eprintid: 15297 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/52/97 datestamp: 2022-06-27 05:01:34 lastmod: 2022-06-27 05:01:34 status_changed: 2022-06-27 05:01:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nabila, Salma creators_name: Hendriana, Benny creators_id: Salmabil255@gmail.com creators_id: benny_hendriana@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-0812-9656 title: Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Dasar Proses Pencernaan Maakanan Pada Anak Usia 5-7 ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86207 abstract: Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk berupa software dan hardware media pembelajaran interaktif Augmented Reality pada anak usia 5-7 tahun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan anak yaitu “apa yang terjadi didalam tubuhnya?” dan keterbatasan media pembelajaran interaktif yang terlalu monoton bagi anak usia dini dibuatkanlah aplikasi sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran, mudah dipelajari, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dengan hasil akhir berupa ini suatu produk aplikasi media pembelajaran interaktif dalam pengenalan dasar proses pencernaan manusia berupa Augmented Reality yang mampu melatih 6 aspek perkembangan peserta didik usia 5-7 tahun. Aplikasi ini telah di validasi oleh ahli media rata-rata sebesar 70,83% dan oleh ahli materi rata-rata sebesar 75% dengan hasil akhir penilaian dikategorikan cukup. Selain divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, aplikasi ini juga telah diuji coba kelompok kecil dengan rata-rata sebesar 85,68 % dan kelompok besar sebesar 87,65% yang artinya setiap skala mengalami peningkatan, media Augmented Reality ini dapat dikatakan layak digunakan dan bisa dikembangkan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adewiyah, R., & dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 1–11. Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 967–980. Retrieved from http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/938 Arifin, Z. T., & Sukma, N. (2017). Augmented Reality : Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Augmented Reality : Interactive Learning of the Human Digestive System. 184–189. Batubara, H. H., & dkk. (2019). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. Dewi, L. R., & dkk. (2020). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI ALAT OPTIK. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 369–376. Farhatain, H. Z., & Dll. (2019). Pengembangan Media Pop Up Untuk Pengenalan Asma Allah Pada Kelompok B Di Ra Miftahul Ulum Mulyosari. 3, 1017–1022. Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6 Herman. (2019). PENDEKATAN TEORI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA. 4(1), 1–22. Indra, N. F., & dkk. (2019). Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 37–46. Isti’adah, F. N. (2020). TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PENDIDIKAN - Feida Noorlaila Isti`adah, M.Pd - Google Buku. Retrieved September 11, 2020, from https://books.google.co.id/books?id=pInUDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=teori+belajar+dan+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiAjvb61t_rAhWVe30KHZdcAmIQ6AEwAXoECAMQAg#v=onepage&q=teori belajar dan pembelajaran&f=false Khairi, H. (2018). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN. 2(2), 15–28. kholifah, siti, D. (2018). 1 , 2 , 3. 7(01). Moerdiyanto. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. (1), 409–423. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan ... - Andre Kurniawan Pamoedji, Maryuni, Ridwan Sanjaya - Google Buku. (n.d.). Retrieved November 20, 2019, from https://books.google.co.id/books?id=GC5IDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=augmented+reality&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi9ve7rmvnlAhXlyTgGHZUICfIQ6AEIUDAE#v=onepage&q=augmented reality&f=false Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurlaili, S., & Dll. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MALONGKA ( MARI LOMPAT ANGKA ) DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED. 04(02), 577–592. Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26 Perni, N. N. (2017). PENTINGNYA MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI. Pratama Widya, 2(2), 45–50. Prameswari, Titana Widya, dll. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. 7(1), 24–34. Putra, R. P., & Dll. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART BERBAHAN DASAR BAMBU Rheza Pratama Putra Tantri Raras Ayuningtyas PENDAHULUAN Menurut berpendapat Arifani bahwa media daya serap akan pemahaman materi yang tengah disampaikan . Berdasarakan pengertian tersebut da. 7, 79–94. Rabbani, I., Rosaria, M., Ilham, M., Virgian, D., & Yudha, S. (2020). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Profesi terhadap Anak Usia Dini Augmented Reality on an Android Operating System to Introduce the Children About Professions. 8(3), 309–316. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.41113 Rahma, F. I. (2019). Media pembelajaran ( kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar ). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. Rahman, R. F. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN Design Learning Media Of Insect Metamorphosis Using Augmented Reality Based On Android. 1049–1062. Rahman, R. F., & Dkk. (2020). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Jurnal FTIK, 1(1), 1049–1062. Reality, A., & Bandung, K. B. (2019). Augmented reality zoo berbasis android. (September), 2–7. Retnaningrum, W., & dkk. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI. Jurnal Warna, 4(1), 65–77. Riski, F., Gunawan, I., & Amirudin. (2020). the Development of Problem Solving-Based Interactive Learning Media Using Lectora Inspire Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5059 Roehani, S. (2013). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model addie pada anak usia dini. 122–130. Rosmayanti, R., & dkk. