eprintid: 15284 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/52/84 datestamp: 2022-06-27 04:42:31 lastmod: 2022-06-27 06:31:07 status_changed: 2022-06-27 04:42:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Windari, Yusti Dwi creators_name: Ali, Ningti Budiarti creators_name: Kusumaningrum, Indah creators_id: indah_kusumaningrum@uhamka.ac.id title: Hubungan Antara Penampilan, Citarasa, Dan Penyajian Makanan Biasa Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruang Teratai Dan Ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) Kelas Perawatan III Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan. ispublished: pub subjects: Q1 divisions: 13211 abstract: Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari standar suatu rumah sakit dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tingkat kepuasan pasien rawat inap ruang Teratai dan ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) kelas perawatan III terhadap penampilan makanan, citarasa, dan penyajian makanan biasa di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Analisis univariat untuk mengetahui gambaran karakteristik responden, penilaian penampilan makanan, penilaian citarasa makanan, penilaian penyajian makanan, dan penilaian kepuasan pasien. Analisis bivariat untuk menganalisis hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian makanan dengan tingkat kepuasan pasien. Dari hasil penelitian, penampilan makanan diperoleh 75 responden (60%) menyatakan baik. Citarasa makanan diperoleh 74 responden (59%) menyatakan baik. Penyajian makanan diperoleh 71 responden (56%) menyatakan baik. Analisis uji chi-square diperoleh adanya hubungan yang bermakna antara hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian makanan dengan tingkat kepuasan pasien. Disarankan kepada institusi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas program pelayanan gizi. date: 2015 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Almatsier Sunita, Dr, M. Sc. 2005. Penuntun Diet. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Almatsier Sunita, Dr, M. Sc. 2006. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Cahyadi, Wisnu. 2012. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, PT. Bumi Aksara,Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 1980.Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit edisi Revisi 1980, Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 1993.Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit edisi Revisi 1993, Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2003.Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit edisi Revisi 2003, Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2005.Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit edisi Revisi 2005, Jakarta. Departemen Kesehatan RI. 2007.Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit edisi Revisi 2007, Jakarta. Handayani Suhesti. 2008. yang Diberikan di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Dharma Bekasi Timur. Poltekes Gizi, Rasa dan Daya Terima Makanan Jakarta. Hartatik Titik. 2004. Gambaran Daya Terima Makanan terhadap Cita Rasa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Dewasa di Perawatan Kelas II Rumah Sakit Haji Jakarta. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Depok. Hidayat, A.Aziz Alimul. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif, Health Books Publishing, Surabaya. Ira Reverawati. 2005 Hubungan antara Faktor eksternal dengan daya terima makan pasien dewasa non diet di RS Pasar Rebo tahun 2006. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta. Lesiana Ovi. 2009. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Daya Terima Makanan Biasa Di RSUP Fatmawati. Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Program Studi Gizi UHAMKA. Jakarta. Moehyi,S. 1992. Pengaturan Makanandan Diet untuk Penyembuhan Penyakit, PT. Gramedia, Jakarta. Moehyi,S. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga, PT. Gramedia, Jakarta. Notoatmodjo Soekijdo, Prof. Dr. 2007. Kesehatan MasyarakatIlmu dan Seni. PT Rineka Cipta. Oktaviani Nur Dwi. 2010. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi di RSUD Bekasi. Poltekes Gizi. Jakarta. Pujilestari Meyana. 2007. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Tangerang. Poltekes Gizi Jakarta. Setiawan, Supriadi. 2011. Loyalitas Pelanggan Jasa, IPB Press, Jakarta. Sinaga Lismamy. 2004. Faktor Internal dan Eksternal yang Berhubungan dengan Daya Terima Makanan Pasien TB paru di Lihat Dari Makanan yang Disajikan di Rumah Sakit Umum Tangerang Tahun 2004. Jurusan Gizi Kesehatan Masyarakat.Fakultas Kesehat Masyarakat.Universitas Indonesia. Depok. Sukandar, Dadang. 2007. Study Sosial Ekonomi Aspek Pangan, Gizi dan Sanitasi. Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institusi Pertanian Bogor. Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta. Surasri, Siti. 1989. Prinsip Sanitasi Makanan. Pusdiknakes RI, Jakarta, Winarno, F.G. 1993. Pangan, Gizi, Teknologi dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Winarno, F.G 2002. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Zean. 2010. Kuliner,id.answer.yahoo.com. www.google.com. www.wikipediaenslipopediabebas.com. citation: Windari, Yusti Dwi dan Ali, Ningti Budiarti dan Kusumaningrum, Indah (2015) Hubungan Antara Penampilan, Citarasa, Dan Penyajian Makanan Biasa Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruang Teratai Dan Ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) Kelas Perawatan III Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15284/1/FIKES_GIZI_0905025068_YUSTI%20DWI%20WINDARI.pdf