitian yang didapat adalah gratifications sought atau kepuasan yang dicari (GS) berkorelasi positif dengan media use atau penggunaan media (MU), dan media use atau penggunaan media (MU) berkorelasi positif dengan gratifications obtained atau kepuasan yang diperoleh (GO) dan nilai rata-rata (mean) GS dalam uji beda Paired Samples T-Test memiliki nilai lebih kecil, yaitu 35,0991 dari nilai rata-rata (mean) GO sebesar 39,021 (GS < GO). Dengan demikian, mahasiswa FISIP UHAMKA puas terhadap tayangan Ini Talkshow di NET TV. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunkasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Arifin, Eva. 2010. Broadcasting: to be broadcaster. Yogyakarta: Graha Ilmu. Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. ____________________. 2005. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: Andi. Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM. Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana. Loudon, David L. dan Albert J. Della Bitta. 1998. Consumer Behavior: Concept & Application 4th edition. Jakarta: Salemba Empat. Lull, James. 1998. Media, Komunikasi, Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Maleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. McQuail, Denis. 2011. McQuail’s Mass Communication Theory: Buku 2, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika. Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana. Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________________. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Riduwan. 2004. Skala Pengukuran Variabel dan Penelitian. Bandung: Alfabeta. Riswandi. 2009. Dasar-dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Romli, Asep Syamsul M. 2014. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia. Setyobudi, Ciptono. 2006. Teknologi Broadcasting TV. Yogyakarta: Graha Ilmu. Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S. Soetarno, R. 1989. Psikologi Sosial. Jakarta: Kanisius. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction: Edisi 3. Yogyakarta: Andi. Internet: http://www.perpuskita.com/macam-talkshow/157/. Diakses pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2015, Pukul 21:25. http://blog.terus.be/2015/12/buat-rating-tandingan-nielsen-ini-program-dengan-rating-tinggi-versi-kpi.html. Diakses pada hari Kamis tanggal 24 Desember 2015, Pukul 15:06. http://www.tabloidbintang.com/articles/film-tv-musik/kabar/30435-ini-variety-show-paling-banyak-ditonton-versi-kpi. Diakses pada hari Kamis tanggal 24 Desember 2015, Pukul 15:08. http://www.netmedia.co.id/program/107/Ini-Talk-Show. Diakses pada hari Jum’at tanggal 08 Januari 2016, Pukul 16:55. https://jogie.wordpress.com/hang-tuah/modul-pelajaran/smk-broadcasting/penyiaran-tv/. Diakses pada hari Sabtu tanggal 16 Januari 2016, Pukul 15:56. http://seputartelevisi.blogspot.co.id/2014/04/fungsi-televisi.html?m=1. Diakses pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2016, Pukul 04:43. http://www.referensimakalah.com/2013/03/definisi-kepuasan-menurut-para-ahli.html?m=1. Diakses pada hari Minggu tanggal 24 Juli 2016, Pukul 16:25. http://fisip.uhamka.ac.id/. Diakses pada hari Rabu tanggal 03 Agustus 2016, Pukul 14:00. Sumber Lain: Skripsi Handayani, Reni Sukma. 2012. Kepuasan Siswa SMA Budi Mulia Ciledug─Tangerang Terhadap Tayangan Program Musik Dahsyat di RCTI. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Maulia, Nurrijal. 2011. Kepuasan Menonton Tayangan Kabar Siang TV One Guru SMA dan SMK Yayasan Pendidikan Mandiri Balaraja. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Prasetyo, Sigit. 2008. Kepuasan Warga RW 01 Kelurahan Pondok Betung Tangerang Menonton Tayangan Sergap di RCTI. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Septiana, Irmalia. 2013. Perbandingan Motif dan Kepuasan Penonton Program Islam Itu Indah Trans TV. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Data 1) Data rating dan share Nielsen Audience Measurement per tanggal 14 Desember 2015. Sumber diperoleh dari Dosen Manajemen Media Elektronik dan Programming Televisi FISIP UHAMKA, Bapak Drs. Andi Fachruddin, M.Si. 2) Data Company Profile PT. NET Mediatama Indonesia. Sumber diperoleh dari HRD PT. NET Mediatama Indonesia. citation: Litiloly, Renaldy Iqramullah dan Basuki, Maryono dan Eko Digdoyo, Eko (2016) Kepuasan Mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap Tayangan Ini Talkshow di NET TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15298/1/FISIP_ILKOM_1206015114_Renaldy%20Iqramullah%20Litiloly.pdf