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR BERPIKIR KONSERVASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. 3(2), 191–202. Saputro, R. E., Intan, D., & Saputra, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. 153–162. Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27 Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sundawan, M. D. (2016). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. XVI(1). Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Tegeh, I. M., & dkk. (2005). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. Issn, 2. Titatosida, E., Walujo, A. D., Ardiansyah, D., & Yuliani. (2018). Media Belajar Batik Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional, 1–18. Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127 Adewiyah, R., & dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 1–11. Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 967–980. Retrieved from http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/938 Arifin, Z. T., & Sukma, N. (2017). Augmented Reality : Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Augmented Reality : Interactive Learning of the Human Digestive System. 184–189. Batubara, H. H., & dkk. (2019). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. Dewi, L. R., & dkk. (2020). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI ALAT OPTIK. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 369–376. Farhatain, H. Z., & Dll. (2019). Pengembangan Media Pop Up Untuk Pengenalan Asma Allah Pada Kelompok B Di Ra Miftahul Ulum Mulyosari. 3, 1017–1022. Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6 Herman. (2019). PENDEKATAN TEORI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA. 4(1), 1–22. Indra, N. F., & dkk. (2019). Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 37–46. Isti’adah, F. N. (2020). TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PENDIDIKAN - Feida Noorlaila Isti`adah, M.Pd - Google Buku. Retrieved September 11, 2020, from https://books.google.co.id/books?id=pInUDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=teori+belajar+dan+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiAjvb61t_rAhWVe30KHZdcAmIQ6AEwAXoECAMQAg#v=onepage&q=teori belajar dan pembelajaran&f=false Khairi, H. (2018). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN. 2(2), 15–28. kholifah, siti, D. (2018). 1 , 2 , 3. 7(01). Moerdiyanto. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. (1), 409–423. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan ... - Andre Kurniawan Pamoedji, Maryuni, Ridwan Sanjaya - Google Buku. (n.d.). Retrieved November 20, 2019, from https://books.google.co.id/books?id=GC5IDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=augmented+reality&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi9ve7rmvnlAhXlyTgGHZUICfIQ6AEIUDAE#v=onepage&q=augmented reality&f=false Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurlaili, S., & Dll. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MALONGKA ( MARI LOMPAT ANGKA ) DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED. 04(02), 577–592. Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26 Perni, N. N. (2017). PENTINGNYA MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI. Pratama Widya, 2(2), 45–50. Prameswari, Titana Widya, dll. (2020). STEAM Based Learning Strategies by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years. 7(1), 24–34. Putra, R. P., & Dll. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART BERBAHAN DASAR BAMBU Rheza Pratama Putra Tantri Raras Ayuningtyas PENDAHULUAN Menurut berpendapat Arifani bahwa media daya serap akan pemahaman materi yang tengah disampaikan . Berdasarakan pengertian tersebut da. 7, 79–94. Rabbani, I., Rosaria, M., Ilham, M., Virgian, D., & Yudha, S. (2020). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Profesi terhadap Anak Usia Dini Augmented Reality on an Android Operating System to Introduce the Children About Professions. 8(3), 309–316. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.41113 Rahma, F. I. (2019). Media pembelajaran ( kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar ). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. Rahman, R. F. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN Design Learning Media Of Insect Metamorphosis Using Augmented Reality Based On Android. 1049–1062. Rahman, R. F., & Dkk. (2020). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Jurnal FTIK, 1(1), 1049–1062. Reality, A., & Bandung, K. B. (2019). Augmented reality zoo berbasis android. (September), 2–7. Retnaningrum, W., & dkk. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI. Jurnal Warna, 4(1), 65–77. Riski, F., Gunawan, I., & Amirudin. (2020). the Development of Problem Solving-Based Interactive Learning Media Using Lectora Inspire Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5059 Roehani, S. (2013). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model addie pada anak usia dini. 122–130. Rosmayanti, R., & dkk. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR BERPIKIR KONSERVASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. 3(2), 191–202. Saputro, R. E., Intan, D., & Saputra, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. 153–162. Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27 Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sundawan, M. D. (2016). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. XVI(1). Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Tegeh, I. M., & dkk. (2005). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DENGAN ADDIE MODEL. Issn, 2. Titatosida, E., Walujo, A. D., Ardiansyah, D., & Yuliani. (2018). Media Belajar Batik Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional, 1–18. Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127 citation: Nabila, Salma dan Hendriana, Benny (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Dasar Proses Pencernaan Maakanan Pada Anak Usia 5-7. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15297/1/FKIP_PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI_1601035024_SALMA%20NABILA.pdf